Sponsor

Thursday, 14 February 2013

HARGA POKOK PRODUK BERSAMA DAN PRODUK SAMPINGAN



·         Produk Common (Common Product)
·         Produk Ko (Coproduct)
·         Produk Bersama (Joint Product)
·         Produk Utama Dan Produk Sampinganga (Main Product & By Product)
Karakterik Produk Bersama Dan Produk Sampingan
1.       Produk bersama merupakan tujuan utama kegiatan produksi.
2.       Harga jual produk utama relatif tinggi dibanding produk sampingan.
3.       Dalam pengolahan produk bersama tidak dapat dihindari untuk tidak menghasilkan produk tertentu
Alokasi Biaya Bersama Ke Produk Bersama
1.       Metode nilai jual relatif.
2.       Metode satuan fisik
3.       Metode rata –rata biaya per satuan
4.       Metode rata-rata tertimbang
Biaya Bersama Dan Keputusan Manajemen
Akuntansi Produk Sampingan
1.       Metode Tanpa Harga Pokok
                a. Produk sampingan langsung dapat dijual setelah dipisah.
b. Produk sampingan memerlukan proses pengolahan lanjutan setelah dipisahkan dari  
     produk utama.
                c. Metode harga pokok pengganti (replacement cost)
2.       Metode dengan harga Pokok
3.       Metode Nilai Pasar Atau Perputaran.  

No comments: