Sponsor

Thursday 14 February 2013

ISTILAH BIAYA, KONSEP DAN PERTANGGUNGANNYA


  1. Pengertian Biaya ( Cost )

1.   Pengorbanan sumber ekonomi, yang diukur dalam satuan uang,yang telah terjadi atau yang kemungkinan terjadi untuk tujuan tertentu.
2.   Pengurangan aktiva bersih akibat digunakannya jasa-jasa ekonomis untuk menciptakan pendapatan pada saat ini atau masa mendatang.
3.   Pengorbanan yang diukur dengan harga yang dibayar, untuk memperoleh,menghasilkan, atau mempertahankan barang-barang dan jasa.  

Ada 4 unsur pokok dalam definisi biaya:
  1. Biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomi
  2. Diukur dalam satuan moneter, misal : rupiah atau dollar
  3. Yang telah terjadi atau secara potensial akan terjadi
  4. Pengorbanan tersebut untuk tujuan
  5. Suatu aktiva. Biaya digunakan ketika menunjuk pada penilaian barang dan jasa yang diinginkan.        

Untuk membantu membuat keputusan, para manajer perlu mengetahui berapa biaya yang menyangkut suatu hal  Sesuatu yang ada biayanya disebut sasaran biaya ( cost objective ), yang bisa dirumuskan sebagai suatu kegiatan yang memerlukan adanya suatu jumlah biaya tertentu.

 Sistem akuntansi biaya pada umumnya :
  1. Mengakumulasikan biaya dengan beberapa klasifikasi “ alamiah” seperti: bahan baku atau upah
  2. Mengalokasikan biaya pada sasaran –sasaran biaya .

Istilah “biaya”(cost) sering digunakan dalam arti yang sama dengan istilah “beban” ( expense). Beban mencakup:
  1. Biaya yang telah habis dipakai (expired) yang dapat dikurangkan dari pendapatan.
  2. Biaya dalam manfaat yang habis/berakhir. Expense yang tidak berkaitan dengan manfaat disebut:“ Loss”.

Dalam arti sempit, biaya dapat diartikan sebagai pengorbanan sumber ekonomi untuk memperoleh aktiva. Untuk membedakan pengertian biaya dalam arti luas,pengorbanan sumber ekonomi untuk memperoleh aktiva disebut dengan istilah Harga Pokok. Istilah  harga pokok juga digunakan untuk menunjukan pengorbanan sumber ekonomi dalam pengolahan bahan baku menjadi produk. Harga pokok produksi akan berubah menjadi biaya dan dipertemukan dengan pendapatan penjualan pada saat produk terjadi.
Jika pengorbanan sumber ekonomi tidak menghasilkan manfaat, maka pengorbanan tersebut merupakan rugi. Jika seorang pengusaha telah mengeluarkan biaya, tetapi pengorbanannya tidak mendatangkan pendapatan (revenues), maka pengorbanan ini disebut rugi.

Objek Biaya
Objek biaya didefinisikan sebagai beberapa unit, kegiatan, atau fenomena dimana rencana dibuat untuk mengakumulasi dan mengukur biaya.Konsep obyek biaya terletak pada apa yang dimaksud dengan biaya.Pemilihan obyek biaya memberikan jawaban pada pertanyaan yang paling mendasar mengenai biaya, yaitu : “ Biaya untuk apa?”
Mengapa informasi Biaya Diperlukan?
Akuntansi biaya berfungsi untuk mengukur pengorbanan nilai masukan guna menghasilkan informasi bagi manajemen yang salah satu manfaatnya adalah untuk mengukur apakah kegiatan usahanya menghasilkan laba atau sisa hasil usaha. Akuntansi biaya juga menghasilkan informasi biaya yang dapat dipakai oleh manajemen sebagai dasar untuk merencanakan alokasi sumber ekonomi yang dikorbankan untuk menghasilkan keluaran.
Tanpa informasi biaya maka :
1.      Manajemen tidak memiliki ukuran apakah masukan yang dikorbankan memiliki nilai ekonomi yang lebih rendah daripada nilai keluarannya, sehingga tidak memiliki informasi apakah kegiatan usahanya menghasilkan laba atau sisa hasil usaha sangat diperlukan untuk mengembangkan dan mempertahankan eksistensi perusahaan.
2.      Manajemen tidak memiliki dasar untuk mengalokasikan berbagai sumber ekonomi yang dikorbankan dalam menghasilkan sumber ekonomi lain.
Jadi Akuntansi biaya menyediakan informasi biaya yang memungkinkan manajemen melakukan pengelolaan alokasi berbagai sumber ekonomi untuk menjamin dihasilkannya keluaran yang memiliki nilai ekonomis yang lebihtinggi dibandingkan dengan nilai masukan yang yang dikorbankan.


B.  Sistem Informasi Akuntansi Biaya

Untuk mengelola perusahaan, diperlukan informasi biaya yang sistematik dan komparatif serta data analisis biaya dan laba. Informasi ini membantu manajemen untuk:
  1. Menetapkan Sasaran laba perusahaan.
  2. Menetapkan target departemen yang menjadi pedoman manajemen menengah dan operasi menuju pencapaian sasaran akhir.
  3. Mengevaluasi keefektifan rencana
  4. Mengungkapkan keberhasilan atau kegagalan dalam bentuk tanggung jawab yang spesifik
  5. Menganalisa serta memutuskan pengadaan penyesuaian dan perbaikan agar seluruh organisasi tetap bergerak maju secara seimbang menuju tujuan yang ditetapkan

Guna mencapai tujuan ini, system harus dirancang untuk memberikan informasi yang tepat waktu.Informasi harus dikomunikasikan secara efektif.
Dalam merancang sistem informasi akuntansi biaya diperlukan pemahaman yang menyeluruh atas struktur organisasi perusahaan dan jenis informasi biaya yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen.
Sistem informasi akuntansi biaya harus terkait erat dengan pembagian wewenang, sehingga setiap manajer dapat dianggap bertanggung jawab atas biaya yang terjadi didepartemennnya.
Sistem tersebut harus dirancang untuk mengembangkan konsep manajemen berdasarkan penyimpangan (management by exeption)yaitu, yang dapat memberikan informasi bagi manajemen untuk segera mengambil tindakan perbaikan. Sistem tersebut juga harus mencerminkan prosedur pabrikasi dan administrasi bagi perusahaan yang menggunakannya.
Sistem informasi tersebut harus mengarahkan perhatian manajemen.Informasi yang disajikan kepada manajer haruslah bersifat tepat guna, dan keterbatasannya harus diungkapkan.Kegunaan system informasi harus dikembangkan apabila memungkinkan.       

C.  Klasifikasi Biaya

C.1      Klasifikasi Biaya Produksi (Manufakturing) :
Produksi (manufacturing) adalah : transformasi (mengubah bentuk) bahan baku menjadi barang lain melalui penggunaan tenaga kerja dan fasilitas pabrik.
  1.  Bahan Baku Langsung ( Direct Material ) adalah:
Semua bahan baku yang secara fisik bisa diidentifikasi sebagai bagian dari barang jadi dan yang dapat ditelusuri pada barang jadi itu secara sederhana dan ekonomis / yang dapat dimasukkan langsung dalam kalkulasi biaya produk.
Contoh : kayu untuk membuat peralatan mebel, minyak mentah untuk membuat bensin.
  1. Tenaga Kerja Langsung (Direct Labour) adalah :
Seluruh tenaga kerja yang dapat ditelusuri secara fisik pada barang jadi dengan cara yang ekonomis/tenaga kerja yang dikerahkan untuk mengubah bahan langsung menjadi produk jadi.        
Contoh : upah operator mesin dan perakitan, gaji karyawan yang dikerahkan pada produk tertentu.
  1. Overhead Pabrik (Factory Overhead )
Semua biaya selain bahan baku langsung atau upah langsung yang berkaitan dengan proses produksi.
Istilah lain dari overhead pabrik adalah: beban pabrik,overhead produksi,pengeluaran-pengeluaran produksi dan biaya produksi tidak langsung. Ada 2 kategori dari overhead pabrik:
a.             Overhead pabrik variable / bahan tidak langsung (indirect material)
Bahan-bahan yang dibutuhkan guna menyelesaikan suatu produk,tetapi pemakaiannya sedemikian kecil, sehingga tidak dapat dianggap sebagai bahan langsung yang tak langsung mempengaruhi pembentukan barang jadi
Contoh: energi, perlengkapan, dan sebagian besar upah tidak langsung

b.            Overhead pabrik tetap/ pekerja tidak langsung ( indirect labour )
Sebagai para karyawan yang dikerahkan dan tidak secara langsung mempengaruhi pembentukan barang jadi.
Contoh: gaji mandor,pajak kekeyaan,sewa,asuransi,dan penyusutan.

Biaya Utama (Prime Cost) terdiri dari : biaya bahan baku langsung + biaya tenaga kerja langsung.
Biaya Konversi (Conversion Cost) terdiri dari: biaya overhead + biaya upah langsung. Biaya ini mencerminkan biaya pengubahan bahan langsung menjadi barang jadi.   


C.2      Klasifikasi Biaya dalam Hubungannya dengan Produk :

Dalam perusahaan pabrikasi, total biaya operasi terdiri dari :
1.            Biaya Produk (Product Cost) atau Biaya Pabrikasi (Factory Cost )/Manufacturing Cost
Adalah : jumlah dari tiga unsur Biaya yaitu : bahan baku langsung, pekerja langsung dan overhead pabrik.
Biaya produk dikenal sebagai barang-barang yang diproduksi atau dibeli untuk dijual kembali. Biaya produk itu pertama-tama dikenal sebagai bagian dari barang persediaan yang ada,yang pada gilirannya biaya produk(biaya persediaan) akan menjadi pengeluaran dalam bentuk harga pokok penjualan., bila barang sudah terjual.
2.            Biaya Komersial atau Biaya non pabrikasi (non manufacturing cost) atau Biaya Perioda (period cost)
Biaya komersial dibagi dalam dua kelompok besar

a.             Biaya pemasaran (distribusi distribusi dan penjualan )
Biaya pemasaran dimulai pada saat biaya pabrik berakhir,yaitu pada saat proses pabrikasi diselesaikan dan barang-barang sudah dalam kondisi siap dijual.
Biaya ini meliputi biaya penjualan dan pengiriman.
b.            Biaya administrasi (umum dan administrasi )  
Biaya administrasi meliputi biaya yang dikeluarkan dalam mengatur dan mengendalikan organisasi.
Misal: Direktur yang ditugaskan bekerja di pabrik,dialokasikan sebagai biaya pabrikasi dan direktur yang ditugaskan di bagian pemasaran dialokasikan sebagai biaya pemasaran.
Barang-barang yang sudah terjual, biayanya berubah menjadi pengeluaran (expense) dalam bentuk “biaya barang yang sudah dijual” yang disebut juga “harga pokok penjualan”.
Biaya administrasi disebut juga biaya perioda. Karena dikurangkan dari angka pendapatan sebagai suatu pengeluaran,tanpa pernah dianggap sebagai bagian dari barang persediaan.


Tabel 3.1 : Klasifikasi Biaya dalam hubungannya dengan Produk pabrik



Bahan langsung

+

Pekerja Langsung
=
Biaya Utama (prime cost)








+

Bhn tdk Langsung
+
Pekerja tdk langsung
+
Biaya tdk lgs lainnya
=
Overhead pabrik


Meliputi :


Meliputi :


Meliputi :



Perlengkapan pabrik
Minyak pelumas


Kepenyeliaan
Pengawasan
Pemeriksaan
Gaji buruh pabrik
Hasil kerja yang cacat
Pekerjaan eksperimen

Sewa
Asuransi kebakaran
Pajak bumi dan
  bangunan
Penyusutan
Pemeliharaan dan
  reparasi
Sumber tenaga
Penerangan
Pemanasan
Pajak penghasilan
  pemilik
Perkakas kecil
Overhead pabrik lainnya








=








Biaya Pabrikasi







+

Beban Pemasaran

+

Beban Administrasi
=
Beban Komersial
Meliputi:
Gaji penjualan
Komisi staf penjualan
Pajak penghasilan pekerja
Iklan
Contoh barang gratis
Hiburan
Ongkos perjalanan
Sewa
Penyusutan
Pajak Bumi dan Bangunan
Telepon dan telegraf
Alat tulis menulis dan
  cetak
Benda-benda pos
Ongkos angkut
Beban penjualan rupa-
  rupa



Meliputi:
Gaji administrasi dan kantor
Pajak penghasilan pekerja
Sewa
Penyusutan
Pajak Bumi dan bangunan
Beban pemeriksaan
  akuntansi
Beban urusan hukum
Piutang yang tak tertagih
Telepon + Telegraf
Alat tulis menulis dan cetak
Benda-benda pos
Beban administrasi rupa-
  rupa

=







Total Biaya Operasi

















Tabel 3-2  Kaitan Biaya Produk dan Biaya Perioda





C.3                        Klasifikasi Biaya Dalam Hubungannya Dengan Volume Produksi :

  1. Biaya Variabel
Ciri-ciri biaya variable:
a.   Perubahan jumlah total dalam proporsi yang sama dengan perubahan volume
b.   Biaya perunit relatif konstan meskipun volume berubah dalam rentang yang relevan
c.   Dapat dibebankan kepada departemen operasi yang cukup mudah dan tepat
d.   Dapat dikenndalikan oleh seorang peyelia/supervisor operasi

Biaya – biaya ini contohnya :
a.   Bahan Langsung
b.   Pekerja Langsung
c.   Beberapa overhead pabrik, seperti : perlengkapan (supplies), bahan baker,perkakas kecil,bahan kerusakan,limbah dan pemanfaatan kembali,biaya penerimaan barang,royalty,biaya komunikasi,upah lembur,pengangkutan dalam pabrik. 

  1. Biaya Tetap
Ciri-ciri biaya tetap :
    1. Jumlah keseluruhan tetap dalam rentang (range) yang relevan
    2. Penurunan biaya perunit bila volume bertambah dalam rentang yang relevan
    3. Dapat dibebankan kepada departemen-departemen berdasarkan keputusan manajerial atau menurut metode alokasi biaya
    4. Tanggung jawab pengendalian lebih banyak dipikul oleh manajemen eksekutif daripada penyelia operasi

Biaya-biaya ini contohnya :
    1. Gaji eksekutif produksi
    2. Penyusutan
    3. Pajak Bumi dan Bangunan
    4. Amortisasi paten
    5. Asuransi-aktiva tetap
    6. Gaji satpam & pesuruh pabrik
    7. Pemeliharaan dan perbaikan bangunan & tanah
    8. Sewa

  1. Biaya Semi Variabel
Yaitu : biaya yang mengandung unsur-unsur tetap dan variabel. Biaya semivariabel ini mencakup suatu jumlah yang sebagian tetap dan bagian lainnya bervariasi sebanding dengan perubahan jumlah keluaran.
Biaya-biaya ini contohnya :
a.         Kepenyeliaan (supervisi)
b.         Pemeriksaan
c.         Jasa departemen penggajian
d.         Jasa departemen personalia
e.         Jasa administrasi pabrik
f.          Jasa pengelolaan bahan & persediaan
g.         Jasa departemen biaya
h.         Asuransi kerugian
      j.          Pajak penghasilan

C.4         Klasifikasi Biaya Dalam Hubungannya Dengan Departemen Pabrikasi

Untuk tujuan administratif, perusahaan dapat dibagi kedalam segmen yang bervariasi namanya. Pembagian sebuah pabrik menjadi beberapa departemen,proses,pusat biaya,atau himpunan biaya (cost pool) yang menjadi dasar untuk mengelompokkan dan mengakumulasikan biaya-biaya produk serta menetapkan tanggung jawab atas pengendalian biaya.
Untuk pencapaian tingkat pengendalian yang tinggi, manajer harus mengembangkan anggaran departemen atau pusat biaya. Pada akhir suatu periode pelaporan, efisiensi departemen, dan keberhasilan manajer dalam mengendalikan biaya dengan membandingkan biaya  actual terhadap biaya yang dianggarkan.

Departemen–departemen dalam sebuah pabrik dapat digolongkan dalam dua kategori:
1.            Departemen produksi
Dalam departemen produksi, operasi secara manual atau dengan mesin, seperti merakit & membentuk dilaksanakan langsung terhadap produk atau bagian-bagiannya. Biaya yang dikeluarkan departemen semacam ini dibebankan pada produk tersebut.
2.            Departemen Jasa
Departemen jasa memberikan jasa/pelayanan yang bermanfaat bagi departemen lainnya. Pada umumnya jasa bermanfaat bagi departemen produksi atau departemen lainnya. Biayanya  merupakan bagian dari total overhead pabrik dan harus dimasukkan dalam biaya produk.Biayanya meliputi pemeliharaan,pembayaran gaji,akuntansi biaya,pemrosesan data dan peyediaan makanan.


C.5         Klasifikasi Biaya Dalam Hubungannya Dengan Periode Akuntansi : 

1.            Belanja Barang Modal (Capital Expenditure)
Belanja barang modal disebut juga sebagai pengeluaran modal.
Yaitu: Pengeluaran yang digunakan untuk mendapatkan atau menyempurnakan aktiva modal, seperti bangunana dan peralatan. Atau pengeluaran dana-dana oleh suatu perusahaan yang diharapkan menghasilkan manfaat selama periode waktu lebih dari satu tahun.
Pengeluaran modal dilakukan dengan beberapa alasan :
(i)                 Untuk ekspansi tingkat operasi, biasanya melalui akuisisi aktiva tetap. Suatu perusahaan yang sedang tumbuh seringkali mengganggap penting untuk mendapatkan aktiva tetap baru dengan cepat,kadang-kadang meliputi pembelian fasilitas-fasilitas fisik tambahan, seperti pabrik dan properti.
(ii)               Untuk penggantian. Karena pertumbuhan suatu perusahaan lambat maka dilakukan penggantian atau memperbaharui aktiva-aktiva yang telah usang.
(iii)             Memperbaharui sebagai alternative penggantian
(iv)             Untuk tujuan-tujuan lain,seperti pengeluaran untuk iklan,riset dan pengembangan, konsultan manajemen & produk-produk baru. 

2.            Pengeluaran Pendapatan (Revenue Expenditure)
Yaitu : Pengeluaran yang memberikan manfaat  yang digunakan atau dikonsumsi hanya pada periode berjalan.Diperlakukan sebagai biaya yang akan disesuaikan /dicocokan dengan penerimaan.


C.6         Klasifikasi Biaya Dalam Hubungan Biaya Dengan Sesuatu Yang Dibiayai

               Dalam hubungannya dengan produk, Biaya produksi dibagi dua :
(i)                 Biaya langsung (direct cost)
(ii)               Biaya tidak langsung (indirect cost )
Dalam hubungannya dengan departemen. Biaya dapat dibagi menjadi dua :
(i)                 Biaya langsung departemen (direct departemental cost)
(ii)               Biaya tidak langsung departemen (indirect departemental cost)
                      
(i)                 Biaya langsung (direct cost)
                     Yaitu : biaya yang terjadi, yang penyebab satu-satunya karena ada sesuatu yang dibiayai.Jika sesuatu yang dibiayai itu tidak ada, maka biaya langsung ini tidak akan terjadi.
Contoh : Biaya bahan baku langsung & Biaya tenaga kerja langsung
(ii)               Biaya langsung departemen (direct departemental cost)
                     Yaitu: Semua biaya yang langsung terjadi dalam departemen tertentu.
Contoh : Biaya tenaga kerja yang bekerja dalam departemen pemeliharaan merupakan biaya langsung dalam departemen pemeliharaan, Biaya depresiasi mesin yang dipakai dalam departemen tersebut, merupakan biaya langsung bagi departemen tersebut.
(iii)             Biaya Tidak Langsung ( indirect cost )
                     Yaitu : Biaya yang terjadinya tidak hanya disebabkan oleh sesuatu yang dibiayai. Biaya tidak langsung dalam hubungannya dengan produk disebut biaya overhead pabrik (factory overhead cost). Biaya ini tidak mudah diidentifikasikan dengan produk tertentu.
Contoh : Gaji mandor yang mengawasi pembuatan produk A,B,C merupakan biaya tidak langsung bagi produk A,B,C karena gaji mandor itu terjadi tidak hanya karena memproduksi ketiga jenis produk tersebut.
(iv)    Biaya tidak langsung departemen                 
                     Yaitu : Biaya yang terjadi dalam departemen,tetapi manfaatnya dinikmati oleh lebih dari satu departemen.
Contoh : biaya yang terjadi dalam departemen pembangkit tenaga listrik. Biaya ini dinikmati oleh departemen-departemen lain dalam perusahaan, baik untuk penerangan maupun untuk menggerakkan mesin dan ekuipmen yang mengkonsumsi listrik.
Bagi departemen pemakai listrik, biaya listrik yang diterima dari alokasi biaya departemen pembangkit  tenaga listrik merupakan biaya tidak langsung departemen.

C.7         Klasifikasi Biaya Dalam Hubungannya Dengan Keputusan Yang Diusulkan, Pelaksanaan Dan Evaluasi

Biaya yang berhubungan dengan beberapa tindakan atau alternatif untuk mengidentifikasikan biaya (pengurangan biaya & penghematan biaya) dengan pendapatan yang relevan dengan keputusan pilihan tersebut, dikenal beberapa biaya yaitu: 
(i)                 Biaya Diferensial (Differential Cost): Salah satu nama dari biaya yang relevan dengan pilihan di antara berbagai alternatif. Biaya diferensial disebut juga Biaya Marjinal (marginal cost) atau biaya incremental (incremental cost)
(ii)               Biaya tunai (out of pocket): sejumlah biaya dikeluarkan jika satu alternatif tertentu dipilih.
(iii)             Biaya kesempatan (opportunity cost): Sejumlah pendapatan atau manfaat lain akan hilang bila alternatif tersebut dipiih.
(iv)             Biaya tertanam (sunk Cost): Biaya yang telah dikeluarkan dan ternyata tidak relevan dengan keputusan itu.
(v)               Biaya yang tak dapat terhindari (unavoidable cost): Biaya produk atau divisi untuk tidak melanjutkan suatu produk atau divisi .
(vi)             Biaya yang dapat dihindari (avidable cost): Biaya yang relevan dengan keputusan   

Dalam rangka untuk mengevaluasi kinerja manajer dikenal beberapa biaya yaitu :
(i)                 Biaya yang dapat dikendalikan (Controllable cost ) oleh manajer
(ii)               Biaya yang tidak dapat dikendalikan (Uncontrollable cost) : Biaya yang tidak dapat dikendalikan oleh manajer karena tidak relevan dengan evaluasi prestasi kerja manajer dan seharusnya manajer tersebut tidak diberikan tanggung jawab.











































Arus Biaya Dalam Perusahaan Industri

                       








Metode Pengumpulan Harga Pokok Produksi

Dalam pembuatan produk terdapat dua kelompok biaya :
1.      Biaya Produksi : Biaya yang dikeluarkan dalam pengolahan bahan baku menjadi produk.
Biaya produksi membentuk harga pokok produksi yang digunakan untuk menghitung harga pokok produk jadi dan harga pokok produk yang pada akhir periode akuntansi masih dalam proses.
2.      Biaya Non Produksi : Biaya-biaya yang dikeluarkan untuk kegiatn non produksi, seperti kegiatan pemasaran dan kegiatan administrasi dan umum.
      Biaya nonproduksi ditambahkan pada harga pokok produksi untuk menghitung total total harga pokok produk.

Pengumpulan harga pokok produksi sangat ditentukan oleh cara produksi. Cara memproduksi produk ada 2 macam :
  1. Produksi atas dasar pesanan : Perusahaan melaksanakan pengolahan produksinya atas dasar pesanan yang diterima dari pihak luar. Contohnya : Perusahaan percetakan, perusahaan mebel, dll.
Dalam metode ini biaya-biaya produksi dikumpulkan untuk pesanan tertentu dan harga pokok produksi persatuan produk dihitung dengan cara membagi total biaya produksi untuk pesanan dengan jumlah satuan produk dalam pesanan yang bersangkutan.
  1. Produksi massa : Perusahaan melaksanakan pengolahan produksinya untuk memenuhi permintaan di gudang, umumnya produknya berupa produk standar. Contohnya : Perusahaan semen, pupuk,makanan ternak dan bumbu masak dan tekstil.
Dalam metode ini pengumpulan harga pokok produksi dengan menggunakan metode harga pokok process (process cost Method).Dalam metode ini biaya-biaya produksi dikumpulkan untuk periode tertentu dan harga pokok produksi persatuan produk yang dihasilkan dalam periode tsb dihitung dengan cara membagi total biaya produksi untuk periode tersebut dengan jumlah satuan yang dihasilkan dalam periode tertentu.


Metode Penentuan  Harga Pokok Produksi

Metode penentuan harga pokok produksi adalah  : Cara memperhitungkan unsur-unsur biaya kedalam harga pokok produksi.
Dalam memperhitungkan unsur-unsur biaya kedalam harga pokok produksi melalui 2 pendekatan, yaitu :
1.      Full Costing
Full Costing : merupakan metode penentuan harga pokok produksi yang memperhitungkan semua unsur biaya produksi kedalam harga pokok produksi , yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik baik yang berperilaku variabel maupun tetap.

Dengan demikian harga pokok produksi menurut metode Full costing :
Biaya bahan baku                                                       XX
Biaya produksi
 
Biaya tenaga kerja langsung                                       XX
Biaya overhead pabrik variabel                                  XX
Biaya overhead pabrik tetap                                       XX
Harga pokok produksi                                       XX
Biaya non produksi/by.komersial
 
Biaya pemasaran                                                         XX
Biaya administrasi & umum                                        XX
Total harga pokok produk                                       XX

Ikhtisar Harga Pokok Produksi Dan Total Harga Pokok Produk Menurut Metode Full Costing :

Prime Cost     = Biaya Bahan Baku + Biaya Tenaga kerja


Conversion Cost  = Biaya Tenaga Kerja + By.Overhead Pabrik tetap + By. Overhead Pabrik Variabel

Harga Pokok Produksi = Biaya Bahan Baku + Biaya Tenaga kerja+ By.Overhead Pabrik tetap + By. Overhead Pabrik Variabel


Biaya Komersial = Biaya Adm & Umum + Biaya Pemasaran


Total Harga Pokok Produk = Harga Pokok Produksi + Biaya Komersial


2.      Variable Costing
Variable  Costing : merupakan metode penentuan harga pokok produksi yang hanya memperhitungkan biaya produksi yang berperilaku variabel ke kedalam harga pokok produksi , yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik yang berperilaku variabel. .
Dengan demikian harga pokok produksi menurut metode Variable costing :
Biaya produksi
 
Biaya bahan baku                                                       XX
Biaya tenaga kerja langsung                                       XX
Biaya overhead pabrik variabel                                  XX
Harga pokok produksi                                             XX
Biaya non produksi/by.komersial
 
Biaya pemasaran                                                         XX
Biaya administrasi & umum                                        XX
Total harga pokok produk                                       XX


Ikhtisar Harga Pokok Produksi Dan Total Harga Pokok Produk Menurut Metode Variable  Costing :

Harga Pokok Produksi Variabel = Biaya Bahan Baku + By.Tenaga Kerja + By. Overhead pabrik Variabel


By. Periode = By.Overhead pabrik tetap + By. Adm & umum Tetap + By. Pemasaran Tetap


Total Harga Pokok Produk = Harga Pokok Produksi Variabel + By Adm & Umum Variabel + By. Pemasaran Variabel + By. Periode




Perbandingan Laporan Rugi laba perusahaan Manufaktur Dengan Laporan Rugi Laba Perusahaan Dagang

Perusahaan Dagang:
·   Kegiatannya berupa pembelian barang dagangan dari  perusahaan lain dan penjualan barang dagangan tersebut kepada konsumen atau perusahaan manufaktur.
·   Perusahaan dagang tidak melakukan pemrosesan terhadap barang dagangan yang dibeli .
·   Untuk menjalankan usaha dagangnya, perusahaan dagang mengeluarkan sumber ekonomi untuk memperoleh barang dagangannya, mengeluarkan biaya administrasi dan umum, serta biaya pemasaran.
Pegorbanan sumber ekonomi yang disajikan dalam laporan rugi laba dikelompokkan ke dalam 3 golongan :
  1. Pengorbanan sumber ekonomi untuk memperoleh barang dagangan dari perusahaan lain. Pengorbanan ini dikelompokkan dengan judul : “Harga Pokok Penjualan”
  2. Pengorbanan sumber ekonomi untuk kegiatan pemasaran barang dagangan . Pengorbanan ini dikelompokkan dengan judul : “Biaya Pemasaran”.
  3. Pengorbanan sumber ekonomi untuk kegiatan selain perolehan barang dagangan dan pemasaran barang dagangan . Pengorbanan ini dikelompokkan dengan judul : “Biaya administrasi dan umum”.

 Perusahaan Manufaktur:
·         Pengolahan bahan baku menjadi produk jadi dan penjualan produk jadi tersebut kepada konsumen atau perusahaan manufaktur lain.
Kegiatan pengolahan bahan baku menjadi produk jadi memerlukan 3 kelompok pengorbanan sumber ekonomi :
  1. Pengorbanan bahan baku
  2. Pengorbanan jasa tenaga kerja
  3. Pengorbanan jasa fasilitas

Dalam pendekatan Full costing, berbagai pegorbanan sumber ekonomi disajikan dalam laporan rugi laba yang dikelompokkan dalam 3 gol:
1. Pengorbanan sumber ekonomi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi.
    Pengorbanan ini dikelompokkan dengan judul : “Biaya produksi” yang dirinci menjadi :biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.
2. Pengorbanan sumber ekonomi untuk kegiatan pemasaran produk jadi  . Pengorbanan ini   dikelompokkan dengan judul : “Biaya Pemasaran”.
3. Pengorbanan sumber ekonomi untuk kegiatan selain produksi dan pemasaran produk .   Pengorbanan ini dikelompokkan dengan judul : “Biaya administrasi dan umum”.

Dalam pendekatan Variable costing, berbagai pegorbanan sumber ekonomi disajikan dalam laporan rugi laba  menurut perilakunyan dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan. Biaya dalam laporan laba rugi yang disusun dengan pendekatan variable costing disajikan dalam dua kelompok biaya variabel & biaya tetap.

 






Gb. Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

PT. Eliona Sari
Laporan Laba-rugi
Untuk Tahun Yang Berakhir tanggal 31 Desember 19X1

Pendapatan Penjualan                                                                                                 Rp. 500.000
Harga Pokok Penjualan :
               Persediaan awal                                                       Rp.  25.000
               Pembelian                                                                 Rp.290.000
               Harga Pokok Barang yang tersedia untuk dijual     Rp.315.000
               Persediaan akhir                                                       Rp.  20.000
Harga Pokok Penjualan                                                                                               Rp. 295.000
Laba bruto                                                                                                                   Rp. 205.000

Biaya Usaha:
Biaya administrasi & umum                                                    Rp.  56.000
Biaya pemasaran                                                                     Rp.  75.000
                                                                                                                                    Rp. 131.000
Laba bersih usaha                                                                                                        Rp.   74.000
Pendapatan di luar usaha                                                        Rp.    4.000
Biaya di luar usaha                                                                  Rp.    7.000                 Rp.     3.000
Laba bersih sebelum pajak                                                                                          Rp.   71.000   
Pajak penghasilan 35 %                                                                                                      24.850    
Laba bersih setelah pajak                                                                                            Rp.  46. 150


























Gb. 1.6. Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur dengan pendekatan Full Costing

PT. Karya Puspita
Laporan Laba Rugi dengan  pendakatan Full Costing
Untuk tahun yang berakhir tanggal  31 Desember 19X1

Pendapatan penjualan                                                                                                 Rp. 500.000
Harga pokok penjualan :                                            
               Persediaan awal produk jadi                                          Rp. 25.000
Harga pokok produksi :
Persediaan awal produk dalam proses                     Rp. 10.000
Biaya produksi :
Biaya bahan baku                               Rp. 50.000
Biaya tenaga kerja langsung              Rp. 60.000
Biaya overhead pabrik                       Rp. 75.000     Rp.185.000
                                                                                  Rp. 195.000
Persediaan akhir produk dalam proses                     Rp.   15.000
Harga pokok produksi                                                                             Rp.180.000
Harga Pokok produk yang tersedia untuk dijual                         Rp.205.000
Persediaan akhir produk jadi                                                              20.000
Harga Pokok Penjualan                                                                                               Rp.195.000
Laba Bruto                                                                                                                  Rp.305.000
Biaya usaha:
Biaya adm & umum                                                    Rp.    56.000
Biaya Pemasaran                                                         Rp.  175.000
                                                                                                                                    Rp. 231.000
Laba bersih usaha                                                                                                        Rp.   74.000
Pendapatan di luar usaha                                            Rp.      4.000
Biaya di luar usaha                                                      Rp.      7.000                           Rp.    3.000
Laba bersih sebelum pajak                                                                                          Rp.   71.000
Pajak Penghasilan 35%                                                                                               Rp.   24.850
Laba bersih setelah pajak                                                                                        Rp.   46.150



















Gb. Laporan Laba-Rugi Perusahaan manufaktur dengan pendekatan Variable Costing


PT. Karya Puspita
Laporan Laba-Rugi Dengan Pendekatan Variable Costing
Untuk Tahun Yang Berakhir tanggal 31 Desember 19X1

Pendapatan penjualan                                                                                                Rp. 500.000
Biaya Variabel :
Harga pokok penjualan variabel:
       Persediaan awal produk  jadi                                                       Rp. 20.000
       Harga Pokok Produksi variabel :
       Persediaan awal produk dlm proses                     Rp. 20.000
       Biaya Produksi Variabel :
       Biaya bahan baku                         Rp. 50.000
       Biaya tenaga kerja langsung        Rp. 60.000
       Biaya overhead pabrik variabel   Rp. 45.000      Rp. 155.000
                                                                                    Rp. 175.000
       Persediaan akhir produk dalam proses                Rp.   10.000
       Harga pokok produksi variabel                                                    Rp. 165.000
       Harga pokok produksi yang tersedia untuk dijual                       Rp. 185.000
       Persediaan akhir produk jadi                                                       Rp.   15.000
       Harga Pokok penjualan variabel                                                  Rp. 170.000
Biaya administrasi & umum variabel                                                  Rp.   70.000
Biaya pemasaran variabel                                                                    Rp.   90.000
Total biaya variabel                                                                                                     Rp. 330.000
Laba kontribusi                                                                                                           Rp. 170.000

Biaya Tetap:
Biaya overhead pabrik tetap                                       Rp.   20.000
Biaya Adm&umum                                                              40.000
Biaya pemasaran tetap                                                         30.000
Total biaya tetap                                                                                                         Rp.   90.000
Laba bersih                                                                                                                  Rp.   80.000








Daftar Pustaka:
1.                        Managerial Accounting, Ray H.Garrison, Fourth Edition, Business Publications INC.
2.                        Pengantar Akuntansi Manajemen, Charles T. Horngrer, Jilid I edisi 6, Penerbit Erlangga.
3.                        Akuntansi Biaya : Perencanaan dan Pengendalian, Milton F. Usry & Lawrence H. Hammer, Jilid I edisi 10, Penerbit Erlangga.
4.                        Akuntansi Manajemen: Konsep, Manfaat & Rekayasa, Mulyadi-UGM, edisi 3, Penerbit Salemba empat.

No comments: