Sponsor

Thursday 3 May 2012

PARADIGMA


Paradigma  masyarakat  terhadap  peran  internet dalam kehidupan bersosialisasi”



 Tehnologi informasi dan internet sendiri adalah sebuah bentuk dari gagasan atau ide , bahkan beberapa praktisi di bidang teknologi informasi dan internet memasukkan “informasi” sebagai factor produksi penting dari sebauh perkembangan global , sehingga lambat laun akan mempengaruhi struktur social masyarakat , nilai budaya/kultur, kepercayaan , perilakusosial , lingkungan sekitar , dan sebagainya . Keleluasaan dalam menggali dan mengelola informasi merupakan factor pendukung yang tanpa disadari telah membuka peluang yang ada , artinya kita tidak perlu lagi bersusah payah mencari sebuah informasi hingga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan mengurus tenaga yang banyak . Melalui teknologi komunikasi dan informasi , jarak dan kondisi bukan lagi halangan bagi kita untuk melihat ragam peristiwa yang terjadi di belahan dunia.
 


saat ini IT telah merambah begitu pesatnya di seantero dunia, bahkan tiap hari bias hadir
Internet sekarang banyak digunakan sebagai media informasi yang up to date, Dakwah, Usaha, pencarian teman, sampai jodoh.Tentuhal yang positif tersebut perlu dukungan dari masyarakat untuk memahami akan pentingnya menjaga privasi dan informasi  diri agar terhindar dari pencurian dan penggunaan data untuk kepentingan  orang yang tidak bertanggung jawab.
Ketika kasus penipuan di internet yang terjadi pada artis Jajang C Noerdanistri almarhum Crisye, adalah salah satu contoh  modus kejahatan internet yang  terjadi akibat kesalahan yang sering terjadi di masyarakat luas.Dengan memanfaatkan informasi korban yang ada di situs jejaring sosial, peretas dapat menggunakan informasi tersebut untuk security question yang biasa di sebut tehnik Social Engineering yang memanfaatkan segala informasi dan psikologi korban.
Internet Sehat bikin hebat ! Merubah pandangan masyarakat terhadap internet dan membuat masyarakat melek IT . Manfaatnya sangat terasa  dalam bidang pendidikan dan bisnis.
Dari  beberapa kasus di atas, mendapat kan manfaat akan pentingnya etika berinternet demi kenyamanan bersama .  Terimakasih.

                                
Beberapa paradigma masyarakat terhadap adanya peran internet :
Paradigma 1 :
“internet membuat anak - anak malas belajar , jadi jelas terasa internet membawa dampak negatif bagi anak - anak ,  karena adanya internet anak - anak jadi malas belajar dan lebih asik ber internet - internet ria dibandingkan mengerjakan tugas sekolahnya.“
Paradigma 2 :
“dengan adanya internet , kehidupan serba instant pun mulai berbudaya dikalangan masyarakat , sehingga budaya bekerja keras pun sudah mulai pudar , dan untuk mencari sesatu informasi hanya tinggal search saja .”
Paradigma 3 :
“situs - situs diinternet  , banyak membawa dampak yang tidak baik untuk perkembangan pergaulan remaja - remaja sekarang ,  pola pikir mereka lebih mengarahkan kepada tindakan-tindakan yang tidak baik , dan perlahan dapat merusak moral mereka karena dampak negatif internet , yang memudahkan segalanya.”
Paradigma 4 :
“banyak  penipuan dimana - mana melalui internet , atau yang lebih sering kita dengar dengan shop online , yang mengarahkan pada pembelanjaan via online, dan PO dahulu , memang harga - harga  yang ditawarkan sangat lah menggiurkan , dan tidak sedikit masyarakat yang tertarik akan shop online ini , tapi ironis , penipuan kian marak terjadi , dan semakin memperburuk citra internet di mata masyarakat .”
paradigma 5 :
“adanya game online membuat anak – anak jadi malas belajar , dan lebih senang berlama -lama diwarnet dibandingkan di rumah nya sendri, karna game online pun anak - anak berani berbohong kepada orang tua demi mendapatkan uang untuk bermain game online maupun sesuatu yang berhubungan dengan internet “
Paradigma 6 :
“karena internet pola pikir remaja sekarang pun semakin tidak rasional , apapun mereka indahkan demi kesenangannya sendiri melalui internet “
Pradigma 7 :
“internet membuka banyak peluang untuk mafia – mafia dunia maya dalam menjalankan atraksinya , dengan cara menipu segelintir masyarakat ikut berbisnis didalmnya . “
Paradigma 8 :
“internet , mempunyai peluang lebih besar untuk sesorang melakukan tindakan kriminal , contohnya saja  , penculika melalui akun jejaring sosial , ataupun memperjual – belikan manusia atau hewan melalui internet .
Tentu masih banyak lagi paradigma - paradigma negatif dari masyarakat terhadap penggunaan internet .

DAMPAK KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI
Kemajuan teknologi informasi telah membawa berbagai dampak bagi kehidupan kita baik dampak positif maupun dampak negatif yang diperoleh akibat kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh teknologi informasi kepada kita untuk bertukar informasi dan meminimalisir waktu dan tenaga yang diperlukan untuk melakukan pertukaran informasi tersebut.
1)      Dampak positif teknologi informasi:
a.   Informasi yang disampaikan lebih up to date dan akurat karena prosesnya cepat
b.   Komunikasi jarak jauh pun menjadi sangat cepat dan praktis
c.    Menyediakan informasi umum yang dapat menambah wawasan kita
d.   Dengan internet dapat menghemat biaya dan tenaga yang dikeluarkan bila dibandingkan dengan bertukar informasi melalui pos surat.
2)      Dampak negatif teknologi informasi:
a.      Munculnya kejahatan jenis baru, misalnya penipuan dengan cara memanipulasi data pada rekening bank, pencurian informasi berharga melalui sabotase jaringan informasi, virus computer, penyadapan email, dsb.
b.      Pelanggaran terhadap hak-hak privasi
c.       Pembajakan lagu dan film
d.      Penyebaran hal-hal yang berbau sara dan pornografi semakn cepat



No comments: