Sponsor

Thursday 2 August 2012

cara / tehnik menuliskan skrip php

Menuliskan Skrip
Dalam membuat program PHP, maka yang dibutuhkan adalah memulai dengan start  tag  dan  end  tag,  yaitu  perintah awal  dan  perintaakhir.  Ada beberapa cara bagaimana untuk menuliskan start tag dan end tag:
    <? Skrip PHP Anda letakkan disini ?>
    <?php Skrip PHP Anda letakkan disini ?>
    <% Skrip PHP Anda letakkan disini %>
    <SCRIPT language=”php> Skrip PHP Anda letakkan disini </SCRIPT>

Adapun  kriteria  yang  harus  diperhatikan  dalam  penulisan  skrip  PHP
adalah sebagai berikut:
1Setiap  halaman  yang  mengandung  skrip  PHP  harus  disimpan  dengan Ekstensi PHP sesuai dengan program PHP yang mendukungnya, contoh: nama_file.php
2Setiap skrip PHP harus didahului dengan pembuka PHP (<?php, dll) dan kemudian diakhiri dengan penutup (?>).
3. Setiap baris skrip isi harus didahului pernyataan cetak. Didalam PHP pernyataan cetak dibedakan menjadi dua yaitu print dan echo, adapun criteria penulisannya sebagai berikut:

printf ( Isi data ”); printf ( isi data ); echo isi data ; echo isi data




4Setiap  akhir  baris  di  akhiri  dengan  titik  koma  (;).  Misalkan  kita  akan menuliskan AMIK Bina Sarana Informatika, maka perintah yang harus ditulis adalah :

<?
echo "AMIK Bina Sarana Informatika";
?>

5.  Semua bentuk variabel harus diawali tanda dolar ($). Sebagai contoh kita akan menuliskan perintah nama sebagai variabel yang isinya AMIK Bina Sarana Informatika

<?php
$nama =AMIK Bina Sarana Informatika;
echo Nama saya adalah $nama;
?>

6.  Penulisan  keterangadidahului  dengan  tanda  pembuka  (/*)  dan  diakhiri tanda (*/). Contoh penulisan memberikan keterangan pada skrip:

<?php
/*  untuk  menuliskan komentar yang informasinya sangabanyak atau berbentuk kalimat panjang */
echo Nama saya AMIK Bina Sarana Informatika;
?>

Selain    menggunakan    tanda     (/*),     penulisan    komentar     juga     dapat menggunakan tanda slash ganda (//), tanda ini hanya digunakan untuk menuliskan pesan yang informasinya satu baris saja.

<?php
//untuk menuliskan komentar satu baris
echo Nama saya AMIK Bina Sarana Informatika;
?>

7.  Skrip HTML yang akan digabungkan dalam skrip PHP harus menghilangkan tanda petik ganda () dan dapat digantikan dengan tanda petik tunggalm () atau menghilangkannya. Contoh jika ingin memberi warna background pada halaman web, maka perintah yang digunakan dalam HTML adalah <BODY bgcolor=”#009966”>, kemudian jika diletakkan dalam program PHP, maka skrip tersebut menjadi <BODY bgcolor=#009966>. Contoh:

<?php
echo ”<BODY bgcolor=#009966>”;
echo Halo apa kabar?”;
?>






No comments: