Sponsor

Friday 2 August 2013

pengertian manajement


  1. silahkan klik link ini :
  2. http://adf.ly/bVpji 
  3. untuk download fil ms.word pengertian manajemen dan badan usaha
  4. Manajemen Umum
1.       Manajemen sebagai ilmu
1.       Prof dr mr s prajudi atmusudirdjo manajemn adalah menyelnggarakan sesuatu dengan menggerakan orang – orang ,uang ,mesin – mesin dan alat – alat sesuai dengan kebutuhan.
2.       Dr. Sondang p siagian mpa manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan – kegiatan orang lain
3.       Drs karnadi wargasasmita manajemen adalah mngatur,mengurus,memimpin mengawasi  pekerjaan – pekerjaan ke arah tujuan usaha
4.       Drs the liang gie manajemen adalah proses yang menggerakan tindakan – tindakan dalam usaha kerja sama manusia ,sehingga tuujuan yang telah ditentukan benar – benar tercapai
Beberapa definis manajemen yang dikemukan oleh sarjana – sarjana barat antara lain :
1.       Webster’s dictionary manajemn adalah tindakan mengendalikan ,kecakapan dalam menjuruskan administrasi (managment is the act of managing,skill in the directing administration)
2.       Horld koontz dart o’donnell manajemen adalah penyelesaian pekerjaan melalaui kegiatan – kegiatan dari pda orang lain,(management is getting thing done through the effort of other people)
3.       John d millet manajemen adalah proses pembimbingan dan penyediaan fasilitas – fasilitas kerja terhadap orang – orang yang tergabung dalam suatu organisasi resmi untuk mencapai suatu tujuan .(managment is the process of directing and fasilitating the work of people organized in formal groups to archives a desired goal)
4.       George r terry manajemen adalah pencapaian tujuan yang di tetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain . managment is the accomplishing of a predetermined objective through the effort of other people)
5.       Frederick w taylor
Beliau mengemukakan empat perinsip manajmen penting yaitu :
a.       Pengembangan metode kerja terbaik
b.      Pemilihan serta pengembangan – pengembangan pekerja
c.       Usaha menghubungkan metdoe kerja dengan pekerja yang terpilih dan terlatih
d.      Adanya kerja sama anatar manajer dan non manajer ,kerja sama melalui pemabagian kerja dan tanggung jawab manajer untuk merencanakan pekerjaan
6.       Henry fayol
Ia menekankan pada pandangannya tentang manajeman sebagai suatu hal yang terdiri dari fungsi – fungsi.
Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa ‘manajemn adalah suatu seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian penyusunan ,pengarahan dan pengawasan dari pada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan terlebih dahulu atau sebelumnya.’
2.       Unsur – unsur manajemen
Unsur manajemen (tools of manajemn )tersebut terdapat 6 unsur yaitu :
1.       Man (tenaga kerja manusia)
2.       Money (uang yang diperlukan untuk mencapai tujuan)
3.       Mathodes (cara kerja atau sistem kerja yang di gunakan untuk mencapai tujuan)
4.       Materials (bahan – bahan yang diperlukan)
5.       Machines (mesin – mesin yang diperlukan untuk mencapai tujuan)
6.       Market (pasar atau pemasaran sebagai tempat untuk meperjualbelikan hasil produksi)
3.       Tingkatan manajemen
Menurt tingkatannya manajemn dapat dibedakan menjadi 3 tingkatan yaitu
1.       Top managment ( manajement puncak)
2.       Middle manajement (manajement menengah)
3.       Lower manajemnt (manajement bawah)
B.      Perinsip dan fungsi manajement
1.       Perinsip manajement
Satu – satunya yang membahas mengenai perinsip – perinsip manajemn adalah henry fayol terdapat 14 perinsip manajement diantarnya : pemabgain kerja (disition of labour),kekuasaan (wewenang)dan tanggung jawab (authority and responsibility) disiplin (dicpline),kesatuan perintah (unity of command),kesatuan arah (unity of direction )kepentingan individu harus berada di bawah kepentingan umum (subordinate of individual interest to general interest ),pembayaran upah yang adali(remuneration of personal),pemusatan (sentralisation)rantai skala (schalar chain (line of authority )tata tertib (order,keadilan (equity),stabilitas pegawai (stabilitas of tenrue of personal),inisiatif (initiative)dan jiwa kesatuan (espirits de corps)
2.       Fungi – fungsi manajemen
No
Nama ahli
Judul buku
Fungsi – fungsi manajement
1
Henry fayol
General and industrial managmnet
1.       Planning (perencanaan)
2.       Organizing (pengorganisasian)
3.       Commanding (pemberian komando)
4.       Cordianting (pengkordinasian)
5.       Controling (pengawasan)
2
Harold koontz dan o donnel
Perinciples managment
1.       Planning (perencanaan)
2.       Organizing (pengorganisasian)
3.       Stafing (penempatan tenaga kerja)
4.       Directing (pemberian pengarahan )
5.       Controling (pengawasan)

3
George of terry
periciple managmnet
1.       Planning (perencanaan)
2.       Organizing (pengorganisasian)
3.       Actuating (penggerakan)
4.       Controling (pengawasan)


4
Dr.sondang p siagian
Filsafat administrasi
1.       Planning (perencanaan)
2.       Organizing (pengorganisasian)
3.       Motivating (pemberian motivasi)
4.       Controlling (pengawasan)
5.       Evaluating (penilaian)

5
Prof dr winardi se

1.       Planning (perencanaan)
2.       Organizing (pengorganisasian)
3.       Coordinating (pengkordinasiaan)
4.       Leading (kepemimpinan)
5.       Comunication (komunikasi)
6.       Controling (pengawsan)


6
Drs the liang gie
Ilmu adminstrasi
1.       Perencanaa
2.       Pembuatan keputusan
3.       Pembimbingan
4.       Pengkordinasiaan
5.       pengendalian
1.       planning (perencanaan ) adalah kegaiatan yang berhubungan dengan waktu untuk mencapai tujuan
suatu rencana yang baik harus berpedoman pada 5w dan 1 h yaitu :
a.       what artinya tindakan apa yang harus dikerjakan
b.      why artinya apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan
c.       where artinya dimanakah tindakan itu dilakasanakan
d.      when artinya kapan tindakan itu dilaksanakan
e.      who artinya siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu
f.        how artinya bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu
2.       organizing (pengorganisasian ) adalah kegiatan yang berhubungan dengan mengatur manusia atau karyawan atau pengawal
struktur organisasi
dalam penyusunan struktur organisasi dikenal beberapa jenis hubungan yaitu
a.       struktur organisasi lurus ( line relation )
merupakan struktur organisasi yang paling sederhana dan yang paling tua dalam struktur organisasi garis ini laran tugas dan tanggung jawab terlihat dengan jelas dengan arah vertikal artinya wewenng mengalir dari atas ke bawah ,sedangkan tanggung jawab dari bawah ka atas
kelebihan
Kekurangan
1.       adanya kesatuan perintah karena kepemimpinan berada di tangan satu orang
2.       proses pengambilan keputusan dilakukan dengan cepat
3.       tingginya rasa solidaritas dan kekeluiargaan antar karyawan
4.       pembagian kerja jelas
1.       pemimpian yang mempunyai tugas dan tanggung jawab berat
2.       kelangsungan hidup organisasi tergantung pada satu orang pemimpin
3.       pemimpin cenderung bertindak otokrasi
4.       sistem kerja bersifat individual
5.       terbatasnya karyawan untuk berkembang
6.       cenderung terjadi kesalahan karena pemimpin tidak serba bisa
b.      sturktur organsasi fungsional atau staf (staf relation )
organisasi fungsional atau satf bermula diciptakan oleh fw taylor dimana segelintir pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas,sebab setiap atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan ,sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut
kelebihan
Kekurangan
1.       adanya spesialisasi pekerjaan
2.       pembagian kerja jelas
3.       kordinasi mudah dijalankan
4.       sudah memiliki tenaga ahlinya dibidangnya

1.       pemimpin tidak mempunyai bawahan yang jelas
2.       keterampilan karyawan terbats pada satu bidang
3.       koordinasi menyeluruh susah di lakasanakan
4.       karyawan bersifat indiovidual
c.       struktur organisasi garis dan staff
pada bentuk organisasi garis dan staff terdapat satu atau beberapa orang staff yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu ,yang tugasnya memberi nasehat dan saran dalam bidangnya kepada pimpinan di dalam organisasi tersebut.
kelebihan
Kekurangan
1.       dapat dipakai oleh organisasi besar
2.       keputusan bisa dipertanggung jawabkan
3.       pembagian jelas antara lebaga garis dan staff
4.       perinsip the right man on the right place dapat di terapkan
1.       membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak
2.       karyawan cenderung tidak saling mengenal
3.       kurangnya solidaritas karyawan
4.       sulit dilakukan kordinasi


3.       actuating (pergerakan ) adalah menempakan semua anggota agar kerja secara sadar untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetatpkan sesuai dengan perencanaan dengan pola organisasi atau dengan kata lain pergerakan artinya kegiatan yang berhubungan dengan memotivasi atau memberi semangat pada akryawaan atauy pegawai kegiatan actuating meliputi : directing,comm Nding,motivating,stafiing,dan leading
4.       controling (pengawasan) adalah proses penentuan apa yang akan di capai (standart)apa yang sedang di hasilkan ,menilai pelaksanaan dan bila mana perlu mengambil tindakan korektif sehingga pelaksanaan dapat berjelan menurt rencana yaitu sesuai dengan standart atau dengan kata lain pengawasan adalah kegiatan yang berhubungan dengan mengendalikan setiap pekerjaan serta melakukan tindakan koreksi proses pengawasan dapat dilakukan melalui : mengukur hasil pekerjaan,membandingkan hasil pekerjaan dengan standrt dan mengkoreksi yang tidak dikhendaki dengan tindakan perbaikan
C.      bidang – bidang manajemen umum
1.       manajemn produksi adalah pelaksanaan kegiatan manajerial seperti planning (perencanaan ),organizing (pengorganisasian),actuating (pergerakan)dan controling (pengawasan) terhadap sistem sistem produksi dengan tujuan agar produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien
2.       manajement pemasaran ( marketing amanajemnt adalah penerapan fungsi – fungsi manajemn dalam kegiatan penciptaan dan penyerahan barang atau jasa kepada konsumen atau masyrakat agar dapat memperluas bagi kemajuan suatu perusahaan atau industri
3.       manajemnt personalia atau manajemen sumber daya manusia adalah seni dan ilmu dalam pernecanaan ,pengorganisasian,penggerakan dan pengawasan dalam hal pengadaan dan pengembangan ,pemberian kompensasi ,pengintegrasian dan pemeliharaan tyerhadap sumber daya manusia secara terpedu untuk mecapai tujuan organisasi
4.       manajemn keuangan adalah aktivitas dari pada fungsi manajemn untuk menyediakan segala kebutuhan finansial yang berkaitan dengan operasional perusahaan dan organisasi
5.       manajemn adminstrasi dan akuntansi adalah cara mengajukan informasi mengenai administarsi atau akuntansi sedemikian rupa sehingga dapat membantu manajemnt dalam menentukan garis 0 garis kebijaksanaan dan operasional sehari – hari pada suatu usaha

No comments: