Week 5
sebutkan apa fungsi manajemen & aplikasikan pada diri anda sebagai seorang mahasiswa serta apa manfaatnya…
Fungsi mannagment sebagai berikut :
Henry fayol :
General and industrial managment :
· Planning ( perencanaan )
· Organizing ( pengorganisasian )
· Commanding ( pemberi komando )
· Coordinating ( pengkordinasian )
· Controling ( pengwasan )
Harold koontz dan o’donnel :
Principles managment :
· Planning ( perencanaan )
· Organizing ( pengorganisasian )
· Staffing ( penempatan tenga kerja )
· Directing ( pemberian pengarahan )
· Controling ( pengawasan )
George R Terry :
Perinciples managment :
· Planning ( perencanaan )
· Organizing ( pengorganisasian )
· Actuating ( penggerakan )
· Controling ( pengawasan )
Dr. Sondang p. Siagian :
Filsafat administrasi :
· Planning ( perencanaan )
· Organizing ( pengorganisasian )
· Motivating ( pemberi motivasi )
· Controling ( pengawasan )
· Evaluating ( penilaian )
Prof dr.winardi SE
-
· Planning ( perencanaan )
· Organizing ( pengorganisasian )
· Coordinating ( pengkordinasian )
· Leading ( kepemimpinan )
· Comunication ( komunikasi )
· Controling ( pengwasan )
Drs .the liang gie :
Ilmu administrasi :
· Perencanaan
· Pembuatan keputusan
· Pembimbingan keputusan
· Pengkordinasian
· Pengendalian
Planning ( perencanaan ) adalah kegiatan yang berhubungan dengan waktu untuk mencapai suatu tujuan :
Suatu rencana yang baik harus berpedoman pada 5w dan 1 H
What artinya tindakan apa yang harus dikejakan
Why apakah sebabnya tindakan itu harus di kerjakan
Where artinya dimanakah tindakan itu dilaksanakan
When artinya kapan tindakan itu dilaksanakan
Who artinya siapaka yyang akan mengerjakan tindakan
How artinya bagaimanakah caranya melakukan tindakan itu
Organining ( pengorganisasian ) adalah kegiatan yang berhubungan dengan mengatur manusia ,karyawan atau pegawai
Struktur organizing
Dalam penyusunan strktur organisasi di nkenal beberapa jenis hubungan yaitu :
Struktur organisasi garis ( line relation )
Merupakan setruktur organisasi yang paling sederhana dan yang paling tua. Dalam struktur organisasi ini aliran tugas dan tanggung jawab terlihat dengan jelas dengan arah vertikal ,artinya wewenang mengalir dari atas ke bawah ,sedang kan tanggung jawab dari atas ke bawah
Kelebihan :
Adanya kesatuan perintah karena kepemimpinan berada di tangan satu orang
Proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat
Tingginya rasa solidaritas dan kekluargaan antar karyawan
Pembagian kerja jelas
Kekurangan :
Pemimpin mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berat
Kelangsungan hidup organisasi tergantung pada satu orang pemimpin
Pemimpin cenderung bertindak otokrasi
Sistem kerja bersifat individual
Terbatas karyawan untuk berkembang
Terjadi kesalahan karena cenderung pemimpin tidak bisa
Struktur organisasi fungsionalatau staf ( staff relation )
Organisasi nfungsional atau staff bermula di ciptakan oleh fw.taylor dimana segelintir pemimpin tidak mempunyai bawahan yang jelas ,sebab setiap atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan ,sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut .
Kelebihan :
Adanya spesialisasi pekerjaan
Pembagian kerja jelas
Kordinasi mudah dijalankan
Sudah memiliki tenga ahli di bidangnya
Kekurangan :
Pemimpin tidak mempunyai bawahan yang jelas
Keterampilan karyawan terbats pada satu bidang
Kordinasi menyeluruh susuah dilaksanakan
Karyawan bersifat individual
Struktur organisasi garis dan staf
Pada bentuk organisasi garis dan staff ,terdapat satu atau beberapa orang staff ,staff yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu, yang tugasnya memberi nasehat dan saran dalam bidang pimpinan dalam organisasi tersebut
Kelebihan :
· Dapat dipakai oleh organisasi besar
· Keputusan bisa dipertanggungjawabkan karena ada keputusan ahli
· Pembagian kerja jelas antara lembaga garis dan staff
· Perinsip the right man on the right place dapat di terapkan
Kekurangan :
· Membutuhkan tenga kerja yang cukup banyak
· Karyawan cenderung tidak saling mengenal
· Kurangnya solidartas karyawan
· Suli dilakukan kordinasi
Actuating ( penggerakan ) adalah menempatkan semua anggota dari pada kelompok agar kerja secar sadar untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan perencanaan dan pola organisasi
Atau dengan akan kata lain penggerakan artinya kegiatan yang berhubungan dengan memotivasi atau membri semangat kepada karyawan atau pegawai.
Kegiatan actuating meliputi : dircting ,commanding, motvating, stafing, dan leading
Controling ( pengawasan )adalah proses penentuan apa yang akan di capai (standart) ,apa yang sedang di hasilkan (pelaksanaan) dapat berjalan menurut rencana yaitu sesuai dengan standart ,atau dengan kata lain pengwasan adalah kegiatan yang berhubungan dengan mengendalikan atau mengawasi setiap pekerjaan serta melakukan tindakan koreksi.
Proses melakukan pengwasan dapat dilakukan melalui : mengukur hasil pekerjaan , membandingkan hasil pekerjaan dengan standart,dan mengoreksi penyimpangan yang tidak dikhendaki dengan tindakan perbaikan
· Manfaat menerapkan fungsi management yaitu
· Mahasiswa Dapat menentukan perencanaan kegiatan yang berhubungan dengan waktu untuk mencapai suatu tujuan
· Mahasiswa dapat memotivasi atau memberi semangat melalui penggerakan semua mahasiswa dari pada kelompok mahasiswa agar kerja secar sadar untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan perencanaan dan pola organisasi
· mahasiswa dapat menetukan apa yang akan di capai (standart) ,apa yang sedang di hasilkan (pelaksanaan) dapat berjalan menurut rencana yaitu sesuai dengan standart , kegiatan yang berhubungan dengan mengendalikan atau mengawasi setiap pekerjaan serta melakukan tindakan koreksi
Bagaimana latar belakang sejarah manajemen…
Latar belakang sejarah manajemen
latar belakang manajemen pangkal dari mana kita harus memulai, karena sejarah manajemen SM, sudah ada tanda-tanda adanya pengetahuan dan . Di zaman pra-sejarah, manusia mengkomunikasikan pikiran, pengetahuan, dan infrastruktur dan manajemen Dalam latar belakang sosial demikianlah telekomunikasi dan informasi . ILUSTRASI: IPS dan Humaniora (ekonomi dan manajemen, sejarah dan kebudayaan, bahasa dan pakar penelitian dan dosen berbagai perguruan tinggi negeri dengan latar belakang ilmu .
Mengacu dari latar belakang dan tujuan yang telah diuraikan
Sebut & jelaskan ciri2 ketrampilan yg dibutuhkan manajer profesional …
Keterampilan manajemen yang dibutuhkan
Seperti tiap orang yang ingin karirnya maju, masa depan karir Anda juga ditentukan oleh keterampilan yang Anda miliki dan dapat Anda “jual” pada perusahaan. Dan para pencari kerja dengan keterampilan yang diinginkan perusahaan pencari kerja itulah, yang akan lebih cepat mendapatkan pekerjaan.
Sebenarnya, Anda dapat meningkatkan keterampilan yang Anda miliki, tentu saja tergantung dengan minat, kemampuan, bakat, kecukupan dana dan kesesuaian target karir. Tetapi, mengingat ketidakpastian ekonomi seperti sekarang maupun masa mendatang, maka lebih baik Anda mengutamakan untuk memiliki keterampilan yang berguna untuk peningkatan karir Anda dalam waktu dekat. Berikut ini adalah 8 keterampilan yang paling dicari saat ini, yang telah di rangkum dari berbagai sumber.
1. Keterampilan bahasa asing
2. Keterampilan teknis tentang mesin
3. Keterampilan dalam mengelola sumber daya manusia
4. Keterampilan di bidang pemrograman computer
5. Keterampilan mengajar
Apa itu organisasi & sebutkan elemen2nya…
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
Elemen elemennya :
- Nilai & Misi
- Misi
- Aturan
- Profesionalisme
- Sumber Daya
- Rencana Kerja
- Insentif
- Misi
- Aturan
- Profesionalisme
- Sumber Daya
- Rencana Kerja
- Insentif
Week 6
No comments:
Post a Comment