Sponsor

Sunday 20 May 2012

cara mengaktifkan NIC yang didsable



Menghubungkan komputer kes wi tch
Tahap ini sangat mudah, kabel UTP yang sudah dipasangiconnector RJ-45, satu sisi Anda masukkan keport RJ-45 padaswitch (biasanya bunyi klik jika terpasang dengan benar), dan sisi lainnya Anda masukkan keport RJ-45 pada NIC yang telah terpasang di komputer. Jikaswitch dan komputer sudah dinyalakan, Anda akan melihat lampu indikator padaswitch atau NIC pada komputer menyala.
Konfigurasi alamat IP (Internet Protokol)
Setelah Anda menghubungkan seluruh komputer keswitch dengan kabel, Anda perlu memberikan alamat IP pada tiap-tiap komputer agar dapat saling berkomunikasi atau berada dalam jaringan lokal (Local Area Network, disingkat LAN). IP harus unik atau tidak boleh ada alamat IP yang sama dalam satu jaringan. Untuk lebih memahami tentang IP saya sarankan Anda membacanya di buku jaringan, saya tidak akan menjelaskan sama sekali mengenai IP.
Saya menganjurkan menggunakan IP yang umum digunakan untuk jaringan lokal, yaitu IP yang diawali 192.168.x.x dengan subnet mask 255.255.255.0. Contoh saya menggunakan alamat IP 192.168.0.1 untuk komp. A dan alamat IP 192.168.0.2 untuk komp. B, dst. Tiga bagian alamat IP (pada contoh ini 192.168.x), nilai x harus selalu sama, jika Anda menggunakan 0 (nol) gunakan nol untuk alamat IP setiap komputer. Tidak boleh komputer A diberi 192.168.0.1 kemudian komputer B 192.168.1.2, akibatnya mereka tidak dapat saling berkomunikasi.
Untuk memberikan alamat IP pada NIC komputer, melaluiSta rt >Con tro l
Panel> Network Connectrions klik kanan pada ikon NIC Anda seperti gambar
dibawah. Kemudian klikPr oper ties.
Gambar NIC yang terinstall di komputer.
Setelah muncul window Local Area Connection Properties seperti terlihat pada gambar dibawah. Arahkan kursor ke item Internet Protocol (TCP/IP) kemudian klik tombolPr oper ties.
Gambar Properties pada NIC.
Pada window Internet Protocol (TCP/IP) Properties (seperti terlihat pada gambar dibawah). Arahkan posisi tombol radio ke “Use the following IP address”, Kemudian isikan baris IP address dengan 192.168.0.2 (terserah Anda) dan baris
Subnet mask dengan 255.255.255.0 (biasanya secara otomatis akan diisikan oleh
Windows). Untuk baris lainnya abaikan saja, Anda belum memerlukannya saat ini.
Setelah itu klik tombolO K.Gambar window IP properties.
Terakhir tekan tombolOK lagi pada window Local Area Connection
Properties. Tunggu prosesnya selesai, pada Windows XP biasanya tidak
diperlukan merestart komputer jika mengubah alamat IP, sedang pada keluarga Windows 9x biasanya Anda diminta merestart komputer. Anda aka melihat gambar komputer kecil pada taskbar di pojok kanan bawah (seperti gambar dibawah), gambar tersebut merupakan indikator proses mengirim dan menerima data oleh komputer.
Gambar indikator NIC, indikator menyala saat terjadi proses kirim dan terima data.
 
Jaringan komputer Peer to Peer (PC to PC) adalah jaringan komputer yang hanyamenghubungkan dua komputer dimana kedua komputer bisa menjadi server maupunclient, jadi tidak ada perbedaan antara client dan server. Dalam pemasangan JaringanPeer to Peer anda tidak perlu memakai hub karena dalam tipe jaringan dua komputer (PCto PC) ini dapat langsung dihubungkan dengan 1 kabel UTP.Sebagai catatan untuk membuat jaringan komputer peer to peer kabel UTP yang dibuatharus dengan Crossover / Crossline karena jika menggunakan Straight Through kabelLAN dianggap tidak terkoneksi (a network cable is unplugged) kecuali jika Ethernet atauLAN Card yang anda gunakan sudah support dengan straight through.Untuk membuat kabel jaringan Crossover / Crossline sebagai berikutSiapkan senjata yang dibutuhkana. Kabel UTP
Spoiler
for 
pic
:b. Konektor RJ-45
Spoiler
for 
pic
:c. Crimping Tool
Spoiler
for 
pic
:d. LAN Tester 
Spoiler
for 
pic
:
 
Perlu agan 2 ketahui bahwa kabel UTP memiliki 4 pasang kabel kecil di dalamnya yangmemiliki warna berbeda. 4 pasang kabel itu adalah :Pasangan 1 : Putih/Biru dan Biru,Pasangan 2 : Putih/Oranye dan Orange,Pasangan 3 : Putih/Hijau dan Hijau,Pasangan 4 : Putih/Coklat dan CoklatProses pembuatan :Urutan pemasangan : Salah satu sisi kabel dibuat sesuai dengan standar “StraightThrough”, sedangkan sisi kabel lainnya, dilakukan “Cross-Over”, yaitu :Pin 1 : Putih/HijauPin 2 : HijauPin 3 : Putih/OranyePin 4 : BiruPin 5 : Putih/BiruPin 6 : OranyePin 7 : Putih/CoklatPin 8 : CoklatLangkah-langkah pemasangan kabel UTP pada konektor RJ45 :1. Kupas jaket dari kabel UTP dengan menggunakan crimping tool atau alat pengupaskabel khusus.
Spoiler
for 
cek 
:2. Pisahkan empat lilitan kabel UTP menjadi delapan bagian, setelah itu luruskan tiap-tiap kabel agar dapat mudah dipotong.
Spoiler
for 
cek 
:3. Susunlah urutan warna sesuai dengan konfigurasi crossover dan sesuaikan ujung kabelyang akan dipotong dengan konektor yang akan dipasang.
Spoiler
for 
cek 
:4. Gunakan tang pemotong atau crimping tools, potonglah ujung kabel secara rata agar kabel mudah dimasukan ke lubang konektor 
Spoiler
for 
cek 
:5. Masukkan ujung kabel yang telah dipotong ke lubang konektor RJ-45 secarabersamaan, kemudian jepit konektor dengan menggunakan crimping tool agar konektor terkunci.
Spoiler
for 
cek 
:6. Lakukan tes dengan LAN Tester, jika semua lampu indikator menyala berarti semuabagian kabel sudah terpasang dengan benar.
 
Setelah pembuatan kabel crossover selesai silahkan hubungkan ke kedua komputer, lalusetting masing-masing IP komputer dengan caraSetelah pembuatan kabel crossover selesai silahkan hubungkan ke kedua komputer, lalusetting masing-masing IP komputer dengan cara :Buka network connection (dari windows explorer klik kanan My Network Places ->Properties).Klik kanan Local Area Connection, lalu pilih Properties -> Double klik Internet Protocol(TCP/IP).IP Address komputer 1 : 192.168.0.11 – Subnet Mask 255.255.255.0IP Address komputer 2 : 192.168.0.22 – Subnet Mask 255.255.255.0
Spoiler
for 
cek 
:agan dapat melakukan ping terhadap komputer 2 melalui komputer 1 di DOS lewat Start-> Run -> ketik cmd -> lalu ketik ping 192.168.0.22Jika komputer 2 ingin melakukan ping komputer 1 caranya sama tinggal ganti dengan IPaddress komputer 1.Ping ini fungsinya untuk mengetahui berhasil tidaknya transfer data dari jaringan peer topeer yang telah kita buat tadi.Selain ping komputer 1 bisa membuka komputer 2 secara langsung di address bar windows explorer dengan mengetikan \192.168.0.22 begitupun sebaliknyaOke proses Membuat Jaringan Peer to Peer (PC to PC) selesai sampai di sinijika ingin terkoneksi ke internet cukup centang setingan pada komputer yang terkoneksiinternetnetwork -> properties -> advanced -> centang yang dilingkari merahatur IP pada 2 komputer yang di per menjadi IP dinamic jangan static
Spoiler
for 
cek 
:selamat mencoba


No comments: