Sponsor

Saturday 19 November 2011

pengertian pasar dan pemasaran



Week  6

Jelaskan  perbedaan pasar  dengan  pemasaran …


Pasar adalah hubungan keseluruhan dari permintaan dengan penawaran terhadap barang atau jasa .

Dilihat dari hubungan antar pembeli dan penjual ,pasar dibedakan menjadi :

Pasar persaingan sempurna adalah : pasar dimana terdapat banyak penjual dan banyak pembeli untuk memperdagangkan barang yang homogeny.

Ciri – cirri pasar persaingan sempurna diantaranya :

Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak
Barang yang dijual bersifat homogeny
Terdapat kebebasan keluar masuk pasar ,baik bagi pembeli maupun penjual
Ada mobilitas barang ,sehingga pembeli dapat mnemperoleh barang dalam jumlah berapapun
Penjual dan pembeli memahami keadaan pasar yang sebenarnya

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana syarat – syarat persaingan tidak sempurna tidak terpenuhi. Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari :

·         Pasar monopoli adalah pasar yang terdapat satu pihak penjual yang menguasai
·         Pasar duopoly pasar yang terdapat dua pihak penjual yang menguasai
·         Pasar oligopli adalah suatu pasar yang terdapat beberapa penjual menguasai  ( 3- 10 penjual / produsen
·         Pasar persaingan monoplistis adalah pasar terdapat banyak penjual dalam suatu jenis  barang tertentu , tetapi tiap penjual memiliki cirri barang yang berbeda ( diferensiasi produk )
Sedangkan pemasaran :

Pemasaran adalah suatu system menyeluruh dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan


Berikan contoh masing-masing 5 untuk :

Jenis pasar industri :

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana syarat – syarat persaingan tidak sempurna tidak terpenuhi. Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari :
Pasar monopoli adalah pasar yang terdapat satu pihak penjual yang menguasai
Pasar duopoly pasar yang terdapat dua pihak penjual yang menguasai
Pasar oligopli adalah suatu pasar yang terdapat beberapa penjual menguasai  ( 3- 10 penjual / produsen
Pasar persaingan monoplistis adalah pasar terdapat banyak penjual dalam suatu jenis  barang tertentu , tetapi tiap penjual memiliki cirri barang yang berbeda ( diferensiasi produk )

Contoh :

hypermarket,
pasar swalayan (supermarket),
minimarket.



Pasar penjual :

pasar Beringharjo di Yogyakarta,
pasar Klewer di Solo,
pasar Johar di Semarang.


Apa  yg dimaksud konsep  inti  pemasaran…

Konsep inti pemasaran adalah pembagian – pembagian yang terdapat dalam suatu kegiatan  dalam pemasaran yang merupakan inti atau hal yang sering berkaitan / berhubungan  dari suatu kegiatan tersebut dari pada pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.

Sebut dan jelaskan  4 variabel  bauran promosi…

Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
Advertising ( periklanan ) : bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide, barang dan jasa yang dibiayai oleh sponsor tertentu bisa melalui iklan media masa yang ada atau iklan luar ruangan seperti pemasangan billboard, spanduk, dan poster.
Personal Selling ( tenaga penjualan individu ) : komunikasi langsung ( tatap muka ) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan
Sales Promotion ( promosi penjualan ) : promosi penjualan meliputi beberapa kegiatan komunikasi yang mencoba untuk memberikan nilai tambah atau insentif kepada konsumen, atau pelanggan organisasi lain untuk merangsang penjualan langsung
Direct Marketing ( pemasaran langsung ) : suatu system pemasaran dimana organisai tersebut berkomunikasi langsung dengan target konsumennya untuk mendapatkan respon atau transaksi.




Sebutkan beberapa alternatif  sistem  pemasaran …

Sistem pemasaran dengan saluran vertical
Sistem pemasaran dengan saluran horizontal
Sistem pemasaran dengan saluran ganda

No comments: