Sponsor

Tuesday 23 July 2013

makalah SEKURITAS DERIVATIF (OPSI)

silahkan klik link ini :
http://adf.ly/bVxtd
untuk download file ms word makalah sekuritas derivatif


A.      Pengertian Opsi (Option)

Derivatif adalah sekuritas yang nilainya ditentukan oleh harga pasar dan suku bunga dari beberapa sekuritas lainnya. Opsi adalah suatu perjanjian/kontrak antara penjual opsi (seller atau writer) dengan pembeli opsi (buyer), dimana penjual opsi menjamin adanya hak (bukan suatu kewajiban) dari pembeli opsi, untuk membeli atau menjual asset tertentu pada waktu dan harga yang telah ditetapkan. Opsi adalah instrumen keuangan yang :
  • Diciptakan oleh bursa, bukan oleh perusahaan
  • Dibeli dan dijual terutama oleh investor
  • Penting bagi investor maupun manajer keuangan

Opsi saham diterbitkan oleh investor untuk dijual kepada investor lainnya, perusahaan yang merupakan emiten dari saham yang dijadikan patokan tersebut tidak terlibat dalam transaksi opsi tersebut. Berdasarkan bentuk hak yang terjadi, opsi bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu :

v  Opsi beli (call option).
Call option adalah opsi yang memberikan hak kepada pemegannya untuk membeli saham dalam jumlah tertentu pada waktu dan harga yang telah ditentukan.

v  Opsi jual (put option).
Put option adalah opsi yang memberikan hak kepada pemiliknya untuk menjual saham tertentu pada jumlah, waktu dan harga yang telah ditentukan.

B.       Terminologi Opsi
  1. Exercise (strike) price, yaitu harga per lembar saham yang dijadikan patokan pada saat jatuh tempo
  2. Expiration date, yaitu batas waktu dimana opsi tersebut dapat dilaksanakan.
·      Opsi dengan gaya Amerika dapat dilaksanakan kapan saja sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan.
·      Opsi gaya Eropa dilaksanakan hanya pada saat expiration date.
  1. Premi opsi, adalah harga yang dibayarkan oleh pembeli opsi kepada penjual opsi.




Contoh :
Seorang investor (X) membeli call option dengan harga Rp 100 dan saham yang dijadikan patokan adalah saham ABC. Exercise price ditetapkan Rp 1.200. expiration date adalah tiga bulan dari sekarang, dan opsi tersebut dapat dilaksanakan kapan saja, sampai dengan expiration date dan juga pada saat expiration date (gaya Amerika). Untuk memperoleh opsi tersebut, X membayar premi opsi sebesar Rp 100 kepada penjual opsi.

  1. Setelah membeli call option tersebut, si X dapat memutuskan untuk membeli atau tidak membeli saham ABC dari penjual opsi, kapan saja sampai batas waktu tiga bulan dengan harga Rp 1.200
  2. Kerugian maksimum yang bisa dialami si X adalah sejumlah harga premi opsi, yaitu Rp 100, karena bila kondisinya tidak menguntungkan (harga saham ABC di bawah Rp 1.200), maka si X tidak akan melaksanakan opsi tersebut.
  3. Sebaliknya dari sisi penjual opsi, keuntungan maksimum yang bisa didapatkan oleh penjual opsi hanyalah sebesar harga premi opsi, karena kerugian pembeli opsi merupakan keuntungan penjual opsi.
  4. Sedangkan potensi keuntungan yang bisa diperoleh pembeli opsi adalah tidak terbatas, dan sebaliknya potensi kerugian penjual opsi juga tidak terbatas.

C.      Mekanisme Perdagangan Opsi

Seperti halnya sekuritas lainnya, sekuritas opsi bisa diperdagangkan pada bursa efek ataupun pada bursa paralel (over-the-counter market). Para pedagang opsi, ada sejenis lembaga kliring opsi (Option Clearing Corporation/OCC) yang berfungsi sebagai perantara antara broker yang mewakili pembeli dengan pihak yang menjual opsi. Transaksi pelaksanaan opsi dilakukan dengan menggunakan perantara OCC, dimana OCC menjadi pembeli untuk semua penjual dan sekaligus menjadi penjual untuk setiap pembeli.

D.      Opsi Saham Di BEI

Bursa Efek Indonesia (BEI) memulai perdagangan kontrak opsi saham (KOS) pada tanggal 6 Oktober 2004. BEI mendefinisikan opsi saham sebagai hak yang dimiliki oleh pihak untuk membeli (call option) dan atau menjual (put option) kepada pihak lain atas sejumlah saham (underlying stock) pada harga (strike price) dan dalam waktu tertentu. Pada waktu itu, ada lima saham perusahaan tercatat yang menjadi saham induk untuk perdagangan KOS di BEI :
1.      PT Astra International Tbk (ASII)
2.      PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)
3.      PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF)
4.      PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM)
5.      PT. HM. Sampoerna, Tbk (HMSP)

Contoh Kasus :
Dengan keyakinan harga saham BCA akan naik, Bapak Nanda memerintahkan brokernya untuk membeli satu kontrak call option bulan Oktober pada BCA dengan strike price Rp 2.500 (kode BEI adalah JBBCA2500).
·           Anggap premium opsi ini setelah proses tawar menawar di bursa adalah Rp 225. Maka Bapak Nanda wajib menyediakan dana pembelian sebanyak Rp 225 x 10.000 saham per kontrak = Rp 2.250.000, ditambah komisi broker.
·           Ada tiga aksi lanjutan yang mungkin dilakukan Bapak Nanda, yaitu :
1.                Opsi berakir begitu saja tidak bernilai.
Misalkan harga sahan BCA pada expiration date yang jatuh pada hari terakhir bulan Oktober adalah Rp 2.200. Call option memberi hak pada Bapak Nanda sebagai pemegannya untuk membeli saham BCA pada harga Rp 2.500. Karena Bapak Nanda dapat membeli BCA di pasar saham pada harga Rp 2.200, maka dia tentunya tidak akan melaksanakan hak belinya.
2.    Opsi mungkin dilaksanakan.
·           Jika harga saham BCA naik, Bapak Nanda dapat melakukan exercise melaksanakan hak belinya) dengan membayar uang tebusan sebanyak Rp 2.500 x 10.000 saham = Rp 25.000.000 dan menerima 10.000 saham BCA (penyelesaian secara fisik/ physical delivery).
·           Anggap harga BCA naik menjadi 2.800 sebelum jatuh tempo. Bapak Nanda melaksanakan hak beli 10.000 saham BCA pada harga Rp 2.500 dan dapat segera menjulanya pada harga Rp 2.800. Bapak Nanda akan memperoleh keuntungan sebesar (Rp 2.800 x 10.000 saham) – ((Rp 2.500 x 10.000 saham) + Rp 2.250.000 pembeli opsi)) = Rp 750.000 di luar komisi broker.
·           BEI telah menetapkan untuk tidak menggunakan penyelesaian secara fisik ketika pemegang call option (maupun put option) melaksanakan haknya. Penyelesaian dilakukan secara tunai dan Bapak Nanda sebagai pemegang call option akan memperoleh premium exercise call per saham secara tunai sebesar :
Premium exercise call = WMA – Strike price
·           WMA (weighted moving average) untuk harga saham induk adalah harga rata – rata dibobot volume lembar yang ditransaksikan selama periode 30 menit. Di BEI, WMA ini akan muncul setiap 15 menit setiap hari.
·           Sebagai contoh, anggap WMA atas saham BCA ini adalah Rp 2.750. Ketika Bapak Nanda melaksanakan haknya, dia akan memperoleh premium exercise call sebesar Rp 2.750 – Rp 2.500 = Rp 250 x 10.000 lembar saham = Rp 2.500.000
3.    Opsi dapat dijual di pasar sekunder.
Jika harga saham BCA naik, nilai (harga) call option juga aka naik. Bapak Nanda dapat menjual call option yang dimilikinya kepada investor lain di pasar sekunder.

E.       Karakteristik Keuntungan Dan Kerugian Opsi
1.    Pembeli Call Option
Misalnya ada sebuah call option terhadap saham XYZ, dan strike price ditetapkan Rp 1.000. Harga saham XYZ pada saat itu Rp 1.000. Harga premi opsi tersebut adalah Rp 50
Karakteristik keuntungan dan kerugian call option sedikit berbeda dengan karakteristik keuntungan dan kerugian yang akan diperoleh investor jika membeli saham.
Besarnya keuntungan (kerugian) yang bisa diperoleh kedua investor tersebut tergantung pada harga saham XYZ pada saat expiration date.

Profil kerugian/keuntungan pembeli call option vs pembeli saham :
Keuntungan (kerugian untuk
Harga saham XYZ
Pembeli call option1)
Pembeli saham XYZ2)
1.200
150
200
1.150
100
150
1.100
50
100
1.050
0
50
1.000
(50)
0
950
(50)
(50)
900
(50)
(100)
500
(50)
(500)

1)      Keuntungan (kerugian) investor pembeli call option = harga saham XYZ – 1000 – Rp 50
Catatan : kerugian maksimum pemegang call option adalah sebesar premi opsi = Rp 50
2) Keuntungan (kerugian) yang diperoleh pembeli saham = harga pasar saham XYZ - 1000

Profil kerugian / keuntungan pembeli call option dan saham :

keuntungan                                                                            Pembeli saham
                                                                                                        Pembeli call option
                                                1000         1050
0                                                                                       Harga Saham XYZ
-50                                              

     Kerugian


2.    Penjual Call Option
Profil keuntungan (kerugian) penjual call option adalah kebalikan dari profil keuntungan (kerugian) pembeli call option. Oleh karena itu profil keuntungan penjual call option pada saat expiration date besarnya akan sama dengan kerugian yang diderita oleh pembeli call option.
Profil keuntungan (kerugian) dari penjual call option dapat dilihat pada diagram berikut



Keuntungan
                                                                               Pembeli call option
          +50                              1000        
              0                                                1050                    Harga Saham XYZ
           -50                                                                   
                                                                                    Penjual call option
Kerugian
  
3.    Pembeli Put Option
Contoh : Sebuah put option terhadap saham XYZ  dengan maturitas 1 bulan dan strike price ditetapkan sebesar Rp 1.000. Put option tersebut dijual dengan harga Rp 50 dan harga saham XYZ pada saat ini adalah Rp 1.000
Keuntungan (kerugian) untuk pembeli put option pada saat expiration date akan dipengaruhi oleh harga saham XYZ di pasar. Pembeli put option akan mendapatkan keuntungan jika harga saham XYZ di pasar mengalami penurunan.
Profil kerugian/keuntungan pembeli put option vs investor yang melakukan short selling pada saham XYZ :
Keuntungan (kerugian) untuk :
Harga Saham XYZ
Pembeli put option1)
Saham XYZ2)
1200
(50)
(200)
1150
(50)
(150)
1100
(50)
(100)
1050
(50)
(50)
1000
(50)
0
950
0
50
900
50
100
500
450
500
1)     Keuntungan (kerugian) investor pembeli put option = 1000 – Harga Saham XYZ – Rp 50
catatan : kerugian maksimum pemegang put option = Rp 50
2)     Keuntungan (kerugian) yang diperoleh investor yang melakukan short selling = saham 1000 – harga saham XYZ

Profil kerugian/keuntungan pembeli put option vs investor yang melakukan short selling pada saham XYZ :

Keuntungan                            Penjualan saham
                                               
                  0                                      950      1000                          Harga Saham XYZ
           
              -50                                                                             Pembeli put option
Kerugian



4.    Penjual Put Option
Keuntungan maksimum yang bisa diperoleh penjual put option adalah harga premi opsi, sedangkan kerugian maksimumnya terjadi pada saat harga saham turun mencapai angka nol.
Kerugian maksimum penjual put option adalah sebesar strike price dikurangi dengan harga premi opsi.




Profil keuntungan (kerugian) dari penjual dan pembeli put option ini dapat dilihat pada diagram berikut :
Keuntungan
                                                                                                             Penjual put option
            +50                                                 1000
                0                                950                                                      Harga saham XYZ
            -50                                                                                             Pembeli put option
Kerugian 

F.       Strategi Perdagangan Opsi
Investor dapat menggunakan opsi untuk melindungi portofolio terhadap risiko penurunan harga pasar (hedging), dan untuk melakukan spekulasi terhadap pergerakan harga saham (speculation). Investor yang mempunyai ekspektasi bahwa harga saham akan mengalami kenaikan, akan membeli call option dan atau menjual put option. Sebaliknya, jika investor berharap bahwa harga saham akan turun maka investor akan membeli put option dan atau menjual call option.
1.    Naked Strategy
Naked strategy merupakan strategi perdagangan opsi yang memilih satu dari empat posisi di atas, yaitu sebagai pembeli call, penjual call, pembeli put, atau penjual put option. Disebut dengan naked strategy karena strategi tersebut tidak melakukan tindakan yang berlawanan atau mengambil posisi lain yang dapat mengurangi kerugian dengan cara memiliki saham yang dijadikan patokan. Pilihan posisi yang akan diambil investor akan tergantung dari estimasi mengenai kondisi pasar di masa datang.
Perkiraan Kondisi Pasar
Strategi
Sangat baik
Membeli call option
Agak baik
Menjual call option
Agak buruk
Menjual call option
Sangat buruk
Membeli put option

2.      Hedge Strategy
Pada hedge strategy, investor selain mengambil satu posisi dalam perdagangan opsi, ia juga mengambil posisi yang lain dalam perdagangan saham yang dijadikan patokan dalam opsi tersebut. Tujuan mengurangi kerugian jika terjadi pergerakan harga tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dua jenis hedge strategy yang umum dikenal :
a.         Covered call writing strategy
Strategi ini dimaksudkan untuk melindungi portofolio yang dimilki terhadap penurunan harga saham dengan cara menjual call option terhadap saham yang telah dimiliki dalam prtofolio (investor menjual call option dan memiliki saham yang dijadikan patokan secara fisik).
Jika harga saham mengalami penurunan, maka investor akan mengalami kerugian (pada posisi pemilikan saham), tetapi ia masih mempunyai kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi kembali pendapatan yang diperoleh dari penjualan call option.
Contoh : Investor A mempunyai saham XYZ sebanyak 100 lembar, dan harga saham XYZ sekarang adalah Rp 1.000. Nilai total yang dimiliki A adalah Rp 100.000. Misalnya, pada saat itu call option untuk 100 lembar saham XYZ pada strike price sebesar Rp 1.000 dapat dijual pada harga Rp 5.000
·         Jika kemudian si A memutuskan untuk tetap memiliki 100 lembar saham XYZ dan menjual satu call option, maka keuntungan (kerugian) dari strategy tersebut akan dipengaruhi oleh harga saham XYZ pada saat expiration date.
·         Pada saat expiration date, salah satu skenario berikut bisa terjadi :
-          Jika harga saham XYZ per lembar lebih besar dari Rp 1.000, maka pembeli call option akan melaksanakan opsi tersebut dan membayar pada penjual opsi sebesar Rp 5.000. Sebanyak 100 lembar saham XYZ yang dimiliki A akan dibeli oleh pembeli opsi dengan harga Rp 100.000, sehingga A akan memperoleh uang sebesar Rp 105.000. Pada kenyataannya, A bisa memperoleh pendapatan yang lebih besar dari Rp 105.000, karena A mempunyai kesempatan untuk menginvestasikan kembali uang Rp 5.000 yang di dapat dari hasil penjualan opsi, sehingga keuntungan minimum yang diperoleh A ketika harga saham XYZ per lembar lebih besar dari Rp 1.000 adalah sebesar Rp 5.000 (Rp 105.000 – Rp 100.000).
-          Jika harga saham XYZ sama dengan strike price (Rp 1.000), maka pembeli call option tidak akan melaksanakan opsinya, maka total nilai porotfolio yang dimiliki A adalah Rp 105.000, yaitu 100 lembar saham XYZ senilai Rp 100.000 dan uang sebesar Rp 5.000 yang merupakan hasil penjualan opsi.
-          Jika harga saham XYZ kurang dari Rp 1.000 tapi lebih besar dari Rp 950 dan pembeli opsi tidak melaksanakan opsinya, maka A akan memperoleh keuntungan tapi jumlahnya kurang dari Rp 5.000. Misalnya harga saham XYZ per lembar pada saat expiration date adalah Rp 960, maka 100 saham XYZ yang dimiliki A nilainya turun menjadi Rp 96.000. Sedangkan dari penjual opsi, A akan memperoleh keuntungan sebesar Rp 5.000. Dengan demikian, nilai prtofolio yang dimiliki A adalah Rp 101.000 atau profitnya sebesar Rp 1.000.
-          Jika harga per lembar saham XYZ sama dengan Rp 950, dan pembeli opsi tidak melaksanakan opsinya, maka A tidak mendapat profit maupun rugi alias impas, karena nilai portofolio yang dimilki tetap Rp 100.000. Seratus lembar saham XYZ yang dimiliki A pada saat expiration date hanya bernilai Rp 95.000 ditambah dengan Rp 5.000 maka nilainya adalah Rp 100.000 atau sama dengan nilai portofolio sebelumnya.
-          Misalnya harga saham XYZ kurang dari Rp 950 dan pembeli opsi tidak melaksanakan opsinya, maka A akan mengalamai kerugian. Misalnya harga saham XYZ pada saat expiration date adalah Rp 900 maka nilai portofolio A hanya akan bernilai Rp 95.000 (100 lembar saham XYZ dengan harga Rp 900/ lembar ditambah dengan Rp 5.000), sehingga A akan mengalami kerugian sebesar Rp 5.000 (Rp 100.000 – Rp 95.000). Kondisi paling buruk yang bisa dihadapi oleh A adalah ketika harga saham XYZ jatuh mencapai titik nol, dimana A akan mengalami kerugian sebesar Rp 95.000 (Rp 100.000 – Rp 5.000).
Keuntungan (kerugian) covered call writing strategy
Keuntungan

        +5000
                                                            1000                            Harga Saham XYZ
              0                                950                                                                 
                                              Asumsi : Portofolio awal = 100 lembar @Rp 1.000 = Rp 100.000
                                                             Kas masuk dari penjualan opsi = Rp 5.000
Kerugian

b.      Protective Put Buying Strategy
Stategi ini dilakukan oleh investor yang ingin melindungi portofolio yang dimiliki terhadap risiko penurunan nilai pasar dengan cara membeli put option terhadap saham yang ada dalam portofolio tersebut (investor membeli put option dan memiliki saham yang dijadikan patokan).
Contoh : Investor Z mempunyai saham XYZ sebanyak 100 lembar dan harga saham XYZ sekarang adalah Rp 1.000. Nilai total portofolio yang dimiliki Z adalah Rp 100.000. Pada saat itu put option untuk 100 lembar saham XYZ pada stirke price sebesar Rp 1.000 dapat dijual pada harga Rp 5.000 pada saat evpiration date.
·           Keuntungan (kerugian) yang bisa diperoleh Z adalah:
-          Jika harga saham XYZ per lembar lebih besar dari Rp 1.050, maka Z tidak akan melaksanakan opsinya, sehingga akan memperoleh keuntungan dari strategi protective put buying yang dilakukannya. Sebagai contoh harga saham XYZ di pasar ternyata Rp 1.100 maka nilai pasar saham yang dimiliki adalah Rp 110.000, sehingga keuntungan yang diperoleh Z adalah selisih nilai pasar saham yang dimiliki pada expiration date dengan sebelumnya, dikurangi harga opsi yang dibayar atau sebesar Rp 5.000 (Rp 110.000 – Rp 100.000 – Rp 5.000).
-          Jika harga saham XYZ sama dengan Rp 1.050, maka Z tidak memperoleh keuntungan ataupun kerugian.
-          Z akan mengalami kerugian jika saham XYZ kurang dari Rp 1.050, tetapi lebih besar dari Rp 1.000. Sebagai contoh harga saham XYZ pada saat expiration date adalah Rp 1.020 maka Z akan mengalami kerugian sebesar Rp 3.000, karena capital gain dari kepemilikan saham sebesar Rp 2.000, lebih kecil dari biaya pembelian put option (Rp 5.000)
-          Jika harga saham XYZ dibawah Rp 1.000, maka dapat dipastikan investor akan melaksanakan opsinya, sehingga tetap memperoleh Rp 100/ lembar untuk 100 lembar saham atau nilainya etap Rp 100.000. Kerugian yang diderita Z adalah sebesar biaya yang telah dikeluarkan untuk membeli put option tersebut, yaitu sebesar Rp 5.000.




Keuntungan (kerugian) protective put buying strategy
Keuntungan
     1000
                0                                                              Harga Saham XYZ
                                                    1050
          5000                                          Asumsi : Portofolio awal = 100 lembar @ 100 = Rp 100.000
                                                                           Biaya pembelian put option = Rp 5.000
Kerugian

c.         Straddle Strategy
Straddle strategy dilakukan dengan cara membeli atau menjual, baik berupa call option maupun put option yang mempunyai saham patokan, expiration date dan strike price yang sama. Strategi ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :
1.      Strategi long straddle.
Investor akan membeli put dan call option. Strategi long straddle akan memberikan keuntungan jika terjadi pergerkan harga saham yang memadai, baik untuk kenaikan harga maupun penurunan harga.
Contoh : investor tersebut dapat menerapkan long strategy dengan cara membeli call dan put option terhadap saham XYZ, dan kedua opsi terebut mempunyai expiration date dan strike price yang sama.
Misalnya kedua opsi tersebut mempunyai strike price sebesar Rp 1.000 dan expiration date-nya satu bulan.
Kedua opsi tersebut pada saat dibeli diasumsikan sedang berada pada posisi at the money (harga saham sekarang sama dengan strike price). Sedangkan harga call dan put option tersebut adalah Rp 50 dan Rp 25.







2.      Strategi short straddle.
Investor menjual kedua opsi tersebut (put dan call option). Strategi ini dilakukan oleh investor yang mempunyai estimasi bahwa pergerakan harga saham (bukan arah pergerakannya) tidak terlalu besar atau harga saham relatif tidak berubah. Dengan menggunakan contoh yang sama seperti strategi long straddle, X mempunyai estimasi bahwa harga saham XYZ akan mengalami pergerakan tetapi tidak akan mencapai harga di atas Rp 1.075 atau dibawah Rp 925.
Jika estimasi X benar, maka X akan memperoleh keuntungan sebesar harga kedua opsi tersebut yaitu Rp 75. Jika harga saham tidak seperti yang diestimasikan maka X akan memperoleh keuntungan kurang dari Rp 75, bahkan X akan mengalami kerugian jika pergerakan harga saham XYZ ternyata cukup besar.
d.        Strategi Kombinasi

Strategi kombinasi sama seperti strategi straddle, yaitu mengkombinasikan call dan put option dengan patokan saham yang sama, tetapi strike price dan/atau expiration date masing-masing opsi tersebut berbeda. Strategi kombinasi juga bisa dilakukan dengan cara membeli (long position) atau menjual (short position) kedua jenis opsi (call dan put) secara bersama-sama.



e.         Spread Strategy
Pada strategi spread, investor membeli satu seri dalam suatu jenis option dan secara simultan menjual seri lain dalam kelas option yang sama. Opsi dikatakan dalam satu kelas jika sekelompok opsi (put atau call) mempunyai patokan saham yang sama. Strategi spread dapat digunakan oleh investor dengan berbagai variasi, antara lain spread horisontal (spread waktu), spread vertikal (spread harga), bull spread dan bearish spread.

f.       Penilaian Opsi

Penilaian terhadap sebuah opsi perlu dilakukan untuk mengestimasi nilai intrinsik suatu opsi, dan selanjutnya juga akan berguna untuk menentukan harga sebuah opsi. Dalam penilaian opsi, terkadang kita menemui situasi di mana harga premi opsi melebihi nilai intrinsiknya opsi. Kelebihan ini disebut dengan nilai waktu atau premi waktu.

g.        Nilai Instrinsik Premi Waktu

Nilai intrinsik sebuah opsi adalah nilai ekonomis jika opsi tersebut dilaksanakan. Jika tidak ada nilai ekonomis yang positif dari suatu opsi maka nilai intrinsik opsi tersebut adalah nol. Jadi, call option akan mempunyai nilai intrinsik yang positif jika harga saham lebih besar dari strike price.

Besarnya nilai intrinsik tergantung dari selisih antara harga saham yang sebenarnya dan harga strike price.Tetapi, jika ternyata harga strike price lebih besar dari harga saham, maka nilai intrinsik dari call option adalah nol.

Contoh: sebuah call option dengan strike price sebesar Rp950 dan harga saham saat ini Rp1.000, maka nilai intrinsik dari opsi tersebut adalah Rp50.

Investor yang membeli opsi tersebut akan melaksanakan opsinya, yaitu membeli saham dengan harga Rp950 dan kemudian ia dapat menjual saham tersebut di pasar dengan harga Rp1.000. Ketika sebuah opsi mempunyai nilai intrinsik yang positif maka opsi itu dikatakan in the money.

Jika strike price suatu call option lebih besar dari harga saham maka opsi dikatakan out of the money. Bila strike price besarnya sama dengan harga saham maka opsi itu dikatakan at the money. Opsi yang berada pada posisi baik at the money maupun out of the money akan mempunyai nilai intrinsik sebesar nol karena kedua posisi tersebut tidak memberikan keuntungan kepada pembeli opsi jika opsi tersebut dilaksanakan.




h.        Premi Waktu
Jumlah harga opsi yang melebihi nilai intrinsiknya disebut dengan premi waktu. Premi waktu dapat dihitung dengan:
Premi waktu = Harga opsi – Nilai intrinsik

Contoh: sebuah call option dengan strike price Rp1.000, dijual dengan harga opsi Rp125 pada saat harga saham sebesar Rp1.100. Premi waktu = Rp 125 – Rp 100 = Rp 25


i.          FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HARGA OPSI

·       Harga saham yang dijadikan patokan.
·       Strike price yang ditetapkan.
·       Expiration date dari opsi.
·       Volatilitas harga saham yang diharapkan selama umur opsi.
·       Tingkat suku bunga jangka pendek selama umur opsi.
·     Dividen yang diharapkan diberikan oleh saham yang dijadikan patokan dalam opsi selama umur opsi tersebut.














j.          MODEL BLACK-SCHOLES

Model Black-Scholes merupakan model penilaian call option yang telah banyak diterima oleh masyarakat keuangan. Model Black-Scholes menggunakan lima variabel yaitu:
1.      Harga saham.
2.      Strike price.
3.      Expiration date.
4.      Tingkat bunga.
5.      Volatilitas harga saham.













                                                                    



















Seandainya volatilitas harga saham yang diharapkan adalah 0,40 maka nilai d1 dan d2 akan berubah.
d1 = 0,4738
d2 = 0,1909
C = 164,20

Semakin tinggi volatilitas harga saham, semakin besar harga yang fair untuk opsi tersebut. Untuk faktor lain seperti tingkat suku bunga bebas risiko dan expiration date juga berlaku sama, yaitu semakin rendah (tinggi) tingkat suku bunga bebas risiko maka akan semakin rendah (tinggi) harga opsi dan semakin pendek (lama) waktu expiration date maka akan semakin rendah (tinggi) harga opsi tersebut.





















                                              

No comments: