Sponsor

Sunday 2 September 2012

Pengertian Pendekatan Behavioralisme


Behaviorisme adalah pandangan yang menyatakan  bahwa perilaku harus dijelaskan melalui pengalaman yang dapat diamati, bukan denga proses mental. Menurut kaum behavioris, perilaku adalah segala sesuatu yang kita lakukan dan bisa kita lihat secara langsung: anak membuat poster, guru tersenyum pada anak, murid menganggu murid lain, dan sebagainya. 
Proses mental didefinisikan oleh psikologi sebagai pikiran, perasaan, dan motif yang kita alami namun tidak bisa dilihat oleh orang lain. Meskipun kita tidak bisa melihat pikiran, perasaan, dan motif secara langsung, semua itu adalah sesuatu yang riil. Proses mental antara lain pemikiran anak tentang cara membuat poster, perasaan senng terhadap gurunya, dan motivasi anak untuk mengontrol perilakunya.
Menurut behavioris, pemikiran, perasaan, dan motif ini bukan subjek yang tetap untuk ilmu perilaku sebab semuanya itu tidak bisa diobservasi secara langsung. Pengkondisian klasik dan operan, yang merupakan dua pandangan behavioral yang akan segera kita diskusikan, menganut pandangan ini. Kedua pandangan ini menekan pembelajaran  sosiatif (associative learning) yang terdiri  dari pembelajaran bahwa dua kejadian saling terkait (associated) (Pearce, 2001). Misalnya, pembelajaran asosiatif terjadi ketika murid mengasosiasikan atau mengaitkan kejadian yang menyenangkan dengan pembelajaran sesuatu di sekolah, seperti guru tersenyum saat murid mengajukan pertanyaan yang bagus. Diskusi analisis perilaku terapan juga mencerminkan pandangan behavioral yang focus pada perilaku yang dapat diamati dan pembelajaran asosiatif.
Kognitif. Psikologi semakin cenderung ke pandangan kognitif selama decade terakhir abad ke-20 dan penekanan kognitif ini terus berlanjut sampai sekarang. Penekanan kognitif ini terus berlanjut sampai sekarang. Penekanan kognitif menjadi basis bagi  banyak pendekatan untuk pembelajaran (Driscoll, 2000; Hunt, 2002; Roediger, 2000, Wells Claxton, 2002). Dalam buku ini kita akan mendiskusikan empat pendekatan kognitif utama untuk pembelajaran: kognitif sosial, pemrosesan informasi kognitif; konstruktivis kognitif; dan konstruktivis sosial. Pendekatan kognitif sosial , yang menekankan bagaimana factor perilaku, lingkungan dan orang (kognitif) saling berinteraksi memengaruhi proses pembelajaran, akan dibahas di bab ini. Pendekatan kedua, pemrosesan informasi, menitikberatkan pada bagaimana anak memproses informasi melalui perhatian, ingatan, pemikiran dan proses kognitif lainnya. Ini akan dibahas dalam Bab 8 dan 9. Pendekatan ketiga, konstruktivis kognitif, menekankan konstruksi kognitif terhadap pengetahuan dan pemahaman. Ini diperkenalkan dalam teori Piaget di Bab 2 dan akan dibahas lebih lanjut di Bab 8 dan 9. Pendekatan keempat, konstruktivis sosial, focus pada kolaborasi dengan orang lain untuk menghasilkan pengetahuan dan pemahaman. Pendekatan konstruktivis sosial pada awalnya diperkenalkan dalam bentuk teori Vygotsky pada bab 2 dan akan dievaluasi lebih lanjut dalam Bab 10.
Dengan menambahkan empat pendekatan kognitif ini pendekatan behavioral, kita sampai pada lima pendekatan utama untuk pembelajaran yang kita diskusikan dalam buku ini: behavioral, kognitif sosial, pemrosesan informasi kognitif, konstruktivis kognitif, dan konstruktivis sosial semuanya menunjang pemahaman kita tentang bagaimana anak belajar. Ringkasan dari lima pendekatan tersebut dapat dilihat pada gambar 7.1
Behavioral


Penekanan pada pengalaman, terutama penguatan dan hukuman, sebagai determinan dari pembelajaran dan perilaku


Bagian pertama bab ini (7)


Kognitif Sosial


Penekanan pada interaksi factor perilaku, lingkungan, dan orang (kognitif) sebagai determinan pembelajaran.



Bagian terakhir Bab ini (7)

Pemrosesan Informasi

Penekanan pada bagiamana anak memproses informasi melalui perhatian (atensi), memori, pemikiran dan proses kognitif lainnya.

Bab 8 dan 9

Konstruktivis Kognitif

Penekanan pada konstruksi kogntiif dari pengetahuan dan pemahaman

Bab 2 (Piaget) dan Beberapa bagian di

Bab 8 dan 9

Konstruktivis Sosial

Penekanan pada kolaborasi dengan orang lain untuk menghasilkan pengetahuan dan pemahaman




Bab 2 (Vygotsky) bab 10

Gambar 7.1 Pendekatan Untuk Pembelajaran

Review & Reflect
·         Definisikan pembelajaran dan deskripsikan lima pendekatan utama untuk mempelajarinya
Review
·         Apakah ada perilaku yang tidak mencerminkan pembelajaran? Apa itu pembelajaran?
·         Apa behaviorisme itu? Apa empat pendekatan kognitif utama untuk pembelajaran?
Reflect
·         Bagaimana anda belajar? Pikirkan perilaku yang dilakukan dan dideskripsikan bagiamana Anda mempalajarinya.

No comments: