Iklan

Saturday, 19 November 2011

pengertian perusahaan dan faktor - faktornya

(Week 2)


Sebutkan apa saja faktor lingkungan internal serta eksternal dan berikan alasan baik faktor internal maupun eksternal yang dapat mempengaruhi kegiatan suatu perusahaan (Buatlah dengan 1 contoh kasus yang ada serta nyata)

            Faktor Lingkungan Internal (Khusus) :
1.      Penyedia
2.      Pelanggan
3.      Pesaing
4.      Tenaga kerja
5.      Modal
6.      Alat dan bensin
7.      Bahan baku
8.      System informasi

Lingkungan Internal adalah lingkungan organisasi yang berada di dalam organisasi tersebut dan secara normal memiliki implikasi yang langsung dan khusus pada perusahaan. Analisis lingkungan internal akan mencakup analisis mengenai sumberdaya, kapabilitas dan kompetensi yang dimiliki oleh perusahaan.
Sumber daya manusia sengaja dipisah karena sifatnya yang spesifik. Namun sumber daya yang mereka sumbangkan kepada perusahaan adalah ketrampilan, pengetahuan dan kemampuan dalam mengambil keputusan.
Kapabilitas adalah suatu kumpulan sumberdaya yang menampilkan suatu tugas atau aktivitas tertentu secara integratif. Menentukan kapabilitas suatu perusahaan didasarkan dua pendekatan yaitu pendekatan fungsional dan pendekatan rantai nilai (value chain).
Kompetensi Inti merupakan sekumpulan ketrampilan dan teknologi yang memungkinkan suatu perusahaan menyediakan manfaat tertentu kepada pelanggan.

            Faktor Lingkungan Eksternal (Umum) :
1.      Alam dan Ekologi
2.      Politik
3.      Hukum
4.      Perekonomian
5.      Pendidikan dan teknologi
6.      Social dan budaya
7.      Demografi
8.      Hubungan Internasional

Lingkungan Eksternal adalah suatu lingkungan dalam lingkungan eksternal organisasi yang menyusun faktor-faktor yang memiliki ruang lingkup luas dan faktor-faktor tersebut pada dasarnya di luar dan terlepas dari operasi perusahaan.



Sebutkan apa yang dimaksud dengan perusahaan dan berilah contohnya

            Pengertian dari perusahaan itu sendiri adalah suatu unit kegiatan produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi atau faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang atau jasa agar mamuaskan kebutuhan masyarakat dengan tujuan memperoleh keuntungan.
            Pengertian lain dari perusahaan adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusikan serta melakukan upaya-upaya lain dengan tujuan memuaskan kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan. Contoh perusahaannya adalah PT.Bridgestoneindonesia. perusahaan ini bergerak dalam bidang penjualan ban terbaik di dunia. Yang biasa dipakai oleh pembalap untuk memacu kendaraannya supaya lebih cepat dan memiliki acceleration yang tinggi. Tentunya keunggulan ini yang dimanfaatkan oleh konsumen seluruh dunia.


Sebutkan apa saja yang termasuk faktor produksi dan jelaskan masing-masing peruntukannya

            Faktor-faktor produksi yaitu :
1.      Manusia (men)            : Tenaga kerja dan Konsumen
2.      Uang (money)             : Modal usaha (kas & fisik)
3.      Material (materials)     : Tanah dan Sumber daya alam
4.      Metode (methods)      : Ide, inisiatif produktif, pengambilan keputusan, menanggung resiko.


Apa perbedaan & Beri contohnya Producer Oriented Approach dan Consumer Oriented Approach

Producer Oriented Approach (seller’s market) adalah produsen yang berorientasi pendekatan, maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.
Consumer oriented approach (buyer’s market) adalah konsumen yang berorientasi pendekatan, maksudnya membeli barang dan jasa yang di jual oleh produsen dari pasar.
           
Perbedaan Skema :

No comments: