Sponsor

Saturday, 19 November 2011

tugas Soft skill week 1 - 10


Pengantar Bisnis
(Week 1)







 fvx



Di susun oleh














Nama Kelompok :
[1EB19]


1.      Bagus Fardianto (21211365)
2.      Rachmat Suharjana (25211711)
3.      Maxy Ridzka Herdiyana (24211370)
4.      I Made Indra Sanjaya (23211421)
5.      Alpriyadi Pratama Sidik (28211769)

 
 














Fakultas Ekonomi 2011
Gunadarma University

















 
(Week 1)


Apa makna Bisnis, dan jelaskan masksud dari Bisnis tersebut

            Pengertian Bisnis itu sendiri adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia, organisasi, atau masyarakat luas yang ada di sekitar kita. Di satu sisi Bisnis bisa bertujuan untuk tukar menukar barang serta jasa dengan alat pembayaran yang saling memberikan keuntungan pada kedua pihak. Dari sini kita mengetahui betapa pentingnya bisnis dalam kehidupan sehari hari demi memenuhi serta memuaskan hidup kita.
            Makna Bisnis itu sendiri yaitu “The Buying and selling of goods and services”. Adapun dalam pandangan Atraub dan Attner (1994), bisnis tak lain suatu organisasi yang menjalankan aktivitas produksi dan penjualan barang-barang dan jasa-jasa yang diinginkan oleh konsumen untuk memperoleh profit. Barang yang dimaksud adalah suatu produk yang secara fisik memiliki wujud (dapat dilihat dengan indra), sedangkan jasa adalah aktivitas-aktivitas yang memberi manfaat kepada konsumen atau pelaku bisnis.

Terangkan Bagaimana munculnya Bisnis

Dalam jaman masyarakat “primitive” saja bisnis sudah ada. Lalu setelah masyarakat primitive, muncul masyarakat “Barter”. Yang dimaksud di sini adalah masyarakat yang suka saling tukar menukar barang dengan uang. Karena masyarakat tidak merasa puas dan ingin melakukan yang lebih baik lagi dari sebelumnya, maka muncul lah masyarakat “spesialis/horizontal & diferensiasi/vertical”. Setelah itu muncul kembali masyarakat “alat pembayaran dengan uang”. Bisa di katakan pola piker ini yang dipakai oleh masyarakat modern pada saat ini.

Masyarakat “Primitif
 
Skema :
           

















Sebutkan dan beri contoh jenis dari pada Bisnis

1.Berdasarkan Kegiatan :
·         Bisnis Ekstraktif
Bisnis yang bergerak dalam jenis kegiatan pertambangan atau menggali bahan-bahan tambang yang terkandung dalam perut bumi.
Contohnya adalah pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan, peternakan, pertambangan (Pertamina, Petronas), dan lain lain.
·         Bisnis Agraris :
Bisnis yang bergerak di bidang pertanian (termasuk pula pertanian, peternakan dan perunggasan), perkebunan serta kehutanan.
Contohnya adalah Peternakan ayam petelur, Penakaran lobster air tawar, Peternakan sapi dan lain-lain.
·         Bisnis Industri
Bisnis yang bergerak di bidang industri manufacturing.
Contohnya adalah indutri tekstil garmen, mesin-mesin, mebel, pesawat terbang, mobil, sepeda motor, kapal laut maupun pabrik kertas, tapioca dan sebagainya.
·         Bisnis Jasa
Bisnis yang bergerak dalam bidang jasa yang menghasilkan produk-produk yang tidak berwujud.
Contohnya adalah jasa pendidikan, kecantikan, perbankan, kesehatan, penanggungan risiko, jasa pariwisata dan sebagainya.

2.Berdasarkan kegunaan atau manfaat :
·         Kegunaan bentuk (Form Utility)
Contohnya adalah SPBU, Supermarket, dan sebagainya.
·         Kegunaan tempat (Place Utility)
Contohnya adalah Warung masakan Padang, D’Cost, dan sebagainya.
·         Kegunaan waktu (Time Utility)
Contohnya adalah perusahaan susu kental manis (Indomilk)
·         Kegunaan Pemilikan (Possesion Utiity)
Contohnya adalah Perusahaan Batik Indramayu.

Sebutkan dan jelaskan yang dimaksud Sistem Ekonomi

1.     Sistem Perekonomian Pasar (Kapitalisme)
Adalah kebebasan dalam memiliki kekayaaan atau perusahaan bersaing dipasar, memilih serta membuat barang atau jasa. Kebebasan tersebut di sebut “Laissez Faire”. Buku Adam Smith yang berjudul “The teory of Sentiments” yang mempunyai sebuah kutipan yaitu ada sebuah tangan yang tidak kentara dalam persaingan “The Invisible Hand of Competition”.

2.     Sistem Perekonomian Perencanaan (Sosialisasi)
Adalah Bebas memilih usaha – ada campur tangan pemerintah pada usaha kepentingan masyarakat (Koperasi produksi/konsumsi, serikat kerja). Dalam system ini praktis kegiatan ekonomi sepenuhnya diatur dibawah kendali Negara.

3.     Sistem Perekonomian Fasisme
Adalah Bentuk pemerintahan diktaktor juga bentuk perekonomian dimana pemerintah memiliki semua industri yang disebut “Negara usaha”.

4.     Sistem Perekonomian Komunisme
Adalah ekonomi pemerintah totaliter, usaha ditentukan pemerintah untuk masyarakat untuk keseluruhan tidak ada kekayaan pribadi.

5.     Sistem Perekonomian Demokrasi Ekonomi
Perekonomian Indonesia cenderung sosialisme berdasarkan pancasila dan UUD 1945

Sebutkan Tujuan Kebijakan Bisnis

Tujuan dari kebijakan bisnis itu sendiri adalah :
1.     Melindungi usaha kecil dan menengah
Yang dimaksud di atas adalah Kebijakan ini berguna untuk mencegah usaha kecil tersingkir dan tidak mempunyai lahan atau wilayah untuk berusaha. Padahal usaha- usaha kecil ini, yang seharusnya dikembangkan sehingga bisa menjadi lebih besar dan mempunnyai daya saing terhadap usaha-usaha yang jauh lebih sukses.

2.     Melindungi lingkungan hidup sekitarnya
Yang dimaksud adalah tujuannya untuk tidak merusak atau memberi dampak negative terhadap lingkungan hidup sekitar wilayah tempat usaha tersebut. Tidak dibenarkan jika membuang limbah ke tempat yang dimanfaatkan oleh penduduk sekitar, seperti sungai. Sehingga lingkungan tersebut tercemar dan memberikan dampak penyakit pada masyarakat sekitar.





3.     Melindungi Konsumen
Yang dimaksud adalah usaha bisnis yang mementingkan pelayanan kepada konsumen. Konsumen adalah raja yang perlu dilindungi. Konsumen jangan sampai dirugikan atau dikecewakan oleh karena mengkonsumsi jasa atau barang yang diproduksi dari para pebisnis tersebut.

4.     Pendapatan Pemerintah
Bisnis yang beroperassi memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada pemerintah. Inilah yang sering kita sebut dengan devisa. Semakin banyak untung/laba yang diperoleh suatu uasaha bisnis, semakin besar pula ia harus membayar pajak Negara demikian sebaliknya. Devisa yang diperoleh tersebut digunakan lagi oleh pemerintah untuk melakukan pembangunan di tiap-tiap wilayah di Negara kita ini.


(Week 2)


Sebutkan apa saja faktor lingkungan internal serta eksternal dan berikan alasan baik faktor internal maupun eksternal yang dapat mempengaruhi kegiatan suatu perusahaan (Buatlah dengan 1 contoh kasus yang ada serta nyata)

            Faktor Lingkungan Internal (Khusus) :
1.     Penyedia
2.     Pelanggan
3.     Pesaing
4.     Tenaga kerja
5.     Modal
6.     Alat dan bensin
7.     Bahan baku
8.     System informasi

Lingkungan Internal adalah lingkungan organisasi yang berada di dalam organisasi tersebut dan secara normal memiliki implikasi yang langsung dan khusus pada perusahaan. Analisis lingkungan internal akan mencakup analisis mengenai sumberdaya, kapabilitas dan kompetensi yang dimiliki oleh perusahaan.
Sumber daya manusia sengaja dipisah karena sifatnya yang spesifik. Namun sumber daya yang mereka sumbangkan kepada perusahaan adalah ketrampilan, pengetahuan dan kemampuan dalam mengambil keputusan.
Kapabilitas adalah suatu kumpulan sumberdaya yang menampilkan suatu tugas atau aktivitas tertentu secara integratif. Menentukan kapabilitas suatu perusahaan didasarkan dua pendekatan yaitu pendekatan fungsional dan pendekatan rantai nilai (value chain).
Kompetensi Inti merupakan sekumpulan ketrampilan dan teknologi yang memungkinkan suatu perusahaan menyediakan manfaat tertentu kepada pelanggan.

            Faktor Lingkungan Eksternal (Umum) :
1.     Alam dan Ekologi
2.     Politik
3.     Hukum
4.     Perekonomian
5.     Pendidikan dan teknologi
6.     Social dan budaya
7.     Demografi
8.     Hubungan Internasional

Lingkungan Eksternal adalah suatu lingkungan dalam lingkungan eksternal organisasi yang menyusun faktor-faktor yang memiliki ruang lingkup luas dan faktor-faktor tersebut pada dasarnya di luar dan terlepas dari operasi perusahaan.

Sebutkan apa yang dimaksud dengan perusahaan dan berilah contohnya

            Pengertian dari perusahaan itu sendiri adalah suatu unit kegiatan produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi atau faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang atau jasa agar mamuaskan kebutuhan masyarakat dengan tujuan memperoleh keuntungan.
            Pengertian lain dari perusahaan adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusikan serta melakukan upaya-upaya lain dengan tujuan memuaskan kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan. Contoh perusahaannya adalah PT.Bridgestoneindonesia. perusahaan ini bergerak dalam bidang penjualan ban terbaik di dunia. Yang biasa dipakai oleh pembalap untuk memacu kendaraannya supaya lebih cepat dan memiliki acceleration yang tinggi. Tentunya keunggulan ini yang dimanfaatkan oleh konsumen seluruh dunia.


Sebutkan apa saja yang termasuk faktor produksi dan jelaskan masing-masing peruntukannya

            Faktor-faktor produksi yaitu :
1.     Manusia (men)   : Tenaga kerja dan Konsumen
2.     Uang (money)               : Modal usaha (kas & fisik)
3.     Material (materials)        : Tanah dan Sumber daya alam
4.     Metode (methods)         : Ide, inisiatif produktif, pengambilan keputusan, menanggung resiko.


Apa perbedaan & Beri contohnya Producer Oriented Approach dan Consumer Oriented Approach

Producer Oriented Approach (seller’s market) adalah produsen yang berorientasi pendekatan, maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.
Consumer oriented approach (buyer’s market) adalah konsumen yang berorientasi pendekatan, maksudnya membeli barang dan jasa yang di jual oleh produsen dari pasar.
           
Perbedaan Skema :











WEEK 3

Apa yang dimaksud dengan Bentuk Yuridis dan Lembaga Keuangan Bank & non Bank serta beri contohnya

Bentuk yuridis adalah bentuk perusahaan atau badan usaha berdasarkan kepemilikannya secara hokum adalah sebagai berikut :

-BUMN
-Perjan (Perusahaan jawatan)
-Perum (Perusahan Umum)
-Perusahaan perseroan
-BUMS
-Firma
-CV
Lembaga keuangan bank adalah lembaga yang menyediakan jasa keuangan bagi nasabahnya.badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan    menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Jenis lembaga keuangan perbankan (uu no 10 1998)
jenis bank umum :

  1. BPR
  2. prinsip usaha
  3. Konvensional
  4. Syariah

Lembaga keuangan non depositori atau sering juga disebut lembaga keuangan Non bank. Lembaga keuangan yang kegiatan usahanya bersifat kontraktual (contractual institutions) yaitu menarik dana dari masyarakat dengan menawarkan kontrak untuk memproteksi penabung terhadap risiko ketidakpastian misalnya polis asuransi, program pensiun. Kelompok lembaga keuangan kontraktual dapat disebut perusahaan asuransi dan dana pensiun.

Non bank :
  1. Leasing
  2. Asuransi
  3. Modal ventura
  4. Anjak piutang
  5. Pengadaian
  6. Dana pensiun
  7. Kartu kredit
  8. Pasar modal

Apa yang di maksud merger beri 2 contohnya, kartel, Joint Ventura

Merger adalah suatu keputusan untuk menggabungkan dua atau lebih perusahaan menjadi satu dalam perusahaan baru,dalam konteks bisnis,merger adalah suatu transaksi yang menggabungkan beberapa unit ekonomi menjadi satu unit ekonomi yang baru.
Contoh merger :
-          Merger vertikal : perusahaan masih dalam satu industri tapi beda level atau operasional.
Contohnya : restoran cepat saji menggabungkan diri dengan perusahaan peternakan ayam

-          Merger horizontal : perusahaan dalam satu industry membeli di perusahaan di level operasi yang sama.
Contohnya : pabrik mobil gabung dengan pabrik mobil

-          Merger konglomerasi : tidak ada hubungan industri pada perusahaan yang diakuisi.
Contohnya : perusahaan operator telepon seluler nirkabel bergabung dengan perusahaan makanan.

Kartel meupakan bentuk kerja sama anatra beberapa badan usaha yang memproduksi barang yang sejenis. Maksud dari pembentukan kartel adalah untuk mengurangi dan meniadakan persaingan di antara mereka, karenanya diadakan perjanjian. Isi perjanjian yang dibuat disesuaikan dengan maksud pembentukan kartel. Bentuk kartel meliputi kartel daerah, kartel produksi, kartel pembagian laba, kartel kondisi, dan kartel harga.

Joint venture merupakan kerja sama beberapa perusahaan yang berasal dari beberapa negara menjadi satu perusahaan untuk mencapai suatu konsentrasi kekuatan-kekuatan ekonomi yang lebih padat.
Ciri-ciri Joint Venture:
-          Merupakan perusahaan baru yang didirikan secara bersama-sama oleh beberapa perusahaan lain.
-          Modalnya berupa saham yang telah dipersiapkan oleh perusahaan pendiri dengan perbandingan tertentu.
-          Kekuasaan dan hal suara didasarkan pada banyaknya saham yang ditanam oleh masing-masing perusahaan pendiri.
-           Perusahaan pendiri Joint Venture tetap memiliki eksistensi dan kebebasan masing-masing.
-          Di Indonesia, Joint Venture merupakan kerja sama perusahaan domestik dengan perusahaan asing.
-          Resiko ditanggung secara bersama-sama antara masing-masing partner melalui perusahaan yang berlainan.

Jelaskan perbedaan antara Firma & CV serta PT & Yayasan

Firma adalah badan usaha yang dimiliki oleh paling sedikit dua orang dengan menggunakan nama bersama atau satu nama digunakan bersama. Dalam Firma semua anggota bertanggung jawab sepenuhnya, baik sendiri-sendiri maupun bersama terhadap utang-utang perusahaankepada pihak lainnya. Bila perusahaan mengalami kerugian, maka akan ditanggung bersama, kalau perlu dengan seluruh kekayaan pribadi. Jadi   kemajuan Firma dan semua resiko ditanggung bersama.

Kebaikan Firma:
-          Prosedur pendirian relatif mudah.
-          Mempunyai kemampuan financial yang lebih besar, karena gabungan  modal dimiliki beberapa orang.
-          Keputusan bersama dengan pertimbangan seluruh anggota firma, sehingga keputusan-keputusan menjadi lebih baik.

Kelemahan Firma:
-          Utang-utang perusahaan ditanggung oleh kekayaan pribadi para anggota firma.
-          Kelangsungan hidup perusahaan tidak terjamin, sebab bila salah seorang anggota firma keluar, maka firma pun bubar.
CV adalah badan usaha yang modalnya dimiliki oleh beberapa orang. Pemilik modal dalam CV disebut anggota. Para anggota mempercayakan uangnya untuk dipakai dalam persekutuan. para anggota persekutuan menyerahkan uangnya sebagai modal perseroan dengan jumlah yang  tidak perllu sama sebagai tanda keikut sertaan didalam persekutuan.

Dalam CV terdapat dua macam keanggotaan, yaitu sekutu komplementer  dan sekutu komanditer. Sekuti Komplementer adalah orang yang bersedianmemimpin pengaturan perusahaan dan bertanggung jawab penuh dengan    kekayaan pribadinya. Sedangkan sekutu komanditer adalah sekutu yang mempercayakan uangnya dan bertanggung jawab terbatas pada kekayaan yang diikut sertakan dalam perusahaan tersebut.


Jenis-jenis persekutuan komanditer (CV):
-          Persekutuan Komanditer murni, jika hanya terdapat satu orang sekutu komplementer.
-          Persekutuan Komanditer campuran, jika terdapat beberapa orang sekutu komplementer dalam persekutuan.
-          Persekutuan Komanditer bersaham, jika persekutuan mengeluarkan saham-saham, di mana baik sekutu komplementer maupun sekutu komanditer mengambil satu atau lebih saham.

Kebaikan Perseroan Komanditer :
-          Pendiriannya relatif mudah.
-          Modal yang dikumpulkan relatif banyak.
-          Kemampuan untuk memperooleh kredit lebih besar.
-          Manajemen dapat didiversifikasikan.
-          Kesempatan untuk berkembang lebih besar.

Kelemahan Perseroan Komanditer:
-          Tanggung jawab tidak terbatas.
-          Kelangsungan hidup tidak terjamin.
-          Sukar untuk menarik kembali investasinya.

Perbedaan PT dan yayasan adalah jika PT (Perseroan Terbatas) adalah badan usaha yang mencari keuntungan,sedangkan Yayasan tidak mencari keuntungan,didirikan untuk social

Sebutkan cara kerja Leasing, misalkan Leasing Motor
Cara kerja leasing motor adalah memberikan sewa motor, leasing pada akhir tenor kepada costumer diberikan pilihan apakah ingin dibeli apa menjadi milik perusahaan.

Week 4
Apa perbedaan kewiraswastawan, Wiraswasta, dan Wiraswastawan

Kewiraswastawan adalah kemampuan seseorang untuk beresiko dengan menginvestasikan dan mempertaruhkan uang,dan usaha untuk memulai suatu perusahaan dan menjadikannya berhasil.

Wiraswasta adalah suatu perusahaan atau bidang usaha yang dibangun oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

Wiraswastawan adalah seseorang yang mempunyai inovasi untuk menciptakan suatu bidang usaha atau perusahaan sendiri yang bertujuan menciptakan lapangan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


Apa yang di maksud Franchising, Franchisor, & Franchisee

Franchising adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak unuk menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan cirri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan syarat yang ditetapkan dalam rangka penyediaan barang atau jasa.

Franchisor adalah pemberi waralaba  badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan menggunakan hak atas kekayaan intelekual atau penemuan usaha yang dimilikinya

Franchisee adalah penerima waralaba badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan usaha yang dimilikinya


Sebutkan masing-masing 5 contoh Franchising dalam negeri untuk bidang Makanan, Jasa Kecantikan, dan Pendidikan

Contoh dari dari masing-masing bidang pada Franchising adalah :
1. Bidang Makanan :
-          KFC
-          MC Donalds
-          Texas Chicken
-          Sushi tei
-          Burger klenger

2. Bidang Jasa Kecantikan :
-          Rudi hadisuwarno salon
-          Sari ayu marha tilaar
-          Johny andrean salon
-          Natasya skin care
-          Johny danuarta salon
-           
3. Bidang Pendidikan :
-          EF (English First)
-          Yamaha music school
-          Wall Street
-          L.I.A
-          New concept


Jelaskan apa yang di maksud perusahaan kecil, beri 5 contoh yang ada di sekitar Kampus Gunadarma Kalimalang

Perusahaan Kecil adalah suatu usaha yang mempunyai jumlah tenaga kerja kurang dari 50 orang ,secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil/berskala kecil.

Contoh dari Perusahaan Kecil yang ada di sekitar kampus Gunadarma Kalimalang :
-          Kantin/warung makan
-          Foto copy
-          Warung rokok
-          Toko bunga
-          Warnet

Week 5

sebutkan apa  fungsi  manajemen  &  aplikasikan  pada diri anda  sebagai seorang mahasiswa  serta  apa  manfaatnya…

Fungsi mannagment sebagai berikut :

Henry fayol       :
 General and industrial managment :
·         Planning ( perencanaan )
·         Organizing ( pengorganisasian )
·         Commanding ( pemberi komando )
·         Coordinating ( pengkordinasian )
·         Controling ( pengwasan )

Harold koontz dan o’donnel :

Principles managment :
·         Planning ( perencanaan )
·         Organizing ( pengorganisasian )
·         Staffing ( penempatan tenga kerja )
·         Directing ( pemberian pengarahan )
·         Controling ( pengawasan )

George R Terry :

Perinciples managment :
·         Planning ( perencanaan )
·         Organizing ( pengorganisasian )
·         Actuating ( penggerakan )
·         Controling ( pengawasan )

Dr. Sondang p. Siagian :

Filsafat administrasi :
·         Planning ( perencanaan )
·         Organizing ( pengorganisasian )
·         Motivating ( pemberi motivasi )
·         Controling ( pengawasan )
·         Evaluating ( penilaian )

Prof dr.winardi SE
-
·         Planning ( perencanaan )
·         Organizing ( pengorganisasian )
·         Coordinating ( pengkordinasian )
·         Leading ( kepemimpinan )
·         Comunication ( komunikasi )
·         Controling ( pengwasan )

Drs .the liang gie :

Ilmu administrasi :
·         Perencanaan
·         Pembuatan keputusan
·         Pembimbingan keputusan
·         Pengkordinasian
·         Pengendalian

Planning ( perencanaan ) adalah kegiatan yang berhubungan dengan waktu untuk mencapai suatu tujuan :

Suatu rencana yang baik harus berpedoman pada 5w dan 1 H
What artinya tindakan apa yang harus dikejakan
Why apakah sebabnya tindakan itu harus di kerjakan
Where artinya dimanakah tindakan itu dilaksanakan
When artinya kapan tindakan itu dilaksanakan
Who artinya siapaka yyang akan mengerjakan tindakan
How artinya bagaimanakah caranya melakukan tindakan itu

Organining ( pengorganisasian ) adalah kegiatan yang berhubungan dengan mengatur manusia ,karyawan atau pegawai

Struktur organizing
Dalam penyusunan strktur organisasi di nkenal beberapa jenis hubungan yaitu :
Struktur organisasi garis ( line relation )
Merupakan setruktur organisasi yang paling sederhana dan yang paling tua. Dalam struktur organisasi ini aliran tugas dan tanggung jawab terlihat dengan jelas dengan arah vertikal ,artinya wewenang mengalir dari atas ke bawah ,sedang kan tanggung jawab dari atas ke bawah

Kelebihan :
Adanya kesatuan perintah karena kepemimpinan berada di tangan satu orang
Proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat
Tingginya rasa solidaritas dan kekluargaan antar karyawan
Pembagian kerja jelas

Kekurangan :
Pemimpin mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berat
Kelangsungan hidup organisasi tergantung pada satu orang pemimpin
Pemimpin cenderung bertindak otokrasi
Sistem kerja bersifat individual
Terbatas karyawan untuk berkembang
Terjadi kesalahan karena cenderung pemimpin tidak bisa

Struktur organisasi fungsionalatau staf ( staff relation )

Organisasi nfungsional atau staff bermula di ciptakan oleh fw.taylor dimana segelintir pemimpin tidak mempunyai bawahan yang jelas ,sebab setiap atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan ,sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut .

Kelebihan :
Adanya spesialisasi pekerjaan
Pembagian kerja jelas
Kordinasi mudah dijalankan
Sudah memiliki tenga ahli di bidangnya

Kekurangan :
Pemimpin tidak mempunyai bawahan yang jelas
Keterampilan karyawan terbats pada satu bidang
Kordinasi menyeluruh susuah dilaksanakan
Karyawan bersifat individual

Struktur organisasi garis dan staf
Pada bentuk organisasi garis dan staff ,terdapat satu atau beberapa orang staff ,staff yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu, yang tugasnya memberi nasehat dan saran dalam bidang pimpinan dalam organisasi tersebut


Kelebihan :

·         Dapat dipakai oleh organisasi besar
·         Keputusan bisa dipertanggungjawabkan karena ada keputusan ahli
·         Pembagian kerja jelas antara lembaga garis dan staff
·         Perinsip the right man on the right place dapat di terapkan
Kekurangan :

·         Membutuhkan tenga kerja yang cukup banyak
·         Karyawan cenderung tidak saling mengenal
·         Kurangnya solidartas karyawan
·         Suli dilakukan kordinasi

Actuating ( penggerakan ) adalah menempatkan semua anggota dari pada kelompok agar kerja secar sadar untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan perencanaan dan pola organisasi

Atau dengan akan kata lain penggerakan artinya kegiatan yang berhubungan dengan memotivasi atau membri semangat kepada karyawan atau pegawai.
Kegiatan actuating meliputi : dircting ,commanding, motvating, stafing, dan leading

Controling ( pengawasan )adalah proses penentuan apa yang akan di capai (standart) ,apa yang sedang di hasilkan  (pelaksanaan)  dapat berjalan menurut rencana yaitu sesuai dengan standart ,atau dengan kata lain pengwasan adalah kegiatan yang berhubungan dengan mengendalikan atau mengawasi setiap pekerjaan serta melakukan tindakan koreksi.

Proses melakukan pengwasan dapat dilakukan melalui  : mengukur hasil pekerjaan , membandingkan hasil pekerjaan dengan standart,dan mengoreksi penyimpangan yang tidak dikhendaki dengan tindakan perbaikan

·         Manfaat menerapkan fungsi management yaitu
·         Mahasiswa Dapat menentukan perencanaan kegiatan yang berhubungan dengan waktu untuk mencapai suatu tujuan
·         Mahasiswa dapat memotivasi atau memberi semangat melalui penggerakan semua mahasiswa dari pada kelompok mahasiswa  agar kerja secar sadar untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan perencanaan dan pola organisasi
·         mahasiswa dapat menetukan  apa yang akan di capai (standart) ,apa yang sedang di hasilkan  (pelaksanaan)  dapat berjalan menurut rencana yaitu sesuai dengan standart , kegiatan yang berhubungan dengan mengendalikan atau mengawasi setiap pekerjaan serta melakukan tindakan koreksi

Bagaimana  latar  belakang sejarah  manajemen…

Latar belakang sejarah manajemen
 latar belakang manajemen pangkal dari mana kita harus memulai, karena sejarah manajemen SM, sudah ada tanda-tanda adanya pengetahuan dan . Di zaman pra-sejarah, manusia mengkomunikasikan pikiran, pengetahuan, dan infrastruktur dan manajemen Dalam latar belakang sosial demikianlah telekomunikasi dan informasi . ILUSTRASI: IPS dan Humaniora (ekonomi dan manajemen, sejarah dan kebudayaan, bahasa dan pakar penelitian dan dosen berbagai perguruan tinggi negeri dengan latar belakang ilmu .
Mengacu dari latar belakang dan tujuan yang telah diuraikan


Sebut & jelaskan ciri2 ketrampilan yg dibutuhkan manajer profesional …

Keterampilan manajemen yang dibutuhkan
Seperti tiap orang yang ingin karirnya maju, masa depan karir Anda juga ditentukan oleh keterampilan yang Anda miliki dan dapat Anda “jual” pada perusahaan. Dan para pencari kerja dengan keterampilan yang diinginkan perusahaan pencari kerja itulah, yang akan lebih cepat mendapatkan pekerjaan.
Sebenarnya, Anda dapat meningkatkan keterampilan yang Anda miliki, tentu saja tergantung dengan minat, kemampuan, bakat, kecukupan dana dan kesesuaian target karir. Tetapi, mengingat ketidakpastian ekonomi seperti sekarang maupun masa mendatang, maka lebih baik Anda mengutamakan untuk memiliki keterampilan yang berguna untuk peningkatan karir Anda dalam waktu dekat. Berikut ini adalah 8 keterampilan yang paling dicari saat ini, yang telah di rangkum dari berbagai sumber.

1.       Keterampilan bahasa asing
2.       Keterampilan teknis tentang mesin
3.       Keterampilan dalam mengelola sumber daya manusia
4.       Keterampilan di bidang pemrograman computer
5.       Keterampilan mengajar

Apa itu organisasi & sebutkan elemen2nya…

Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
Elemen elemennya :

- Nilai & Misi

- Misi

- Aturan

- Profesionalisme

- Sumber Daya

- Rencana Kerja

- Insentif

Week  6

Jelaskan  perbedaan pasar  dengan  pemasaran …


Pasar adalah hubungan keseluruhan dari permintaan dengan penawaran terhadap barang atau jasa .

Dilihat dari hubungan antar pembeli dan penjual ,pasar dibedakan menjadi :

Pasar persaingan sempurna adalah : pasar dimana terdapat banyak penjual dan banyak pembeli untuk memperdagangkan barang yang homogeny.

Ciri – cirri pasar persaingan sempurna diantaranya :

Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak
Barang yang dijual bersifat homogeny
Terdapat kebebasan keluar masuk pasar ,baik bagi pembeli maupun penjual
Ada mobilitas barang ,sehingga pembeli dapat mnemperoleh barang dalam jumlah berapapun
Penjual dan pembeli memahami keadaan pasar yang sebenarnya

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana syarat – syarat persaingan tidak sempurna tidak terpenuhi. Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari :

·         Pasar monopoli adalah pasar yang terdapat satu pihak penjual yang menguasai
·         Pasar duopoly pasar yang terdapat dua pihak penjual yang menguasai
·         Pasar oligopli adalah suatu pasar yang terdapat beberapa penjual menguasai  ( 3- 10 penjual / produsen
·         Pasar persaingan monoplistis adalah pasar terdapat banyak penjual dalam suatu jenis  barang tertentu , tetapi tiap penjual memiliki cirri barang yang berbeda ( diferensiasi produk )
Sedangkan pemasaran :

Pemasaran adalah suatu system menyeluruh dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan


Berikan contoh masing-masing 5 untuk :

Jenis pasar industri :

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana syarat – syarat persaingan tidak sempurna tidak terpenuhi. Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari :
Pasar monopoli adalah pasar yang terdapat satu pihak penjual yang menguasai
Pasar duopoly pasar yang terdapat dua pihak penjual yang menguasai
Pasar oligopli adalah suatu pasar yang terdapat beberapa penjual menguasai  ( 3- 10 penjual / produsen
Pasar persaingan monoplistis adalah pasar terdapat banyak penjual dalam suatu jenis  barang tertentu , tetapi tiap penjual memiliki cirri barang yang berbeda ( diferensiasi produk )

Contoh :

hypermarket,
pasar swalayan (supermarket),
minimarket.





Pasar penjual :

pasar Beringharjo di Yogyakarta,
pasar Klewer di Solo,
pasar Johar di Semarang.


Apa  yg dimaksud konsep  inti  pemasaran…

Konsep inti pemasaran adalah pembagian – pembagian yang terdapat dalam suatu kegiatan  dalam pemasaran yang merupakan inti atau hal yang sering berkaitan / berhubungan  dari suatu kegiatan tersebut dari pada pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.

Sebut dan jelaskan  4 variabel  bauran promosi…

Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
Advertising ( periklanan ) : bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide, barang dan jasa yang dibiayai oleh sponsor tertentu bisa melalui iklan media masa yang ada atau iklan luar ruangan seperti pemasangan billboard, spanduk, dan poster.
Personal Selling ( tenaga penjualan individu ) : komunikasi langsung ( tatap muka ) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan
Sales Promotion ( promosi penjualan ) : promosi penjualan meliputi beberapa kegiatan komunikasi yang mencoba untuk memberikan nilai tambah atau insentif kepada konsumen, atau pelanggan organisasi lain untuk merangsang penjualan langsung
Direct Marketing ( pemasaran langsung ) : suatu system pemasaran dimana organisai tersebut berkomunikasi langsung dengan target konsumennya untuk mendapatkan respon atau transaksi.

Sebutkan beberapa alternatif  sistem  pemasaran …

Sistem pemasaran dengan saluran vertical
Sistem pemasaran dengan saluran horizontal
Sistem pemasaran dengan saluran ganda

Week  7.

Sebutkan faktor – faktor penunjang perkembangan  manajemen  produksi…

Faktor Internal : Penyedia , Pelanggan, Pesaing, Tenaga kerja, Modal, Alat dan mesin, bahan baku, sistem informasi
Faktor  eksternal : alam dan ekologi, politik, hukum, perekonomian, pendidikan dan tehnologi, sosial dan budaya, demografi, hubungan internasional

Sebutkan arti  produksi dan beri  5 contohnya…

Produksi adalah segala kegiatan untuk menciptakan atau menambah guna atas suatu benda yang ditunjukkan untuk memuaskan orang lain melalui pertukaran
Contoh : produksi Sandal high heels, produksi jaket, produksi tas ransel, produksi tas pinggang, produksi sepatu bola


Apa yg dimaksud dengan proses produksi terus menerus dan Beri 5 contohnya  …

Proses produksi terus-menerus atau disebut juga jangka panjang ( long run )  adalah proses produksi barang atas dasar aliran produk dari satu operasi ke operasi berikutnya tanpa penumpukan disuatu titik dalam proses.
Contoh : Industri kertas , industri texstil , indusri garmer, industri karet, industri senjata

Sebut dan jelaskan 4 macam pengambilan keputusan…

Pengambilan keputusan terprogram : suatu respons otomatik terhadap kebijaksanaan kebijaksanaan yang telah ditetapkan sebelumnya,
Pengambilan keputusan tidak terprogram : proses proses pengambilan keputusan untuk menjawab masalah masalah yang kurang didefiniskan,
Pengambilan keputusan tingkat strategis : keputusan yang menetapkan rencana jangka panjang yang akan mempengaruhi keseluruhan organisasi,
Pengambilan keputusan tingkat taktis : berhubungan dengan kegiatan jangka pendek dan penentuan sumber daya untuk mencapai tujuan

Sebutkan ruang  lingkup manajemen produksi…


Ruang  lingkup manajemen produksi yaitu Perencanaan sistem produksi, perencanaan operasi dan sistem pengendalian produksi

Week  8.

Apa yg dimaksud nilai waktu uang ..

Nilai waktu uang adalah suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu.


Apa arti bunga jika seseorang menabung sejumlah dana di bank…

Bunga adalah jumlah harga yang harus dibayar kepada nasabah (yang memiliki simpanan ) dengan yang harus dibayar oleh nasabah kepada bank (nasabah yang memperoleh pinjaman )


Apa yg dimaksud nilai waktu uang yang akan datang /future  value…

Future value adalah nilai uang dimasa yang akan datang dari uang yang diterima atau dibayarkan pada masa sekarang dengan memperhitungkan tingkat bunga setiap periode selama jangka waktu tertentu


Buatlah soal untuk mengaplikasi kan soal no.3 dengan suatu kasus…

Sebuah perusahaan Birdgstone indonesia memperoleh pinjaman modal dari  bank madiri sebesar Rp 100.000.000 untuk membeli peralatan produksi dengan jangka waktu 5 tahun bunga yang dikenakan sebesar 15 % per tahun berapa jumlah yang harus dibayar oleh perusahaan tsb pada akhir tahun ke 10?


Apa  arti nilai  tunai  anuitas & biasa digunakan  untuk usaha di  bidang  apa   …

Anuitas adalah sejumlah pembayaran pinjaman yang sama besarnya yang dibayar setiap jangka waktu tertentu dan terdiri atas bagian bunga dan bagian angsuran. Biasanya digunakan dalam bidang asuransi

Week 9

Apa yang dimaksud dengan managment keuangan Dan sebutkan keputusan manajer keuangan itu  apa saja,serta kegiatan seorang manajer keuangan berkaitan dengan erat dengan apa…

Manajemen Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.

Keputusan dalam manager keuangan yaitu :
1. penggunaan dana ( keputusan investasi )
2. memperoleh dana ( keputusan pendanaan )
3. pembagian laba ( kebijakan dividen )

Dalam seorang manager keuangan berkaitan erat dengan :
 kegiatan perencanaan analisis dan pengendalian kegiatan kuangan

ada 3 macam kegiatan utama dalam manager kuangan yaitu :
1. mencari dana
2. menggunakan pada assets perusahaan

Kegiatan utama inilah yang di sebut fungsi keuangan , fungsi management keuangan ini di bawah tanggung jawab manager keuangan , manger keuangan perlu memperoleh dana dari pasar keuangan ,pasar keuangan menujukan demand atau supply akan dana .
Sumber dana perusahaan dapat di kelompokan menurut prosesnya menjadi sumber dana internal dan sumber dana eksternal , sumber dan internal adalah sumber dana yang berasal dari hasil kegiatan operasi perusahaan secara langsung,, sumber dana ini berasal dari deprisiasi saldo dan laba.

Sumber dana eksternal adalah adalah sumber dana yang bukan dari hasil kegiatan perusahaan . sumber dana itu berupa hutang ,saham preferen ,saham biasa,diskon,dari pembelian,penghematan atau pembebasan pajak , subsidi dan lain – lain
Secar akuntansi sumber dana perusahaan dapat di kelompokan menjadi hutang ekuitas .dalam laporan keuangan ,sumber dan perusahaan akan di laporkan pada neraca perusahaan pada sisi kanan, yaitun sisi passive
Dana yang di peroleh tersebut kemudian di investasikan pada berbagai aktiva  perusahaan . dari kegiatan menamanmkan dana perusahaan mengharapkan untuk memperoleh hasil yang lebih besar dari pengorbannya ,dengan kata lain diharapkan laba,alokasi dan dapat diklasifikaskan  menjadi dua yaitu  dana yang di gunakan untuk pembiayaan modal kerja dan dana yang digunakan untuk investasi pada barang modal
Dana yang di alokasikan pada modal kerjaadalah dana untuk membiayai operasi perusahaan melalui proses produksi dalam menghasilkan penjualan ,dana ini di catat pada sisi aktiva lancer ,dana yang di gunakan untuk pengadaan barang modal  adalah dana untuk pengadaan afsilitas produksi dan operasi ,seprti pengadaan lahan pabrik,bangunan ,mesin , dan lain – lain peralatan

Apa yg dimaksud  dengan  kapital budgeting dan sebutkan metode  perhitungannya …

Capital budgeting merupakan keseluruhan proses pengumpulan, pengevaluasan, penyeleksian dan penentuan alternative penananman modal yang akan memberikan penghasilan bagi perusahaan untuk jangka waktu lebih dari satu tahun

» Metode perhitungannya :
 
Cashflow Keputusan investasi yang dilakukan oleh perusahaan diharapkan akan bisa ditutup oleh penerimaan penerimaan dimasa yang akan datang. untuk menghitung aliran kas atau cashflow adalah denganmenambah keuntungan setelah pajak dengan pengeluaran tidak tunai. Rumusnya :
CASHFLOW = EAT + PENYUSUTAN
Average rate of return
Perhitungan Average rate of return didasarkan atas jumlah keuntungan bersih sesudah pajak (EAT) yang tampak dalam laba rugi. Pengukuran denganteknik rate of return ini sering pula disebut degan istilah yang perhitunganya dilakukan sebagai berikut:
cara perhitungannya dengan jalan membagi dua jumalah Investasirata ± rata ini mengasumsikan bahwa perusahaan mengunakan metode depresiasigaris lurus dan nilai residua tau slvage value pada akhirumur ekonomis proyek.Dan dengan demikian nilai buku aktiva akan akan menurun pada nilai konstan,mulai dari nilai Investasi yang semula samapai dengn Rp 0pada akhir umur proyek.
Rata-rata Pengembalian = Rata-rata pendapatan : pengembalian rata-rata

Berikan alasan mengapa manajer  keuangan mencari  dana …

Alasan dari manager keuangan mencari dana adalah
Untuk Memperoleh modal untuk perusahaan
Untuk Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan
Untuk Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada perusahaan
Memaksimalisasi nilai perusahaan, dengan demikian apabila suatu saat perusahaan dijual maka harganya dapat ditetapkan setinggi mungkin
Week 10

Sebutkan  & jelaskan metode pendekatan sumber daya manusia …

Metode pendekatan sumber daya manusia yaitu :
a. Pendekatan sumber daya manusia
Pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya manusia. Martabat dan kepentingan manusia tidak diabaikan
b. Pendekatan manajerial
Analisis prestasi pekerja dan kehidupan kerja karyawan tergantung pada atasan.
c. Pendekatan system
Personalia merupakan subsistem dari sistem organisasi atau perusahaan, perlu dievaluasi dengan kriteria besarnya kontribusi yang dibuat.
d. Pendekatan Proaktif
Dapat meningkatkan kontribusi kepada karyawan, manajer dan organisasi melalui antisipasi pada masalah yang timbul.

Untuk apa organisasi membuat rancangan kompensasi bagi karyawannya …

Tujuan organisasi membuat rencana kompensasi bagi karyawannya
· Menarik karyawan yang cakap ke dalam organisasi.
· Memotiasi karyawan mencapai prestasi unggul.
· Mencapai masa dinas yang panjang.

Apa perbedaan analisis beban kerja & analisis tenaga kerja …

Perbedaan analisis beban kerja & tenaga kerja adalah :
· Analisis beban kerja meliputi peramalan penjualan, penyusunan jadwal waktu kerja dan penentuan jumlah tenaga kerja untuk membuat satu unit barang.
· Analisis tenaga kerja menhitung jumlah tenaga kerja yang sesungguhnya dapat tersedia pada satu periode.

Apa yang akan dilakukan karyawan jika terjadi ketidak sepakatan dengan perusahaan tempat mereka bekerja …

Apabila terjadi ketidaksepakatan dengan perusahaan tempat mereka bekerja karyawan akan :
· Mengadakan musyawarah lagi sampai ditemukan titik temunya.
· Boikot.
· Pemogokkan.
· Penghasutan.
· Memperlambat kerja.
· Malas-malasan dalam bekerja.
· Resign dari perusahaan tersebut.

Sebutkan hubungan yang mengatur antara tenaga kerja dengan manajer suatu perusahaan …

Hubungan yang mengatur antara tenaga kerja dengan manajer suatu perusahaan adalah :
a. Closed shop agreement.
b. Union shop agreement.
c. Open shop agreement.



No comments: