silahkan klik link ini :
http://adf.ly/aAtMu
untuk download makalah perencanaan web plan (ms.word)
http://adf.ly/aAtMu
untuk download makalah perencanaan web plan (ms.word)
PERENCANAAN WEB (WEB PLAN)
I. Pendahuluan
Inti dari perencanaan dan situasi
bisnis adalah isinya, karena di dalamnya dimungkinkan untuk melakukan
penambahan atau pengurangan agar sesuai dengan kebutuhan. Ada pun beberapa
komponen standar yang tidak boleh diabaikan, setiap web plan harus memiliki
analisis pasar, website strategy, rencana pengembangan yang spesifik, ramalan
penjualan dan rencana anggaran.
-
Analisis pasar adalah analisis pasar sasaran (target market analysis), riset
pasar (market research) dan perkiraan pasar (maret forecast).
-
Strategi website adalah fokus strategi, visi dan misi, strategi pengembangan
dan strategi pemasaran website.
-
Ramalan penjualan (keuntungan) adalah mendatangkan keuntungan bisnis maupun
organisasi, meliputi penjualan (sales) atau pengurangan biaya, peningkatan
kepuasan pelanggan, pendorong perputaran usaha, kominikasi komunitas dan
keuntungan lainnya dalam sebuah rencana yang tersetruktur, seperti pengurutan
berdasarkan produk, bagian website, tipe user, tanggung jawab manajer atau
elemen-elemen lain. Ramalannya sendiri sebenarnya sangat sederhana.
-
Anggaran pengeluaran adalah rencana anggaran dalam hal ini merupakan batasan
minimum yang berisi pengembangan website secara spesifik, back end, front end,
program-program, taktik, tanggung jawab manajemen, promosi dan elemen-elemen
lainnya.
Persayaratan diatas bukanlah yang paling ideal melainkan
hanya batasan minimum. Sebagian kasus rencana website berdasarkan kesimpulan
dari pihak eksekutif atau executive summary, ditambah dengan gambaran
organizational impact, resiko-resiko dan kemungkinan-kemungkinannya serta
isu-isu yang ditangguhkan. Implementasi rencana akan lebih penting disbanding
dengan ide-ide cemerlang maupun riset pasar besar-besaran. Dalam hal ini
rencana versus analisa actual menduduki posisi kritis terhadap hasil akhir dan
untuk itu perlu dimasukan ke dalam rencana.
II. Skema Web Plan (Web Plan Teks Outline)
Dalam dunia nyata akan sangat mungkin untuk menggambarkan
skema berdasarkan apa pun bentuk kebutuhan perusahaan. Walaupun itu isi site,
komunitas, perdagangan atau hal lain ataukah bentuknya meperdagangkan produk
atau jasa, B2B atau B2C maupun organisasi nonprofit. Berikut adalah skema
standar untuk wen plan :
A. Executive Summary
Sasaran = Kunci Kesuksesan
B. Analisis Pasar
Segmentasi Pasar (Market Segmentation)
Ikhtisar Demografis Website (Website
Demographics Summary)
Analisis Industri (Industry Analysis)
C. Strategi Website
Model atau Bentuk Bisnis
Site Positioning
Traffic Forecast
Persyaratan Pengembangan
Milestones
Front End
Back End
Sumber-sumber yang dibutuhkan
Pengembangan dimasa datang
D. Strategi dan Implementasi
Batasan Kompetitif (Compatitive Edge)
Strategi Pemasaran website
Strategi Pemasaran Online
Ramalan Pemasaran Online
Aliansi Strategis Internet
E. Analisis Finansial
Analisis Break-event
Pengeluaran dan Kontribusinya
F. Pengendalian
Pengaruh Organisasional
Resiko dan Asumsi
Contingency Plan
III. Tabel-Tabel Penting dalam Web Plan
Ramalan pasar, ramalan traffic, ramalan penjualan atau
(business benefit), anggaran pengeluaran dan milestone yang spesifik adalah hal
terpenting harus dimiliki oleh sebuah web plan.
III.1. Ramalan Pasar
Menganalisa pasar berdasarkan segmentasi dan project market
growth selama lima tahun.
III.2. Perkiraan Traffic
Sebuah rencana website harus menyertakan estimasi traffic di
masa akan dating secara bertanggung jawab dan masuk akal.
-
Ramalan penjualan (Business benefit)
Pendekatan terhadap pasaryang
menempatkan penjualan dan pemasaran sebagai aktifitas proyek,yang terdiri dari
6 langkah : penelitian pasar,Desain produk,Penjualan,pembuatan
produk,pengiriman produk.
-
Anggaran pengeluaran
Anggaran
penjualan merupakan anggaran yang sangat penting dalam penentuan proyeksi
penjualan dan penghasilan yang realistis dan pendukung utama dalam menyusun
rencana anggaran
komprehensip perusahaan
komprehensip perusahaan
-
Milestones
Tolak ukur pencapaian
-
Ilustrasi angka-angka dengan menggunakan grafik
IV. Publishing
Sebagai Bentuk Manajemen
Adalah mendistribusikan rencana dimana seluruh manejer dapat
melihatnya. Orang-orang yang membuat komitmen sebagai bagian bahwa rencana,
perlu untuk mengetahui komitmen tersebut akan dilacak atau dicek dan
perbedaan-perbedaan yang muncul antara perencanaan dengan hasil yang sebenarnya
akan diperhitungkan dan didiskusikan.
IV.1. Final Edit
Selalu melakukan pengeditan atas perencanaan. Kesalahan kata
atau angka akan mempengaruhi pembaca sehingga perlu untuk melakukan final edit
untuk rencana website.
IV.2. Presentasi
Sebuah presentasi yang baik adalah presentasi yang dapat
memperjelas informasi, memberikan kejernihan dan pertolongan dalam memahami
informasi. Presentasi penting untuk mengkomunikasikan isi.
IV.3. Dokumen Cetak
Bagian yang dapat membuat sebuah perencanaan dianggap nyata
adalah keberdaannya secara fisik.
- Jika
memungkinkan, usahakan untuk menyatukan antara table-tabel dan grafik dengan
teks terkait yang dibahas sehingga pembaca dapat menghubungkan sendiri pada
waktu mereka membaca.
- Halaman
cover dan daftar isi harus selalu ada.
-
Appendix merupakan cara yang baik untuk memberikan back-up informasi dan
detail, seperti montly forecast.
-
Usahakan untuk menempatkan rencana utama dalam vertical (portrait) layout
sehingga mudah dibaca, kemudian tempatkan monthly forecast-nya serta anggaran
dalam bentuk horizontal (landscape) sehingga keseluruhan bulan dapat
ditampilkan dalam satu halaman.
V. Berhasil Secara Online
Tujuh factor kunci bagi kesuksesan e – business :
1. Menjual Produk pada tingkat gross
margin yang tepat untuk mempertahankan model bisnis yang menguntungkan
(profitable).
2. Menawarkan kepada customer online
proposisi nilai yang cukup meyakinkan.
3. Memastikan customer aquistion cost
berada pada tingkat jumlah penjualan rata-rata.
4. Memberikan kepada konsumen untuk
memanfaatkan web bersahabat (user-friendly) yang mampu mengikat pengunjungnya.
5. Pencapaian traffic pengunjung yang
signifikan sementara secara terus menerus mengatur tingkat konversi yang
tinggi.
6. Pengaturan pencapaian efektivitas
biaya dan efisiensi produk.
7. Memberikan customer support terbaik
melalui multiple touch point.
V.1. Bertahan Dalam Revolusi Bisnis Internet
V.2. Tips Bagi Advertiser Offline Berpindah ke Online
1. Jangan sia-siakan uang Anda dalam branding online.
2. Jadikan tujuan advertaising sebagai orientasi
No comments:
Post a Comment