silahkan klik link ini :
http://adf.ly/SrDOF
untuk file makalah pasar monopoli
http://adf.ly/SrDOF
untuk file makalah pasar monopoli
PENGERTIAN PASAR
MONOPOLI
silahkan klik link ini :
http://adf.ly/bXIcu
untuk download makalah pasar monopoli (ms.word)
Pasar monopoli adalah pasar yang hanya terdapat satu penjual untuk suatu jenis barang tertentu. Pengertian lain dari pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana didalam sebuah industry hanya terdapat sebuah perusahaan dan produk yang dihasilkan tidak memiliki pengganti yang sempurna.
http://adf.ly/bXIcu
untuk download makalah pasar monopoli (ms.word)
Pasar monopoli adalah pasar yang hanya terdapat satu penjual untuk suatu jenis barang tertentu. Pengertian lain dari pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana didalam sebuah industry hanya terdapat sebuah perusahaan dan produk yang dihasilkan tidak memiliki pengganti yang sempurna.
CIRI_CIRI PASAR MONOPOLI
1. Dalam industri hanya terdapat sebuah perusahaan
2.
Produk yang dihasilkan tidak memiliki pengganti yangsempurna
3. Perusahaan baru sulit memasuki industry
4.
Perusahaan memiliki kemampuan menentukan harga (pricemaker)
5. Promosi iklan kurang diperlukan
FAKTOR-FAKTOR YANG MENIMBULKAN
MONOPOLI
·
Hambatan teknis (Technical Barriers to Entry) Ketidakmampuan
bersaing secara teknis menyebabkan perusahaan lain sulit bersaing dengan yang
sudah ada
·
Perusahan memiliki kemampuan atau pengetahuan khusus
yang memungkinkan berproduksi sangat efisien;
·
Tingginya tingkat efisiensi memungkinkan perusahaan
monopolis mempunyai kurva biaya yang menurun. Makin besar skala produksi, biaya
marjinal makin menurun, sehingga biaya produksi per unit makin rendah;
Terdapat
2 faktor yang dapat menyebabkan wujudnya pasar ( Perusahaan ) monopoli. Kedua faktor
tersebut yaitu :
1. Perusahaan Monopoli Memiliki Suatu Sumber Daya yang Unik
dan Tidak Dimiliki oleh Perusahaan Lain.
Salah satu sumber penting
dari adanya monopoli adalah pemilikan suatau sumber daya yang unik (istimewa)
yang tidak dimiliki oleh orang atau perusahaan lain. Perusahaan air minum di
suatu kota adalah salah satu contoh lain dari kekuasaan monopoli yang memiliki
sumber daya yang unik.
Contoh Soal
Sebuah
perusahaan monopoli memproduksi barang X memiliki struktur biaya produksi yang
ditunjukkan oleh persamaan; TC = 250 + 200Q – 10Q2 + Q3.
Persamaan kurva permintaan pasar terhadap produk (barang X) yang dihasilkan
oleh perusahaan monopoli tersebut adalah P = 500 – 10Q. Berdasarkan informasi
tersebut, tentukan:
a.
Persamaan kurva permintaan
individu perusahaan monopoli tersebut.
b. Harga dan jumlah barang X yang harus dipilih perusahaan monopoli
agar tercapai kondisi keseimbangan perusahaan monopoli (perusahaan tersebut
diperoleh laba maksimum/rugi minimum).
c. Laba maksimum/rugi minimum perusahaan monopoli tersebut.
Jawaban soal
Persamaan kurva
permintaan individu perusahaan monopoli sama dengan persamaan kurva permintaan
pasar, yaitu: P = 500 – 10Q. Karena di pasar monopoli hanya ada satu perusahaan
yang beroperasi.
a. Harga dan jumlah barang pada kondisi keseimbangan perusahaan
monopoli tercapai pada saat MR = MC.
MR = ∂TR/∂Q
TR = P
x Q = (500 – 10Q)Q = 500Q – 10Q2
·
MR = ∂TR/∂Q = 500 – 20Q
TC =
250 + 200Q – 10Q2 + Q3
·
MC = ∂TC/∂Q = 200 – 20Q + 3Q2
500 – 20Q = 200 – 20Q + 3Q2
3Q2
= 300
Q2
= 100
Q = ±
10
Jumlah barang yang dapat dipilih dari penyelesaian secara sistematis
adalah Q = - 10 dan Q = 10. Jumlah barang yang tidak mungkin bernilai negative,
maka jumlah barang keseimbangan perusahaan monopoli adalah 10 unit.
Harga keseimbangan perusahaan monopoli dapat ditentukan dengan
memasukkan jumlah barang (Q) ke dalam persamaan permintaan perusahaan monopoli,
yaitu:
P = 500 – 10Q
= 500 – 10(10)
= 400
b. Menentukan keuntungan maksimum/kerugian minimum.
π = TR – TC
TR = P x Q
= 400 (10)
= 4.000
TC = 250 + 200Q – 10 Q2
+ Q3
= 250 + 200(10) –
10(10)2 + (10)3
= 2.250
π = 4.000 – 2.250
= 1.750
Besarnya π adalah positif. Ini berarti perusahaan monopoli
memperoleh keuntungan maksimum pada produksi barang X sebanyak 10 unit dan
harga barang X sebesar 400.
PENETAPAN HARGA PASAR MONOPOLI
Monopoli bisa terjadi karena perusahaan–perusahaan lain menganggap
tidak menguntungkan untuk masuk pasar, atau memang terhalang (dihalang–
halangi) masuk pasar. Halangan masuk pasar disebut dengan istilah Barriers
to Entery. Halangan masuk pasar dibedakan atas dua jenis, yaitu :
1. Alasan teknis (technical barriers
to entery)
Ditinjau dari
segi teknis, memang ada perusahaan yang bersifat memasuki suatu pasar tetapi
terhambat secara teknis. Biasanya produksi untuk barang yang bersangkutan
mencirikan biaya marjinal yang semakin menurun, dan level output yang
memberikan biaya minimum sangat besar sekali. Degan demikian teknologi produksi
yang efisien adalah yang berskala besar saja, sedang yang beroperasi dengan
skala kecil sangat tidak efektif. Modal yang dibutuhkan untuk menghasilkan
jenis produksi ini biasanya sangat besar.
2. Karena alasan hukum atau undang –
undang (legal barriers to entery)
Kebanyakan
monopoli murni tercipta karena alasan hukum atau undang – undang, bukan karena
alasan teknis atau ekonomis. Banyak monopoli yang diizinkan (dilindungi) dengan
paten.
Laba Monopoli
Laba ini
selalu positif sepanjang harga pasar lebih besar dari biaya total rata – rata (average
total cost, ATC). Karena dalam pasar monopoli tidak ada perusahaan yang
keluar atau masuk pasar, maka laba monopoli ini bisa diperoleh tidak hanya
dalam jangka pendek, tapi juga dalam jangka panjang. Laba monopoli yang
diterima dalam jangka panjang ini oleh beberapa pakar ekonomi disebut juga
dengan sewa monopoli (monopoly rents). Yaitu jumlah pengembalian
terhadap faktor yang memungkinkan adanya monopoli tersebut
Posisi Keseimbangan
Karena
produsen monopoli adalah satu-satunya produsen di pasar, maka kurva
permintaannya juga kurve permintaan pasar. Kurve permintaan pasar turun dari
kiri atas ke kanan bawah berarti produsen bisa mempengaruhi harga pasar dengan
jalan menaik-turunkan produksinya.
Perbedaan monopoli
dibanding persaingan sempurna antara lain :
·
bisa menentukan outputnya
·
bisa menentukan harga jual
·
ekuilibrium perusahaan = ekuilibrium pasar
Keuntungan maksimum
tercapai bila MC = MR, dimana
keuntungannya sebesar OQ* X P*C.
Gambar 10.1.
Keuntungan Maksimum pada Monopoli
Dalam pasar
persaingan sempurna kita bisa berbicara tentang kurva penawaran pasar, akan
tetapi dalam pasar monopoli hal ini tidak relevan didiskusikan. Mengapa? Karena
dalam pasar monopoli hanya ada satu perusahaan saja dalam pasar. Dan kurva
penawaran pasar monopoli hanya merupakan sebuah titik. Pada saat mana MR = MC.
Jika kurva permintaan berubah, maka kurva MR otomatis berubah, dan kurva
penawaran pasar. Yaitu output yang memberikan laba maksimum (saat MR = MC),
yang merupakan suatu titik, diketahui bagaimanapun, menghubungkan titik
keseimbangan pada kurva–kurva permintaan tidak memberikan pengertian apa–apa
secara ekonomi. Dengan ringkas, perusahaan monopoli mempunyai kurva penawaran
yang tidak jelas pembatasannya.
C. KEUNTUNGAN
MAKSIMUM DISKRIMINASI HARGA
Untuk mencapai keuntungan
maksimum pada pasar monopoli dengan diskriminasi harga adalah :
Pada gambar
di atas terlihat bahwa hanya ada satu kurva MC atau satu kurva AC tetapi ada
tiga kurva MR yaitu MR1 untuk pasar
1 dan MR2 untuk pasar 2 serta SMR yang merupakan penjumlahan MR1 dan MR2.
Syarat
tercapainya keuntungan maksimum pasar monopoli dengan diskriminasi harga adalah SMR = MC, di mana output total yangb dijual oleh monopolis di pasar X yang
akan di distribusikan ke masing-masing pasar sebesar X1 pada harga P1 dab X2 pada harga P2.Penentuan pembagian output yang dijual di
masing-masing pasar tergantung besarnya SMR di mana
akan mempengaruhi harga jual di masing-masing pasar.
MR1 = P1 ( 1-1/e1 )dan MR2 = P2 ( 1-1/e2 ), di mana MR1= MR2 maka P1 = P2 dan e1 = e2. Keuntungan di pasar 1 sebesar cp1 dikalikan X1 dan
keuntungan di pasar 2 adalah cp2 di kalikan X2 sedangkan keuntungan totalnya adalah penjumlahandari kedua keuntungan
tersebut. Untuk diskriminasi harga lebih dari dua persyaratan pencapaian keuntungan
maksimum yaitu samaSMR = MC. Secara matematis pencapaian keuntungan maksimum
pada diskriminasi harga adalah sebagai berikut :
Di mana R adalah penerimaan
total si monopolis di kedua pasar
(1) R = RI + RII
RI = RI ( XI )
RII = RII( XII )
X = X1 + XII
Di mana (2) C = C (X ) adalah
ongkos total yang dikeluarkan monopolis
Persamaan keuntungan :
p = R-C atau
p = R1 (XI) + RII (XII)
– C (XI + XII )
Syarat keuntungan maksimum
jika :
d p = R1I (X1)-
C1(X) = 0
d X1
d p = R1II (X2)-
C1(X) = 0
d X2
atau R1I (X1) = R1II (X2) = C1(X)
atau MR1 = MR2 = MC
Ini berarti bahwa pendapatan
tambahan /marginal dipasar 1 sama dengan pendapatan marginal di pasar 2 sama
dengan ongkos marginal untuk seluruh produksi.
No comments:
Post a Comment