Tujuan utama
perusahaan :
- Menghasilkan tingkat laba yang memuaskan
- Memaksimalkan nilai pemegang saham
Tujuan lain
perusahaan :
- Produktivitas
- Posisi Pasar
- Kepemimpinan Produk
- Pengembangan Personalia
- Sikap Karyawan
- Pertanggungjawaban Publik
- Keseimbangan antara antara jangka pendek dan jangka panjang
Tujuan
organisasi Nirlaba : Meningkatkan kualitas pelayanan
Keselarasan
Tujuan (Goal Congcruence)
Tujuan pokok SPM
adalah Menjamin sebisa mungkin adanya keselarasan tujuandari masing-masing
anggota organisasi ke arah tercapainya
tujuan perusahaan.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi keselarasan tujuan :
I. Faktor
Informal :
- Faktor eksternal yaitu Norma-norma yang tumbuh dan berkembang pada kehidupan masyarakat dimana perusahaan merupakan bagian dari masyarakat itu sendiri à Etos Kerja..
- Faktor Internal, meliputi : Aspek Budaya, Gaya Manajemen, Organisasi Informal, Persepsi dan Komunikasi, Kerjasama dan Konflik.
Teori
Motivasi Kerja :
- Teori Hierarki Kebutuhan menurut Maslow à 5 kebutuhan dasar manusia :a. Keburhan Fisologis; b. Kebutuhan Keamanan; c. Kebutuhan Sosial, d. Kebutuhan Penghargaan dan e. Kebutuhan Aktualisasi diri
- Teori Dua Faktor menurut Herzzberg à 2 faktor yang mempengaruhi perilaku adalah a. Hygiene factor (factor lingkungan kerja bagi individu ) seperti kondisi kerja, dasar pembayaran, kebijakan organisasi, hubungan antar personal dan kualitas pengawasan; b. Satisfier factor (kepuasan kerja) seperti prospek prestasi, pengakuan perhargaan, tanggung jawab dan kesempatan berkembang.
- Teori Pengharapan menurut Vroom à Unsur-unsur motivasi kerja Expentancy (Hub. Upaya - Kinerja), Instrumentality (Hub. Kinerja - Ganjaran) dan Valence (Hub. Ganjaran - Tujuan Pribadi)
Upaya Individual
à Kinerja Individual à Ganjaran Organisasi à
Tujuan2 Pribadi
II. Faktor
Formal
Sistem
Pengendalian Formal, meliputi :
- Sietem Pengendalian Manajemen
- Peraturan (Rules)
No comments:
Post a Comment