Sponsor

Thursday 14 June 2012

Struktur Proposal Ide Bisnis


Page 1 ( cover )


Logo




JUDUL PROPOSAL IDE BISNIS








NAMA ANGGOTA KELOMPOK DAN NPM
















Nama Logo Campus
JANUARI 2010



page 2

Judul rencana bisnis
     Berisi tentang judul yang dapat mencakup tema dan tujuan dari bisnis yang diajukan, dapat memberikan kesan menarik, unik, dan khas.

page 3

1.   Executive Summary
     Merupakan penjelasan singkat mengenai isi proposal yang diberikan, maksimum satu halaman yang dapat mencakup semua isi proposal bisnis yang diajukan.
page 4 

2.   Rencana Bisnis
a. Penjelasan Singkat Tentang Bisnis
Merupakan penjelasan singkat tentang jenis bisnis yang diajukan, visi, misi, tujuan, dan maanfaat dari bisnis tersebut untuk pelaku bisnis , investor, dan masyarakat.

b.   Latar Belakang Singkat Bisnis ( kenapa anda membuat ide bisnis itu )
    Merupakan alasan tentang mengapa membuat bisnis tersebut, dapat dijelaskan dengan analisis kondisi sekitar yang berkaitan dengan bisnis tersebut.
c.    Visi dan Misi Perusahaan

    Merupakan penjelaskan tentang visi dan misi perusahaan yang bersangkutan dalam masa ke depan, yang ditujukan pula untuk meyakinkan investor dalam menanamkan modalnya.

d.   Analisis SWOT Bisnis ( pada ide bisnis anda )
    Merupakan penjelasan mengenai SWOT akan bisnis yang dilaksanakan. SWOT dapat dijelaskan dari berbagai sisi, misal marketing, finance, atau operation, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnis yang diajukan.

e.   Struktur Organisasi
Merupakan daftar pengurus perusahaan inti, dapat dijelaskan dengan menggunakan organization tree dan juga penjelasan tentang job description dari masing-masing jabatan.

f.     Analisis Pasar ( untuk ide bisnis anda )
          Merupakan analisa market, penggambaran singkat tentang 4Ps, STP, SWOT, dan analisa kompetitor.

g.   Analisis Produksi
          Merupakan analisa flow produksi dari bahan mentah sampai bahan jadi. Atau dapat berupa proses bisnis, dapat pula digambarkan dengan menggunakan flow process chart atau chart lain yang dibutuhkan, disertakan dengan penjelasannya.
h.   Analisa Resiko Bisnis
          Merupakan analisa tentang resiko yang ditimbulkan dari bisnis tersebut disertakan pula dengan penjelasan, dampak positif, dan negatif dari resiko dari bisnis yang diajukan.

i.     Strategi Bisnis
          Merupakan penjelasan mengenai strategi yang dapat dipakai dalam penjualan atau pemasaran produk bisnis yang diajukan.

j.     Proyeksi Keuangan dan Sumber Pendanaan
          Merupakan proyeksi modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut, dan sumber pendanaan yang bisa diajukan. Juga ditambahkan berapa return yang diperoleh dalam membiayai bisnis tersebut.

k.   Rencana Aktivitas dan Penjadwalan
     Merupakan rencana aktivitas dari awal rencana bisnis itu dijalankan sampai beroperasi (workflow) dan juga disertakan timeline-nya.













No comments: