Sponsor

Sunday 2 September 2012

Apa yang Disebut Belajar dan yang Bukan


Saat anak belajar cara menggunakan komputer, mereka mungkin melakukan kesalahan dalam proses belajarnya, namun pada titik tertentu mereka akan terbiasa melakukan tindakan yang dibutuhkan untuk menggunakan komputer secara efektif. Anak akan berubah dari seseorang yang tidak bisa mengoperasikan komputer menjadi orang yang bisa mengopeasikannya. Setelah mereka mempelajari car amenggunakan komputer, mereka tidak akan kehilangan keahlian itu. Hal ini mirip dengan cara menyetir mobil. Setelah Anda bisa menguasanya, Anda tidak harus belajar lagi. Jadi, pembelajaran  (learning) dapat didefinisikan sebagai pengaruh permanen atas perilaku, pengetahuan, dan keterampilan, dan keterampilan berpikir, yang diperoleh melalu pengalaman.
Tidak semua yang kita tahu itu diperoleh melalui belajar. Kita mewarisi beberapa kemampuan-kemampuan itu ada sejak lahir, tidak dipelajari. Misalnya, kita tidak harus diajari untuk menelan makanan, berteriak, atau berkedip saat silau. Tetapi, kebanyakan perilaku manusia tidak diwariskan begitu saja. Saat anak menggunakan komputer dengancara baru, bekerja lebih keras memecahkan masalah, mengajukan pertanyaan secara lebih baik, menjelaskan  jawaban dengan cara yang lebih logis, atau mendengar dengan lebih perhatian, maka berarti dia sedang menjalani proses belajar.
Cakupan pembelajaran itu luas (Domjan, 2000, 2002). Pembelajaran melibatkan perilaku akademik dan non akademik. Pembelajaran berlangsung di sekolah dan di mana saja di seputar dunia anak.

No comments: