Sponsor

Tuesday 31 December 2013

Ada Serangan Bom Bunuh Diri, Rusia Janji Tingkatkan Keamanan Jelang Olimpiade Sochi



Aksi bom bunuh diri oleh seorang perempuan di stasiun kereta api Volgograd, Rusia, Minggu (29/12/2013), menewaskan 16 orang. Rusia menyatakan peningkatan keamanan di seluruh stasiun dan bandara utama di negara itu.

"Langkah-langkah ini melibatkan polisi dalam jumlah lebih besar dan pemeriksaan penumpang yang lebih rinci (di stasiun dan bandara)," kata seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri Rusia kepada kantor berita Interfax.

Pemerintah Rusia telah berulang kali berjanji akan mengambil tindakan pengamanan tertinggi di Sochi dan sekitarnya. Sochi akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin pada 7 sampai 23 Februari 2014. Sochi berjarak 690 kilometer dari Volgograd, dulu bernama Stalingrad.

Serangan bom bunuh diri oleh perempuan yang dikenal di Rusia sebagai "janda hitam" telah kerap terjadi selama 14 tahun pemerintahan Presiden Vladimir Putin. Pada Maret 2010, misalnya, aksi bom bunuh diri menewaskan lebih dari 35 orang di Stasiun Metro Moskwa.

Lalu, pada 2004, aksi serupa menewaskan lebih dari 90 orang ketika bom meledakkan dua pesawat penumpang yang hanya berselang menit lepas landas dari Bandara Moskwa. Serangan dengan jumlah korban besar berikutnya, terjadi pada Januari 2011, ketika bom bunuh diri menewaskan 37 orang di Bandara Domodedovo, Moskwa.

No comments: