Sponsor

Sunday, 1 December 2013

Efektivitas Pembangunan Website

 silahkan klik Link ini :
untuk download Makalah Efektivitas Pembangunan Website (ms.word)
 
BAB I
PENDAHULUAN
Global Information Infrastructure (GII) – yang masih dalam awal-awal perkembangannya telah mampu mengubah dunia lebih dari sepuluh tahun mendatang, kemajuan GII akan mempengaruhi hampir di seluruh aspek kehidupan kita, baik di bidang pendidikan, perawatan kesehatan, pekerjaan, maupun aktivitas-aktivitas di waktu senggang. Sebagai bagian masyarakat dunia, penduduk dipisahkan oleh jarak dan waktu ini akan mengalami perubahan-perubahan.
Tak ada satu pun kekuatan yang memasukkan perubahan elektronis sebaik yang telah dilakukan oleh internet. Ketika sebuah alat disediakan untuk suatu perubahan ilmiah atau perubahan akademik, internet muncul sebagai sebuah penerapan untuk kehidupan sehari-hari.
Dalam dunia internet, informasi dan teknologi yang berlaku 3 tahun, 1 tahun, atau 3 bulan yang lalu sudah dianggap usang dan tidak berlaku lagi. Internet adalah bisnis yang bergerak maju dengan sangat cepat. Jika tetap ingin selalu di depan, maka menjadi suatu keharusan untuk menyegarkan pengetahuan dengan selalu mengakses ke sumber-sumber informasi terbaru.
Teknik dan strategi dalam sistem bisnis online ini sangat penting untuk diketahui dan menjadi cara dalam pelaksanaan operasi bisnis online anda. Jadi, tidak hanya bertemu atau tatap muka antar pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli di era zaman sekarang yang ada hanya dengan cara online para pembeli dapat menemukan barang yang ingin dibeli tanpa harus keluar rumah dan juga keluar kota atau keluar negeri cukup dengan hanya di depan computer atau notebook yang sudah terkoneksi dengan internet kita suda bisa mengakses dunia maya.
Strategi ini sangat mudah, nyaman, dan praktis tapi disisi negatifnya juga ada yaitu belum tentu barang ini asli atau bergaransi tapi bagi yang sudah berlangganan dengan bisnis online pasti percaya dan yakin akan barang yang di beli.
Di dalam makalah kelompok kami ini akan membahas bagaimana Efektivitas Pembangunan Website. Teknik dan strategi dalam sistem bisnis online ini sangat penting untuk diketahui dan menjadi cara dalam pelaksanaan operasi bisnis online anda.
BAB II
PEMBAHASAN
Kita awali session ini dengan sebuah ungkapan sederhana: “Adalah mudah mencari uang secara online, jika anda tahu apa yang sedang anda lakukan.” Masalah yang muncul kemudian adalah lebih dari 90% orang mencoba untuk mengadu peruntungannya secara online, padahal mereka belum tentu tahu apa yang mereka lakukan. Lebih buruk lagi 90% penjual di internet maupun para pemberi informasi pemasaran di internet juga tidak tahu apa yang mereka perbuat. Hal ini sama seperti ungkapan kuno “jika seorang buta pembimbing orang buta lainnya maka mereka berdua akan terperosok ke dalam parit.” Kondisi seperti ini sebenarnya sedang terjadi pada banyak pelaku bisnis di internet. Mereka mendapat bimbingan mengenai informasi dan teknik oleh pihak-pihak yang belum yakin akan hal yang sedang terjadi.
Dalam dunia internet, informasi dan teknologi yang berlaku 3 tahun, 1 tahun, atau 3 bulan yang lalu sudah dianggap usang dan tidak berlaku lagi. Internet adalah bisnis yang bergerak maju dengan sangat cepat. Jika tetap ingin selalu di depan, maka menjadi suatu keharusan untuk menyegarkan pengetahuan dengan selalu mengakses ke sumber-sumber informasi terbaru.
Teknik dan strategi dalam sistem bisnis online ini sangat penting untuk diketahui dan menjadi cara dalam pelaksanaan operasi bisnis online anda.
1.      Membangun Site Bisnis
Ratusan artikel maupun buku mengenai teknik pemasaran di internet yang beredar di pasaran berisi bagaimana memulai sebuah bisnis yang dapat memberi keuntungan dalam satu malam. Saya berharap melalui halaman ini pembaca dapat mulai melihat beberapa teknik yang ada dan menjadikannya sumber informasi untuk bisnis baru anda.
1)            Bangun Unique Web Position dalam bisnis anda. Apa hal yang paling unik dari produk atau layanan anda? Apakah lebih baik dari pesaing anda atau sama dengan apa yang ditawarkan oleh produk orang lain? Site online yang sukses tidak akan menyamakan seperti yang sudah ada. Site yang mampu untuk menang adalah yang memunculkan sisi unik dari target pasarnya.
2)            Unique Web Position lebih penting daripada copy iklan. Gabungan antara konsep dan UWP (lihat teknik #1) yang bagus akan selalu berhasil meskipun hanya menggunakan copy iklan yang biasa-biasa saja.
3)            Jangan hanya menawarkan harga murah jika produk tidak menjual. Dalam beberapa kasus, anda mungkin memasang harga tinggi pada produk yang ditawarkan. Hal ini terjadi karena anda tidak memposisikan diri untuk mempersembahkan produk yang bernilai tambah kepada konsumen anda. Tambahkan bonus, lebih fokus pada UWP, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, berikan selalu nilai tambah pada produk yang anda tawarkan.
4)            Temukan pasar sebelum menciptakan produk. Orang yang memulai bisnis dengan sebuah produk baru kemudian mencari pasarnya, akan mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnisnya. Temukan pasar yang penuh dengan orang-orang yang telah siap untuk membeli sesuatu. Kebanyakan yang pertama kali dicari oleh pengusaha sukses adalah pasar baru kemudian mengembangkan produk yang secara konstan dicari dan dibeli oleh konsumennya.
5)            Temukan kerumunan yang lapar. Semakin lapar pasar potensial akan produk anda, kemudian untuk sukses akan selalu tersedia. Jangan habiskan waktu anda untuk mengubah kebiasaan orang dalam membeli. Ciptakan dan temukan produk yang banyak dicari orang.
6)            Jangan coba-coba membuat pasar. Temukan pasar yang sudah ada. Jika anda mengalami kesulitan dalam menggambarkan siapa prospek anda sebenarnya, maka anda akan menghadapi cobaan berat dalam manjual produk anda. Masuklah ke pasar yang telah siap untuk membeli produk anda.
7)            Testing adalah kunci keberhasilan. Sebuah iklan mungkin bisa bekerja 10 kali lebih efektif di banding dengan iklan lain yang hampir mirip untuk produk yang sama. Untuk itu, anda harus selalu melakukan tes untuk tajuk iklan, penawaran, jaminan, dan metode meningkatkan permintaan lainya. Penjual yang paling sukses tidak selalu yang paling pintar. Mereka adalah yang selalu melakukan tes untuk memperoleh metode yang paling baik tanpa pernah menyerah.
8)            Alasan melakukan iklan untuk meningkatkan penjualan. Sebuah usaha kecil tidak akan mampu untuk menganggarkan jutaan rupiah untuk belanja iklan, menciptakan brand name untuk website mereka. Sebagai contoh, banner iklan anda harus diuji coba untuk meyakinkan bahwa setiap rupiah yang dikeluarkan dapat meningkatkan keuntungan penjualan.
9)            Selalu ada biaya untuk sebuah iklan gratis. Sekecil apapun iklan yang anda lakukan pasti akan menarik ongkos dari anggaran, entah dalam bentuk uang maupun waktu. Yakinkan bahwa semua ini dapat berjalan sesuai dengan harapan. Tidak ada satu pun yang anda lakukan yang benar-benar gratis.
10)        Setiap aspek dari website dan pemasaran anda harus difokuskan pada menampilkan UWP anda kepada konsumen. Apa pun yang anda lakukan harus selalu difokuskan kepada Unique Web Position Strategy: file signature, tajuk, order form, free reports, iklan dan lainnya. Buatlah konsumen anda selalu tahu apa yang membuat anda berbeda dari pesaing anda.
11)        Integrasikan yang anda lakukan dalam satu strategi. Aktivitas yang bermacam-macam, free report dan iklan harus difokuskan pada prospek yang sama dan secara terus-menerus menggiring prospek ke arah keputusan pembelian. Jangan memfokuskan pada bagaimana mendatangkan jutaan orang untuk mengunjungi website anda. Sepuluh orang prospek yang siap untuk membeli semua produk yang ditawarkan akan lebih berguna dibanding dengan jutaan orang yang hanya melihat-lihat saja.
12)        Rencanakan berbagai aliran pendapat di muka. Banyak kasus, 50%-90% atau lebih dari keuntungan bisnis internet di peroleh dari tambahan layanan. Jika anda lalai memberi lebih dari satu jenis produk atau jasa, anda akan kehilangan sebagian besar keuntungan
13)        Yakinkan anda menyertakan barang bernilai tambah dalam keseluruhan strategi. Jika anda menjual dengan harga murah (harga barang di bawah Rp. 50.000) bukan barang konsumsi, anda harus menambahkan nilai pada barang tersebut. Akan lebih mudah menjual sebuah barang berkualitas tinggi seharga 1 juta dibanding menjual 50 barang seharga 50 ribu.
14)        Ciptakan wadah internet marketing milik sendiri. Strategi terbaik yang dapat melibatkan barang berkualitas rendah, sedang maupun tinggi secara bersama-sama adalah menyatukannya dalam sebuah wadah. Contoh, seorang konsultan dapat membuat buku untuk produk biasa, kursus pemasaran untuk penawaran medium. Kemudian untuk penawaran tinggi dengan memberi konsultasi yang sebenarnya sebagai core business-nya.
15)        Ambil pasar yang paling anda sukai. Jangan mengambil pasar atau produk berdasarkan uang. Temukan sesuatu yang benar-benar anda sukai. Jika anda bersemangat dengan pasar anda, maka anda akan menemukan cara yang mudah untuk menggelutinya sampai anda mencapai kesuksesan
16)        Selalu bersedia untuk berpikir di luar wilayah anda. Bersedia untuk memandang dan berpikir di luar internet untuk menemukan ide-ide maupun strategi-strategi baru yang mungkin dapat membantu meningkatkan keuntungan. Jika sebuah teknik dapat membantu menaikan keuntungan secara off-line, bias jadi diterapkan secara online. Satu-satunya cara untuk mengetahui hal itu adalah dengan testing.
17)        Tidak ada teknik pemasaran yang benar-benar baru. Kita membicarakan tentang teknik terbaru, tetapi sebenarnya tidak ada teknik pemasaran yang benar-benar baru. Seseorang di industri yang berbeda mungkin telah menggunakannya. Jadi, tetaplah buka mata, buka telinga di mana pun anda berada.
18)        Sifat manusia selalu sama. Kaidah dasar pemasaran yang sudah ada sejak 100 tahun yang lalu dan masih berfungsi sampai sekarang adalah sifat manusia tidak akan berubah. Contoh, konsumen akan lebih tertarik kepada dirinya sendiri di banding dengan bisnis anda. Orang masih menginginkan keuntungan dasar bagi dirinya sendiri bukan orang lain.
19)        Temukan kesempatan yang paling mudah. Jangan pilih produk yang berbiaya 20 juta yang memakan waktu 2 tahun untuk selesai, terutama bila anda sedang memulai sesuatu. Cari proyek yang hanya memakan waktu satu bulan. Memang cukup melelahkan bila sedang memulai, namun pastikan anda masih dalam jalur yang benar.
20)        Hindari tantangan ketika memilih bisnis. Tantangan yang sebenarnya akan muncul setelah anda selesai mendirikan suatu proyek. Jadi, temukan proyek yang anda yakin dapat diselesaikan dalam jangka waktu pendek. Kebanyakan pemula tidak pernah dapat menyelesaikan proyek yang memakan waktu lebih dari sebulan.

2.      Jangan bersaing dengan perusahaan besar
Dalam session 1 telah kita lewati dengan satu pemikiran untuk tidak terlalu besar mengambil tantangan, terutama untuk yang pertama kalinya. Bagian berikut juga masih akan membahas masalah yang sama.
1)            Jangan coba-coba dengan perusahaan besar. Jangan mencoba bersaing dengan perusahaan besar dalam pemasangan harga. Anda tidak bisa memasang harga buku yang anda jual sama dengan harga di Amazon.com. Jika anda memutuskan untuk bersaing dengan usaha kecil lainnya, anda harus memilih pasar yang tepat.
2)            Temukan ceruk pasar. Jika anda memutuskan untuk membuat kios buku di internet, fokuskan pada pasar yang lebih spesifik seperti: puisi, berkebun, bisnis, dan lain-lain. Jika memilih memiliki site khusus search engine, fokuskan pada ceruk pasar. Jangan bersaing dengan yahoo.
3)            Berpijak pada realitas. Sangatlah bagus menawarkan site yang selalu di up date setiap hari seperti yang dilakukan oleh perusahaan besar. Mereka memiliki ratusan site designer dan ribuan pekerja yang siap dengan informasi terbaru. Jika anda menginginkan website yang selalu diperbaharui secara konstan, coba gunakan program up date otomatis atau pasang system tambahan seperti forum diskusi di mana ratusan orang dapat berpartisipasi di dalamnya.
4)            Coba untuk menawarkan tujuh link atau kurang di site anda. Salah satu tujuan utama dari setiap bisnis adalah jangan buat konsumen anda bingung. Dengan hanya menawarkan tujuh link ke website lain atau kurang di halaman utama, akan dapat membantu konsumen untuk tidak tersesat dalam menjelajahi site anda.
5)            Pastikan setiap halaman web anda memiliki link untuk kembali ke index. Jangan beranggapan prospek anda akan menekan tombol back untuk kembali ke halaman utama. Dan jangan memastikan jika mereka ingat dimana halaman utama anda berada. Link kembali untuk ke halaman utama harus ada di setiap halaman untuk memudahkan.
6)            Sertakan perintah window baru ketika linking ke website di luar domain anda. Anda dapat mempertahankan pengunjung untuk tetap di site anda dengan menyertakan perintah membuka window baru ketika mengakses link di luar domain anda. Untuk melakukan ini sangat mudah hanya dengan membubuhkan target =”newpage” di dalam bahasa dalam html untuk link tersebut. Berikut adalah sebuah contoh :http://www.animamusika.com”target=”newage”>
7)            Kurangi tampilan grafis. Tampilan grafis hanya akan menghabiskan waktu untuk loading. Pertahankan grafis dalam jumlah minimum di setiap halaman dan selalu mencoba untuk menciutkan warna sampai 256 atau mungkin 16 untuk mengurangi ukuran di keseluruhan grafis.
8)            Jangan selalu langsung mengadopsi teknologi baru.Mungkin Flash site dan Real Video adalah teknologi yang dahsyat untuk web site anda, tetapi jangan percayakan pemasaran anda kepada mereka. Tawarkan makna lain yang dapat memberi informasi yang sama dari site anda untuk mereka yang tidak ingin menunggu terlalu lama.
9)            Sisihkan uang anda untuk memperoleh domain sendiri. Jangan paksakan diri untuk memiliki site dengan menggunakan domain gratis. Memiliki domain sendiri dapat memperkuat kredibilitas anda di benak prospek. Harganya tidak mahal hanya berkisar antara Rp. 35.000,- s/d Rp. 100.000,- untuk layanan selama 1 bulan.
10)        Dapatkan penyelenggara web hosting dengan layanan lengkap, CGI akses, dan keamanan yang bagus untuk ordering. Banyak orang yang terjebak di wilayah ini, dan mengetahui untuk pindah server setelah terlambat. Carilah layanan hosting yang memiliki apa yang anda butuhkan meskipun anda mencari berdasarkan harga terendah.
11)        Menerima Credit Card. Bisnis anda harus memiliki kemudahan untuk menerima transaksi lewat credit card jika ingin berhasil. Sekitar 90% konsumen anda yang tersebar di seluruh dunia akan lebih mudah melakukan pembelian dengan credit card. Jika anda belum 100% dapat dikatakan terjun ke bisnis ini bila belum mampu menerima transaksi lewat credit card.
12)        Tawarkan beberapa cara pemesanan. Cara terbaik dan paling umum untuk menerima order online adalah dengan secure order form, phone orders, fax orders dan postal order. Satu kunci untuk sukses di setiap bisnis dengan membuat cara pemesanan semudah dan seaman mungkin.
13)        Ingat! Penawaran gratis adalah kunci penjualan anda. Tawarkan sesuatu yang gratis di site anda. Tawarkan informasi gratis, program CGI gratis, free sample dari produk layanan. Harus di ingat bahwa hal gratis adalah inspirasi pertama dari internet. Jadi pastikan apa pun yang anda lakukan di internet melibatkan hal gratisan.
14)        Berikan sesuatu yang bagus dan bernilai dengan gratis. Jangan tawarkan sesuatu yang hanya bertujuan untuk mendatangkan pengunjung. Pastikan yang ada gratiskan adalah sebuah sample yang terbaik dari produk/jasa yang anda tawarkan. Jika anda memberikan sampah hal ini akan membawa mereka berpikir jika produk/jasa anda juga sama sampah.
15)        Beri kesempatan untuk memberikan feedback. Setiap website harus memiliki formulir untuk menampung pendapat, pilihan dan pertanyaan mengenai keberadaan anda. Tidak semua pilihan selalu bagus, tetapi anda akan mulai untuk melihat alasan apa yang membuat mereka membeli dari anda. Hal ini memungkinkan anda untuk melakukan perubahan bila di rasa perlu untuk mengupdate-nya

3.      Website harus memiliki tajuk
Tip dan trik yang kami tawarkan dibagian ini adalah mengenai penggunaan surat penjualan dan metode promosi yang efektif.
1)            Usaha pemasaran akan terhalang bila tidak focus pada surat penawaran. Akan memakan usaha yang sama besarnya untuk mendatangkan 1% pengunjung yang membeli dari website Anda dengan 20% pengunjung yang melakukan pembelian. Jangan mencoba dulu setiap teknik pengiklanan dibuku sebelum Anda memiliki website yang sudah mantap.
2)            Coba untuk memperoleh Rp. 10.000,- atau lebih per pengunjung. Buang amplop dan coba cari cara untuk menghasilkan uang di tingkatan ini. Jika mengalami kesulitan untuk mencapai tingkatan ini maka dapat dipastikan Anda akan selamanya bergelut memperoleh penjualan di saat mencoba untuk menggunakan iklan berbiaya.
3)            Habiskan 80% waktu pada tajuk. Jika tidak memiliki kemampuan untuk membuat orang tertarik dan bersemangat dengan tajuk website Anda, maka Anda sudah membuat mereka pergi dengan segera. Banyak penulis yang menghabiskan waktunya untuk menemukan tajuk yang paling sesuai dengan surat penawaran yang mereka buat.
4)            Mantapkan kredibilitas website. Kredibilitas adalah rantai yang hilang di sebagian besar website. Memang, Anda sedang memantapkan keinginan dan kebutuhan di setiap produk Anda, tetapi alasan apa yang mengharuskan prospek percaya pada Anda? Langkah pertama untuk membangun kredibilitas adalah dengan membuat website Anda berpenampilan bagus dan menyediakan informasi yang dapat mendukung penawaran Anda.
5)            Testimonial (tanda penghargaan) dari pelanggan merupakan salah satu kunci kredibilitas. Ada ungkapan, seorang pemasar yang tidak memiliki testimonial ibarat memiliki kulit bayi. Pastikan untuk menyimpan setiap pernyataan penghargaan yang Anda dapatkan sehingga Anda memiliki kredibilitas yang dapat Anda ikut sertakan di setiap surat bisnis maupun website.
6)            Gunakan bonus untuk memberi nilai tambah pada produk. Bonus sudah terbukti manjur untuk menaikkan penjualan. Terutama bonus dalam bentuk informasi penggunaan di mana mereka memiliki nilai yang tinggi, tetapi berbiaya rendah.
7)            Ulangi penawaran di setiap formulir pemesanan. Sebagian orang menyimpan formulir pemesanan di tempat favorit mereka untuk memudahkan mereka kembali. Anda harus dapat memastikan bila formulir tersebut memiliki informasi penawaran untuk mendekatkan mereka pada keputusan pembelian.
8)            Tawarkan penjualan langsung setelah pemesanan. Waktu terbaik untuk menciptakan penjualan berikutnya adalah langsung setelah mereka selesai melakukan pembelian dan credit card mereka masih ada ditangan. Kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan 10%-30% dengan menawarkan produk lain yang masih berhubungan di halaman terima kasih website Anda.
9)            Selalu baca semua hal yang Anda peroleh dalam hal penulisan surat penjualan. Seorang penulis yang baik adalah yang selalu membaca dan berlatih. Jika Anda ingin menciptakan penjualan dari website Anda, Anda harus melakukan hal yang sama. Jika Anda tidak memiliki waktu/keinginan untuk belajar dan keinginan untuk mempelajari system penulisan, pastikan untuk menyewa seorang penulis professional untuk membuatkan penawaran Anda.
10)        Jangan bergabung dengan sebuah program afiliasi yang belum memiliki system yang terjamin. 
Hanya karena mudahnya mendaftarkan diri di ribuan program afiliasi gratis, bukan berarti mereka dapat membantu penjualan Anda. Lebih dai 80% affiliate tidak pernah melakukan apa pun. Pastikan diri Anda bukan menjadi bagian dari statistic tersebut.
Coba tengok kembali website dan materi promosi Anda. Apakah telah terfokus pada prospek dan keuntungan yang akan mereka terima dari website Anda, produk maupun layanan Anda? Atau Anda hanya memproduksi brosur perusahaan secara online? Keinginan terakhir setiap orang adalah mencoba untuk membuat penjual.

4.      Program afiliasi
Bagian berikut akan membahas mengenai teknik untuk memulai sebuah Opt-In List dan bagaimana seorang affiliate dapat mengunakan teknik strategi internet marketing tersebut untuk mengumpulkan pendapatan maksimum tidak peduli program apa yang mereka ikuti.
1)            Seorang affiliate harus memiliki nama domainnya sendiri. Meskipun Anda seorang affiliate dan memiliki website untuk program Anda, Anda tetap harus memiliki server dan nama domain sendiri. Affiliate-affiliate terbaik telah melakukan hal tersebut dan mereka berhasil. Karena mereka menginginkan setiap orang memandang mereka sebagai sebuah bisnis bukan sebagai affiliate.
2)            Cantumkan testimonial pribadi untuk program afiliasi. Affiliate yang paling efektif di semua program adalah mencantumkan sebuah artikel atau testimonial mengenai produk. Kemudian baru dilanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu penjualan. Jangan hanya menunjukkan link saja, tetapi tunjukkan kredibilitas program yang Anda wakili.
3)            Tawarkan bonus gratis setiap pembelian dari affiliate link. Meskipun anggota affiliate dapat memiliki sebuah UWP, namun hanya Anda seorang saja yang dapat menawarkan special bonus gratis kepada mereka yang membeli melalui Anda, bukan dari anggota affiliate yang lain. Membeli melalui Anda mungkin lebih menguntungkan dari pada membeli langsung dari pemiliknya.
4)            Distributor dan metwork marketer dapat menggunakan teknik tersebut. Jadilah satu-satunya orang yang memberi ekstra special bonus. Posisikan diri berbeda dengan distributor yang lain dengan melakukan hal ini. Kemudian penjualan hanya akan menjadi 500% lebih mudah di banding yang pernah dibayangkan sebelumnya.
5)            Mulailah dengan daftar Opt-In E-mail sendiri. Salah satu tujuan dari bisnis yang Anda adalah membagun Opt-In E-mail sendiri. Jika Anda dapat menjaring 100 orang untuk menerima regular kontak dari Anda, maka Anda tidak perlu lagi mengejar uang.
6)            Kuatkan list Anda. Sekali Anda menjalankan Opt-In List mulailah untuk menguatkan produk dan layanan. Anggota affiliate terbaik adalah yang menyertakan testimonial pribadi dan penguatan untuk member Opt-In List mereka.
7)            Personalisasikan komunikasi e-mail sedapat mungkin. Terdapat puluhan bahkan ratusan e-zine di internet yang diterbitkan dan jutaan e-mail yang dikirimkan setiap harinya. Dengan demikian, temukan cara agar prospek dapat mengenali e-mail Anda diantara tumpukan e-mail yang lain.
8)            Gunakan automated follow-up auotoresponder. Autoresponder ini akan melakukan tindak lanjut (follow-up) sampai 10 personalisasi prospek ataupun konsumen. Gunakan autores-ponder untuk dokumen marketing, free reports, surat penjualan, dan sebagainya. Temukan cara system tindak lanjut yang terjamin dapat membuat Anda tidak tertandingi dalam komunikasi.
9)            Terbitkan e-zine sesuai jadwal Anda. Jangan terbitkan setiap minggu atau harian hanya karena orang lain melakukan hal tersebut. Anda harus menemukan system yang sesuai dengan kondisi Anda. Jika Anda hanya mampu menciptakan terbitan yang berkualitas sekali dalam sebulan, maka lakukan saja hal itu.
10)        Jangan takut untuk menawarkan sesuatu ke list member. Penyediaan informasi harus dilakukan terlebih dahulu untuk memantapkan kredibilitas, tetapi e-zine tidak dapat mendatangkan keuntungan bila disertakan dengan penawaran penjualan.
11)        Gunakan kerja sama untuk membangun list. Untuk melipatgandakan pendaftar dari website, berilah kesempatan pada pendaftar baru untuk mendaftarkan diri di tiga e-zine lain yang sejenis. Jika sesorang mendaftar di salah satu e-zine, maka dia memiliki kesempatan untuk mendaftar di e-zine yang lain. Itulah gunanya kerjasama.
12)        Selalu membuat personalisasi database costumer Anda. Jangan hanya menggunakan e-mail untuk prospek Anda. Buatlah daftar konsumen dan sekali waktu mengontaknya kembali dengan e-mail untuk menawarkan produk-produk terbaru setiap enam bulan sekali atau tergantung jenis bisnis Anda.
13)        Siapkan signature file untuk UWP Anda. Anda harus mempersiapkan signature file di setiap software program e-mail yang digunakan. Ikuti manual konfigurasinya untuk membuat signature file yang spesifik. Kunci untuk SIG file yang berhasil adalah hanya terdiri atas 4-6 baris dan juga berisi UWP Anda.

Apakah Anda seorang affiliate yang berhasil? Bila bukan, cobalah untuk memulainya dengan menerapkan beberapa trik di atas untuk bisnis Anda. Masalah terbesar dengan program afiliasi adalah sulitnya membangun sebuah posisi penjualan yang unik di antara ribuan program afiliasi lain yang memiliki masalah yang sama. Kuncinya adalah :
a.       Tawarkan ekstra bonus.
b.      Kembangkan Opt-In E-mail List sendiri yang memungkinkan untuk melakukan kontak langsung dengan customer.


5.      Submit artikel di e-zine list atau website
Berikut akan membahas promosi yang harus di gunakan untuk memulai bisnis internet. Awali dengan iklan gratis kemudian lanjutkan dengan iklan yang berbiaya. Berikut temukan teknik bagaimana melakukan hal tersebut.
1)            Berpartisipasi dalam sebuah grup diskusi. Grup diskusi, mailing list, newsletter dapat membantu meningkatkan aliran pengunjung dan penjualan. Kemungkinan untuk saling bertukar informasi antar anggota dan memperoleh informasi yang bermanfaat dan sangat mudah.
2)            Submit artikel di E-zine List atau website. Promosi melalui e-zine akan memberikan kontribusi yang besar dalam mereguk keuntungan. Untuk memperoleh hasil yang mengejutkan, tulislah sebuah artikel mengenai produk layanan Anda kemudian submit-kan di e-zine memiliki pembaca yang sesuai target market.
3)            Buat buku elektronik. E-book dapat memberikan traffic website sampai 1/3 keseluruhan kunjungan. E-book yang di ciptakan dan didistribusikan melalui internet dapat menghasilkan lonjakan kunjungan hari demi hari tanpa kita terlalu banyak mengeluarkan uang dan waktu. E-book memiliki nilai yang tidak tehingga untuk bisnis Anda.
4)            Submitkan website Anda ke 10 search engine terkemuka. Traffic search engine 95% di hasilkan oleh 10 search engine terkemuka. Daftarkan website ke 10 mesin pencari tersebut lakukanlah dengan secara manual melalui formulir pendaftaran di website mereka, hindari menggunakan software untuk itu.
5)            Gunakan software untuk submit ke 1.500 ++ search engine lainnya. Di internet banyak terdapat ribuan search engine kecil dan Free-For-All Link. Akan sangat memakan waktu bila kita melakuakan submitting secara manual. Untuk itu, gunakan software yang hanya berharga beberapa rupiah untuk membantu meringankan tugas ini, submitting harus dilakuakan secara terus menerus.
6)            Ulangi submitting ke search engine kecil tersebut secara konsisten. Pisahkan search engine besar dari software submitting. Mulailah untuk mendaftarkan website ke search engine kecil dan Free-For-All Links setiap 3 hari sekali atau setiap minggu. Setiap pendaftaran hanya akan memberikan kontribusi yang kecil, tetapi secara pasti dan konstan akan selalu menyalurkan pengunjung ke tempat Anda. Siapa tahu calon pembeli Anda berasal dari mereka.
7)            Cantumkan alamat website di semua material bisnis. Pastikan website dan UWP tercantum dalam semua bisnis material yang Anda miliki seperti, brosur, banner, dan sebagainya. Jangan persempit pemasaran website di wilayah online saja. Terkadang iklan terbaik juga mengikut sertakan teknik pemasaran offline.
8)            Cantumkan alamat website di kartu nama dan kop surat. Pastikan untuk mencantumkan alamat website di material bisnis terpenting, misalnya kartu nama, kop surat. Sebuah UWP tidak akan bernilai banyak bila tidak mampu menjelaskan keuntungannya saat ini kepada konsumen.
9)            Press release adalah model iklan gratis terbaik saat ini. Publisitas gratis dapat mendatangkan traffic ke website dalam semalam dibandingkan publisitas gratis lainnya yang memerlukan waktu setahun. Belajarlah untuk dapat membuat sebuah press release yang baik dan mulailah untuk mendaftarkanny ke majalah, Koran, TV dan radio melalui e-mail, fax maupun postal mail.
10)        Begitu system Anda terbukti, selanjutnya coba melangkah ke iklan berbiaya. Dengan memanfaatkan free ads, dapat digunakan untuk membuktikan apakah teknik yang di pakai telah dapat membuktikan apakah teknik yang di pakai telah dapat mendatangkan keuntungan atau belum. Jika telah terbukti manjur, Anda dapat memulai dengan cara yang berbiaya untuk membangkitkan penjualan otomatis secara regular.
11)        E-zine ads sangat efektif. E-zine ads dapat membantu untuk menyampaikan pesan ke ribuan bahkan jutaan orang hanya dengan biaya yang minim dan sampai langsung ke target market.
12)        Html banner lebih bersaing di banding banner regular. Terbaik untuk memperpanjang daftar e-zine dengan menggunakan html banner, di mana setiap orang dapat langsung mendaftarkan diri sewaktu masih di website yang sama. Html banner dapat menghasilkan ribuan pendaftar dalam hitungan minggu dengan biaya yang sangat murah.
13)        Promosi offline dapat memberikan hasil yang baik. Pertimbangkan untuk menggunakan bentuk promosi offline untuk bisnis Anda. Banyak bisnis yang tadinya dengan semangat melakukan promosi online yang kembali lagi ke promosi offline ke TV, majalah dan radio. Untuk beberapa industry, produk unggulan yang di tawarkan melalui promosi offline akan banyak di beli orang di bandingkan melalui online promosi.
Ada sebuah ungkapan using “ Bangun dan mereka akan datang “, mungkin hanya cocok untuk judul sebuah film, tetapi tidak berlaku untuk online marketing. Begitu Anda selesai membuatnya, Anda harus segera mulai mengiklankannya. Jika Anda hanya membuatnya dan kemudian hanya berhenti sampai di situ, uang tidak akan mungkin mengalir ke saku.

6.      Postcard memberi pandangan baru
Bagian berikut akan menyajikan mengenai masalah mengenai bagaimana melakukan promosi offline dan bagaimana mendesain produk unggulan dalam beberapa hari.
1)            Postcard member pandangan baru. Dengan membeli postcard dan mengirimkannya ke postcard deck untuk 100.000 pembaca hanya akan memakan biaya beberapa ratus ribu. Ini bisa membuat Anda terkenal tanpa perlu mengeluarkan biaya yang tinggi. Persiapkan untuk free report atau layanan lainnya dan kemudian di cantumkan alamat website untuk mendapatkan informasi lebih baik.
2)            Iklan majalah dapat berfungsi dengan efektif. Iklan majalah dapat mendatangkan pengunjung bahkan pembeli yang berkualitas. Dengan cara ini website Anda dapat menduduki ranking pertama dari semua website yang terlintas di pikiran orang awam. Curi perhatian mereka.
3)            Kirimkan artikel ke majalah atau koran. Jangan mempersempit artikel submission hanya pada penerbit e-zine saja. Coba untuk mengirimkannya ke majalah atau Koran, selain itu, editor majalah juga memerlukan berita yang bagus juga. Sebuah artikel di majalah dapat memantapkan kredibilitas di mata audien potensial.
4)            Jika telah memiliki affiliate system mulailah dengan program afiliasi. Setelah website dan system Anda terbukti efektif, mulailah untuk menambah afiliasi program. Jangan menjadi seperti affiliate yang lain, jadilah sesuatu yang lain dengan memberikan free report, artikel, banner, surat penguatan, dan yang lainnya.
5)            Memiliki produk sendiri adalah cara terbaik untuk sukses secara online. Program afiliasi mungkin sebuah cara bagus untuk memulai online secara bisnis, tetapi dengan memiliki produk sendiri akan lebih menguntungkan di masa depan untuk sukses di internet. Pelajari untuk membuat produk sendiri dan kemungkinan untuk tetap bartahan dapat dilihat.
6)            Lihatlah sekeliling untuk menemukan ide baru. Ide produk ada di sekeliling kita. Lihat TV, dengarkan radio, baca majalah. Itulah sumber ide.
7)            Gunakan program afiliasi sebagai pendukung produk Anda. Ketika keseluruhan produk akan menjadi suatu yang kreatif untuk dijual, program afiliasi sangat mendukung produk Anda. Temukan produk dan layanan yang sangat relevan dengan tipa penjualan produk Anda dan tawarkan dengan system yang cukup bagus ketika seseorang mulai mengadakan pemesanan atas produk tersebut.
8)            Materi riset: domain gratis untuk kemudahan. Ribuan bahkan jutaan domain umum atau gratis dapat digunakan untuk produk yang bagus atau bonus. Domain ini dapat mendongkrak system penjualan secara efektif.
9)            Video mempunyai value added untuk melengkapi produk dengan cost yang rendah. Anda dapat membeli sebuah video editing card dan sebuah digital camcorder. Setelah itu, Anda memulai membuat informasi produk Anda sendiri melalui system video. Video mempunyai high ticket value untuk menjadi lebih dan lebih valuable di internet.
10)        Lakukan interview dengan tape recorder. Unutk membuat produk cepat laku dan terkenal, Anda perlu melakukan interview dengan mereka. Kemudian, Anda mempunyai testimonial untuk menggunakan produk tersebut. penawaran produk atas system interview sebagai testimonial dapat menjadi dokumentasi umum yang bisa sangat diandalkan.
11)        Jadikan suatu system instant internet cashflow system member untuk hasil terbaik. Apa yang harus Anda perbuat jika Anda ingin belajar memulai 115 trik internet marketing terbaik dalam bisnis Anda, lalu Anda menjadi sebuah anggota “instant internet cashflow system”? hanya ada satu tip untuk itu. Aktiflah dalam system pemasaran online melalui lingkaran nadi e-marketing dengan menjadi member atau jaringan di antara mereka. Untuk itu, Anda akan merasa mendapat asisten virtual one-on-one dalam bisnis Anda.

No comments: