Sponsor

Monday 8 December 2014

akuntansi pemerintahan,sektor publik,anggaran

Pengertian akuntansi sektor publik secara luas adalah bidang yang membicarakan metode manajemen suatu negara selain itu pengertian Sempit : suatu pungutan oleh suatu negara

Akuntansi sektor publik didefinisikan : akuntansi publik yang menggunakan dana masyarakat seperti :

a. organisasi pemerintahan pusat

b. organisasi pemerintahan daerah

c. organiaasi parpol dan lsm

d. organisasi yayasan

e. organisasi pendidikan dan kesehatan

f. organisasi tempat peribadatan

Karakteristik dari sektor publik

Tujuan : untuk mensejahterakan masyarakat secara bertahap baik dalam kebutuhan besar dan kebutuhan lainnya baik jasmani dan rohani

Aktivitas : pelayanan publik seperti dalam bidang pendidikan ,kesehata dan keamanan penegakan hukum,transportasi publik dan penyediaan pangan

Sumber pembiayaan : laba perusahaan negara ,pinjaman pemerintah serta pendapatan lain yang sudah sah dan tidak betambahnya dengan perundangan yang berlaku

Pola pertanggungjawaban : Bertanggung jawab kepada masyrakat melalui perwakilan masyrakat seperti dpr,dprd dan dpd

Kultur organisasi : bersifat birokrasi,formal dan berjenjang

Penyusunan anggaran : dilakukan bersama masyrakat dalam perencanaan penurunan program publik dalam anggaran dipublikasikan untuk di kritisi dan didistribusikan oleh masyrakat dan akhirnya disahkan oleh wakil masyrakat didpr ,dpd,dprd

Stakeholder : dapat dirinci sebagai masyrakat indonesia,para pegawai,organiaasi para kreditor,para investor lembaga " international termasuk lembaga dasar international seperti : bank dunia,imf,pbb,dll

Pengertian akuntansi pemerintah adalah aktivitas pemberian jasa untuk menyediakan informasi keuangan pemerintah kepada para pengguna berdasarkan proses pencatatan , pengklasifikasian dan ,pengikhtisaran

Transaski keuangan pemerintah serta penafsiran atas informasi keuangan

Pengertian aktivitas akuntansi : merupakan jasa dari bukan aktivitas yang menghasilkan barang / produk

Informasi keuangan pemerintah tersebut antara lain:

1. anggaran pendapatan,belanja ,transport,pembiayaan beserta realisasinya

2. posisi aset dari kewajiban,utang pemerintah

3. arus kas

4. catatan yang merupakan penjelasan lebih rinci dari laporan keuangan contohnya laporan karyawan yang menunjuka surplus atau defisit

Terdapat 4 titik krisis dalam praktek akuntansi sektor publik

I. praktek pertanggung jawaban akuntansi yang layak : prosedur penghasilan dan pembayaran dari pusat pertanggungjawaban organisasi sektor publik dapat dilakukan dengan pemenuhan otorisasi baik dari dpr atau dprd

II. perinsip bruto yaitu seluruh penghasil dibayarkan secara brutu sebelum dan biaya yang terjadi di bebankan sebagai pengurang penghasilan dan harus dilaporkan secara lengkap ke setiap pusat pertanggung jawaban yang terkait

III. periodetikal semua pengeluaran harus dipertabggungjawabkan per periode sehingga otorisasi pengeluaran akan dinilai berdasarkab prestasi periode terkait. Kelebihan dana diatas pengeluaran dapat diketahui dan dikembalikan ke manajemen pusat pertanggungjawaban

IV. spesifikasi : yaitu pengeluaran di tujuan khusus harus dilandasi oleh persetujuan dpr atau dprd

Lembaga profesi,standar dalam akuntansi pemerintaha sesuai dengan perkembangan suatu negara :

1. IFAC ( international federation of accountants)

2. IPSAS( international publik sektor accounting standart)

3. FASAB ( federal accounting Standart advisory board )-> negara federal

4. GASB ( govermental accounting standart board ) -> negara bagian dan lokal

Sistematika akuntansi pemerintahan :

Pasal 30 dari 31 tahun 2003 mengatur tentang keuangan negara

Pasal 55 dan 56 no.1 tahun 2004 mengatur perbandaharaan negara

Karakteristik akuntansi pemerintahan :

1. Pemerintah tidak berorientasi pada laba

2. pemerintah melakukan pencatatan anggaran ketika anggaran tersebut disetujui oleh lembaga legislatif dan disahkan menjadi undang - undang

3. dalam akuntansi pemlerintahan memungkinkan mempergunakan lebih dari satu jenis dana

4. akuntansi pemerintah akan membukukan belanja modal seperti untuk membangu gedung dan membeli kendaraan ke dalam neraca serta laporan realisasi anggaran

5. akuntansi pemerintahan bersifat kaku.karena sangat bergantung pada undang- undang

6. akuntansi pemerintaha tidak mengenal perkiraan modal,laba dan LYD

Kerangka konseptual akuntansi sektor publik

1. bagi penyusun standrt pemerintah : kerangka konseptual merupakan acuan dalam menyusun standart akuntansi pemerintahan

2. penyusun laporan keuangan : memahami praktek akuntansi menurut perinsip akuntansi yang secara lazim dan standart akuntansi keuangan sektor publik

3. bagi auditor : dapat memberikan pendapat mengenai apakah laporan keuangan disusun sesuai dengan perinsip akuntansi yang berterima umum atau pabu

4. para pemakai laporan keuangan dapat menfasirkan informasi yang di sajikan dalam laporan keuangan yang di susun sesuai standart akuntansi keuangan sektor publik

Lingkungan akuntansi pemerintahan :

Dalam lingkungan pemerintahan yang meliputi struktur pemerintahan dan jenis pelayanan yang di berikan suatu pemerintah serta karakteristim keuangan di atur dalam peraturan pemerintah pp no.24 tahun 2005

Ruang lingkup kerangka konseptual akuntansi sektor publik yaitu membahas tentang

1. tujuan laporan keuangan sektor publik.

2. karakteristik kualitatif yang menentukan manfaat informasi dalam laporan keuangan sektor publik

3. definisi ,pengakuan, pengukuran unsur - unsur yang membentuk laporan keuangan pada sektor publik

4. konsep equity serta pemeliharaan ekuitas

Tujuan laporan keuangan sektor publik :

1. menyediakan informasi mengenai sumber - sumber ,alokasi dan penggunaan sumber daya finansial

2. menyediKan informasi mengenai bagaimana entitas mendanai aktivitasnya dan memenuhi persyaratan kasnya

3. menyediakan informasi yang berguna dalam mengevaluasi kemampuan entitas untuk mendanai aktivitasnya dan memenuhi kewajiban serta komitmennya

4. menyediakan informasi tentang kondisi keuangan suatu entitas dan perubahan di dalamnya

5. menyedikan informasi secara menyeluruh yang berguna dalam mengevaluasi kinerja entitas atas hal biaya jasa efisiensi,dan pencapai tujuan

Tujuan informasi - informasi yang tersedia di dalam laporan keuangan :

1. mengindikasikan apakah sumber daya yang ada dapat digunakan secara legal sesuai dengan anggaran yang disahkan sesuai dengan persyaratan legal dan kontraktual termasuk kriteria keuangan yang telah ditetapkan otoritas legislatif

Elemen - elemen laporan keuangan akuntansi sektor publik :

1. aktiva

2. kewajiban

3. equitas netto

4. pendapatan

5. biaya

6. arus kas

Asusmsi dasar yang digunakan dalam pelaporan akuntansi sektor publik adalah dengan menggunakan akrual

Transaksi yang diakui pada saat kejadian tersebut dan bukan pada saat kas atau setara kas diterima atau di bayar yang dicatat dalam catatan akuntansi serta dilaporkan dalagm laporan keuangan pada periode yang bersangkutan

Karakteristik kualitatif laporan keuangan :

1. relevan: informasi laporan keuangan di katakan relevan apabila informasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai pengambilan keputusan

terdapat 4 faktor yang mempengaruhi relevansi antara lain

1. memiliki manfaat umpan balik atau feed back value yaitu informasi memungkinkan penggunanya untuk menegaskan atau mengoreksi expektasi di masa lalu

2. memiliki predictive value informasi yang dapat membantu pengguna untuk memprediksi masa yang akan datang berdasarkan hasil masa lalu dan kejadian masa kini

3. tepat waktu yaitu infomasi yang disajikan tepat waktu sehingga dapat berpengaruh dan berguna dalam pengambilan keputusan

4. lengkap : informasi akuntansi keuangan pemerintah disajikan selengkap mungkin yaitu mencangkup semua informasi akuntansi yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan

5. Keandalan :informasi laporan keuangan dikatakan reliable apabila pengguna laporan keuangan dapat mengandalkan informasi yang menggambarkan kondisi ekonomi atau kejadian - kejadian informasi tersebut berarti netral ,jujur dan dapat diverifikasi terdapat pada peraturan pemerintah pp no.24 tahun 2005

6. dapat dibandingkan : laporan keuangan untuk membandingkan persamaan dan perbedaan informasi keuangan baik secara waktu maupun entitasnya informasi laporan keuangan akan lebih berguna jika dapat di bandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya atau laporan keuangan entitas pelaporan lain pada umumnya

7. dapat dipahami : karakteristik utama kualitas informasi dalam laporan keuangan sektor publik adalah kemudahan untuk dapat dipahami bagi pemakainya

Basis dan perinsip akuntansi pemerintahan yaitu landasan untuk melakuk +kegiatan penyediaan informasi keuangan dari berbagai kegiatan pemerintah yang dapat diukur dengan uang terdapat basis dan perinsip akuntansi pemerintah didalam akuntansi pada umumnya dikenal basis akuntansi antara lain

1. kas berarti pendapatan diakui pada saat kas di terima di rekening kas umum negara atau daerah

2. akrual

3. modifikasi kas

4. modifikasi akrual

Basis kas : pendapatan diakuinpada saat kas diterima rekening kas umum negaravtau daerah oleh entitas pelaporan

Kas belanja : belanja diakui saat kas dikeluarkan rekening kas umum negara atau daerah oleh entitas pelaporan

Basis akrual untuk aset ,kewajiban dan ekuitas dana diakui dan di catat pada saat terjadinya tramsaksi atau saat kejadian atau kondisi lingkungan yang mempengaruhi keuangan pemerintah tanpa memperhatikan saat kas atau setara kas di terima atau di bayar

Perinsip - perinsip pemerintah

1. perinsip nilai historis : aset dicatat sebesar pengeluaran kas dan setara kas yang dibayar / sebesar nilai wajar dari imbalan u tuk memperoleh aset tersebut pada saat perolehan .kewajiban dicatat sebesar jumlah kas & setara kas yang diharpkan akan di bayarkan u tuk memenuhi kewajiban di masa yang akan datang dalam pelaksanaan kegiatan pemerintah nilai historis dapat lebih dihandalkan dari pada penilaian karena lebih objektif dan dapat diverifikasi

2. perinsip relisasi

pemerintah suatu periode akuntansi akan digunakan untuk membayar utang dan belanja dalam periode tersebut mengingat lra masih merupakan laporan yang wajib disusun maka pendapatan atau belanja basis kas diakui setelah diotorisasi melalui anggaran dan telah menambah atau megurangi kas Pendapatan baris kas yang tersedia yang telah diotoritaskan melalui anggaran

3. perinsip subtansi

Menyajikan dengan wajar transaksi serta peristiwa lain yang seharusnya disajikan apabila substansi transaksi atau peristiwa lain tidak konsisten / berbeda dengan aspek formalitasnya ,maka hal tersebut harus diungkapkan dengan jelas dalam catatan atas laporan keuanganperiodisitas

4. perinsip periodesitas

Kegiatan akuntansi dan pelaporan keuangan entitas perlu dibagi menjadi periode - periode pelaporan sehingga kinerja entitas dapat diukur dan posisi sumber daya yang dimiliki dapat ditentukan ,periode utama yang digunakan adalah tahunan ,namun periode bulanan,triwulan,dan semesteran juga dianjurkan

5. perinsip konsistensi

Metode akuntansi yang dipakai dapat diubah dengan syarat bahwa metode baru yang diteapkan mampu ,e,berikan informasi lebih baik dibanding metode lama,pengaruh atas perubahan penerapan metode ini diungkapkan dalam catatan atas laporan keuangan

6. pengukapan yang lengkap

Laporan keuangan menghasilkan secara lengkap informasi yang di butuhkan oleh pengguna ,informasi yang dibutuhkan ditempatkan pada lembar muka ( on the face) laporan keuangan / catatan atas laporan keuangan

7. penyajian wajar

Laporan keuangan menyajikan dengan wajar laporan realisasi anggaran,laporan perubahan saldo anggaran lebih,neraca,laporan operasional,laporan arus kas ,laporan perubahan ekuitas dan catatan atas lapiran keuangan

dalam rangka penyajian wajar faktur pertimbangan sehat diperlukan bagi penyusun laporan keuangan ketika mengjadapi ketidak pastian peristiwa dan keadaan tertentu .ketidakpastian seperti itu diakui dengan mengungkapkan hakikat serta tingkatnya dengan menggunakan pertimbangan sehat dalam penyusunan laporan keuangan

pertimbangan sehat mengandung unsur kehatian - kehatian pada saat melakukan prakiraan dalam kondisi ketidak pastian sehingga aset dan pendpatan tidak dinyatakan terlalu tinggi dan kewajiban tidak dinyatakan terlalu rendah

Anggaran dan penganggaran akuntansi sektor publik

1. anggaran adalah rencana kuantitatif aktivitas usaha sebuah organisasi pemasaran,produksi,dan keuangan ; anggaran mengidentifikasikan sumber daya dan komitmen yang dibutuhkan untuk memnuhi tujuan selama periode di anggarkan

penganggaran adalah pe ciptaan suatu rencana kegiatan yang dinyatakan dalam ukuran keuangan

Fungsi anggaran :

Ø anggaran merupakan hasil akhir proses penyusunan rencana kerja

Ø anggaran merupakan cetak biru aktivitas yang dilaksanakan di masa mendatang

Ø anggaran sebagai alat komunikasi intern yang menghubungkan berbagai unit kerja dan mekanisme kerja antara atasan dan bawahan

Ø anggaran sebagai alat unit pengendalian kerja

Ø anggaran sebagai alat motivasi dan penyesuaian tindakan efektif dan efisien dalam pencapain visi organisasi

Ø anggaran merupakan instrumen politik

Ø anggaran merupakan instrimen kebijakan fiskal

Karakteristik anggaran

Ø anggaran dinyatakan dalam satuan keuangan dan satuan selain keuangan

Ø anggaran umumnya mencangkup jangka waktu tertentu satu / bebrapa tahun

Ø anggaran berisi komitmen atau kesanggupan manajamen untuk mencapai tujuan yang di tetapkan

Ø usulan anggran ditelah dan disetujui oleh pihak yang berwenang lebih tinggi fari penyusunan anggran

Ø sekali disusun anggaran dapat diubah dalam kondisi tertentu

Jenis - jenis anggaran sektor publik

Ø line item budgeting merupakan penyusunan anggaran yang digunakan dari mana dana itu digunakan yang merupakan bagian dari sistem anggaran tradisional dengan menyajikan berdasarkan / sumber daya yang digunakan

Kelebihan

1. relatif mudah ditelususri

2. dapat mengurang konflik

Kekurangan

1. perhatian terhadap laporan anggaran penerimaan dan pelaporan sangat sedikit

2. diabaikannya pencapain prestasi realisasi penerimaan dan pengeluaran yang di anggarkan

3. para penyusun anggaran tidak memiliki alasan rasional dalam menetapkan target penerimaan dan pengeluaran

Ø incremental budgeting merupakan sistem anggaran yang memungkinkan presisi selama anggaran tahun berjalan dengan sistem penganggaran yang hanya menambah / mengurangi jumlah anggaran dengan menggunakan data anggaran tahun lalu sebagai perencanaan tahun sekarang

Kelebihan

1. mengatasi rumitnya proses penyusunan anggaran

2. tidak memerlukan pengetahuan yang terlalu rumit untuk memahami program - program baru

3. dapat mengurang konflik

Kelemahan

1. perhatian terhadap laporan anggaran penerimaan dan pelaporan sangat sedikit

2. diabaikannya pencapain prestasi realisasi penerimaan dan pengeluaran yang di anggarkan

3. para penyusun anggaran tidak memiliki alasan rasional dalam menetapkan target penerimaan dan pengeluaran

Ø planning programme budget suatu sistem proses perencanaan,pembuatan program dang penggaran yang terkait dalam suatu sistem sebagai kesatuan yang bulat dan tidak terpisah dan didalamnya terkandung identifikasi tujuan organisasi atas permasalahan yang mungkin timbul merupakan sistem penganggaran yang penyusunan anggarannya berdasarkan program

Kelebihan :

1. menggambarkan tujuan organisasi yang lebih nyata dan membantu pimpinan dalam membuat keputusan yang menyangkut usaha pencapaian tujuan

2. menghindari adanya pertentangan antara aparat organisasi dalam proses perencanaan

3. alokasi sumber daya yang lebih efisien dan efektif berdasarkan analisis manfaat dan biaya untuk mencapai tujuan

Kelemahan :

1. merupakan proses multikomplex dan memerlukan banyak kebutuhan dan analisis

2. memerlukan pengelola yang ahli dan memiliki kualitas yang tinggi

3. terlalu komplex baik secara tehnik dan taktis

Ø zero based budgeting merupakan sistem anggaran yang didasarkan pada perkiraan kegiatan lakukan pada apabyang telah dilakukan di masa lalu

Dalam penyusunan zero based budgeting yaitu

1. mengidentifikasi unit keputusan

2. membangun paket keputusan

3. meriview paket keputusan

Kelebihan :

1. sebagai jawaban atas rasionalisasi proses pembuatan anggaran

2. sebagai motivasi bagi anggaran pemerintah

Kekurangan :

1. membutuhkan banyak data

Ø performance budget merupakan sistem anggaran yang berorientasi pada output organisasi dan berkaitan dengan visi,misi dan rencana strategis dimana anggaran berbasis kinerja sistem penganggaran yang dilakukan dengan memperhatikan keterkaitan antara anggaran input dengan keluaran ( output) & hasil ( outcome) yang diterapkan dari kegiatan dan program termasuk eksistensi dalam pencapain kekuatan & hasil tersebut

Ciri dari performance budgeting antara lain :

1. pengeluaran pemerintah diklasifikasikan menurut program dan kegiatan

2. pengukuran hasil kerja

3. pelaporan program

1. Titik perhatian lebih ditekankan kepada pengukuran hasil kerja bukan pada pengawasan

2. Setiap kegiatan harus dilihat dari sisi efisiensi Dan memaxsimalkan output

3. bertujuan untuk menghasilkan informasi biaya dan hasil kerja yang dapat digunakan untuk penyusunan target dan evaluasi pelaksanaan kerja

Kelebihan

1. dapat dilegasikan wewenang dalam pengambilan keputusan

2. memotivasi unit kerja melalui proses pengusulan dan penilaian anggaran yang bersifat factual

3. membangun fungsi perencanaan dan mempertajam pembuatan keputusan

4. mengalokasikan dana secara optimal dengan didadasrkan efisiensi unit kerja

5. menghindari pemborosan

Kelemahan :

1. tidak semua kegiatan dapat distandarisasikan

2. tidak semua hasil kerja dapat diukur secara kuantitatif

3. tidak jelas menganai siapa pengambil keputusan dan siapa yang akan bertanggung jawab

Perinsip - perinsip anggaran

Ø demokratis : mengandung makna bahwa anggaran negara baik pemerintahan pusat maupun daerah yang berkaitan dengan pendapatan maupun pengeluaran harus ditetapkan melalui suatu proses yang mengikut sertakan unsur masyrakat dan harus mendapatkan persetujuan dari lembaga perwakilan rakyat

Ø adil : anggaran suatu negara harus diarahkan secara optimal bagi kepentingan orang banyak dan secara proposional dan dialokasikan semua kelompok dalam masyrakat sesuai dengan kebutuhannya.

Ø transparan : proses perancanaan,pelaksanaan,serta proses pertanggungjwaban negara harus diketahui tidak hanya oleh wakil rakyat tetapi oleh masyrakat umum.

Ø bermoral tinggi : pengelolaan anggaran negara harus berpegang pada peraturan perundang - undangan yang berlaku dan juga senatiasa mengacu pada etika dan moral yang tinggi.

Ø berhati - hati : pengelolaan anggaran harus dilakukan secara berhati - hati karena jumlah sumber daya yang terbatas dan mahal harganya .

Ø perinsip akuntable : pengelolaan keuangan negara harus dapat dipertanggungjawabkan setiap saat secara intern maupu extern kepada rakyat.

pendekatan penganggaran sektor publik

Ø pendekatan fungsional dilakukan dengan penerapan penyaluran anggaran terhadap kegiatan fungsional organisasi / lembaga

Ø pendekatan pengambilan keputusan didasarkan karena anggaran disusun melalui pengambilan keputusan terhadap kehidupan & tujuan organisasi

No comments: