Sponsor

Monday 7 November 2011

pengertian tentang memori cmos,ram,rom


PENDAHULUAN
Pada awal 1940-an, kebanyakan teknologi memory diizinkan kapasitas beberapa byte. Komputer digital pertama, dengan ENIAC, yang menggunakan basis oktal 20.000 tabung vakum radio diizinkan perhitungan sederhana yang melibatkan 20 nomor dari sepuluh angka desimal yang diadakan di akumulator tabung vakum.
Penting berikutnya adalah bahwa kemajuan dalam memori komputer adalah dengan delay line memory akustik yang dikembangkan oleh J. Presper Eckert pada awal 1940-an. Melalui pembangunan sebuah tabung gelas diisi dengan merkuri dan dipasang di setiap ujung dengan kristal kuarsa, penundaan baris bit dapat menyimpan informasi dalam kuarsa dan transfer melalui propagasi gelombang suara melalui Delay line memory akan terbatas pada kapasitas hingga beberapa ratus ribu bit untuk tetap efisien.
Dua alternatif untuk penundaan line, Williams Selectron tabung dan tabung, dikembangkan pada tahun 1946, baik menggunakan berkas elektron dalam tabung kaca sebagai sarana penyimpanan. Menggunakan sinar katoda tabung, Fred Williams akan menciptakan tabung Williams, yang akan menjadi orang pertama random access memori komputer Tabung Williams akan terbukti menjadi menguntungkan bagi Selectron tabung karena kapasitas yang lebih besar (yang Selectron itu terbatas pada 256 bit, sementara Williams tabung dapat menyimpan ribuan) dan menjadi lebih murah. Tabung Williams akan tetap terbukti menjadi putus asa sensitif terhadap gangguan lingkungan.
Upaya dimulai pada akhir 1940-an untuk menemukan non-volatile memory. Jan A. An Wang Rajchman dan akan dikreditkan dengan pengembangan memori inti magnetik, yang akan memungkinkan untuk mengingat memori setelah kehilangan kekuasaan. Memori inti magnetik akan menjadi dominan dalam memori sampai pengembangan berbasis transistor memori pada akhir tahun 1960-an.

PERKEMBANGAN MEMORI KOMPUTER
Memori Komputer adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data atau program (urutan instruksi) baik itu untuk sementara atau secara permanen yang digunakan dalam komputer digital elektronik.. Masing-masing digit biner dapat disimpan oleh sistem fisik yang dapat di salah satu dari dua bagian yang stabil, untuk mewakili 0 dan 1. Sistem seperti ini disebut bistable. Hal ini bisa menjadi on-off switch, kapasitor listrik yang dapat menyimpan atau kehilangan muatan, magnet dengan polaritas atas atau bawah, atau permukaan yang dapat memiliki lubang atau tidak. Sekarang ini, kapasitor dan transistor, berfungsi sebagai saklar listrik kecil, digunakan untuk penyimpanan sementara, dan salah satu disk atau tape dengan lapisan magnetik, atau plastik pola cakram dengan lubang yang digunakan untuk penyimpanan jangka panjang.
Memori komputer biasanya dimaksudkan untuk mengarah pada teknologi semikonduktor yang digunakan untuk menyimpan informasi di dalam perangkat elektronik. Memori komputer utama saat ini memanfaatkan sirkuit terpadu yang terdiri dari transistor berbasis silikon Ada dua jenis memori: volatil dan non-volatile. Memori internal komputer dibagi menjadi 2 kelompok antara lain :
1.      RAM (Random-Access Memory)
2.      ROM (Read-Only Memory)

1. RAM (Random-Access Memory)
RAM (Random-Access Memory) adalah salah bentuk penyimpanan data computer. Sekarang ini, dibutuhkan bentuk sirkuit terpadu yang memungkinkan data yang disimpan dapat diakses dalam urutan apapun (yaitu, secara acak). Kata acak dengan demikian mengacu pada fakta bahwa setiap bagian dari data dapat dikembalikan dalam waktu yang konstan, terlepas dari lokasi fisik dan apakah atau tidak itu adalah berkaitan dengan bagian dari data sebelumnya.
RAM ini digunakan untuk memori yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan fungsi tersebut maka Anda bisa menjalankan dua aktifitas sekaligus, yaitu menulis dari RAM dan membaca data dari RAM. Hal ini sangat berbeda dengan ROM, yang hanya mengijinkan untuk dapat membaca data. Kebanyakan data memiliki tingkat ke stabilan yang kurang dan hal tersebut menandakan bahwa tenaga listrik yang masuklah yang mengatur jalannya konten pada RAM. Dan apabila sewaktu-waktu tenaga listrik terputus, maka secara otomatis data pada RAM akan hilang.
Kebalikan dari RAM adalah serial access memory (SAM). SAM menyimpan data sebagai rangkaian sel memori yang hanya dapat diakses secara berurutan (seperti tape kaset). Jika data tidak di lokasi saat ini, setiap sel memori diperiksa sampai ditemukan data yang diperlukan. SAM bekerja sangat baik untuk buffer memori, dimana data biasanya disimpan dalam urutan yang akan digunakan (contoh yang baik adalah tekstur buffer memori pada kartu video). Data RAM, di sisi lain, dapat diakses dalam urutan apapun.
RAM itu kecil, baik dalam ukuran fisik (itu disimpan dalam microchip) dan dalam jumlah data yang dapat terus. Ini jauh lebih kecil dari hard disk Anda. Sebuah komputer biasa mungkin datang dengan 256 juta byte RAM dan hard disk yang dapat menampung 40 miliar byte. RAM datang dalam bentuk "diskrit" (berarti terpisah) microchip dan juga dalam bentuk modul yang ditancapkan ke lubang pada motherboard komputer. Lubang ini terhubung melalui bus atau set path listrik ke prosesor. Hard drive, di sisi lain, menyimpan data pada permukaan magnet yang terlihat seperti piringan hitam.
Kebanyakan komputer pribadi dirancang untuk memungkinkan Anda untuk menambahkan modul RAM tambahan hingga batas tertentu. Memiliki RAM di komputer Anda mengurangi jumlah kali prosesor komputer harus membaca data dalam dari hard disk Anda, sebuah operasi yang memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan membaca data dari RAM. (waktu akses RAM dalam nanodetik, waktu akses disk hard dalam milidetik.)
Kata RAM sering dikaitkan dengan jenis memori volatile (seperti modul memori DRAM), di mana informasi yang hilang setelah daya dimatikan. DRAM merupakan transistor dan kapasitor yang dipasangkan untuk membuat sel memori, yang mewakili satu bit data. Kapasitor memegang sedikit informasi - 0 atau 1. Transistor bertindak sebagai switch yang memungkinkan sirkuit kontrol pada chip memori membaca kapasitor atau mengubah keadaannya. DRAM bekerja dengan mengirimkan charge through the appropriate column (CAS) untuk mengaktifkan transistor pada setiap bit dalam kolom.




Gambar 1. Dynamic RAM
Kebalikan dari DRAM adalah Static RAM di mana sebuah bentuk flip-flop memegang setiap bit memori. Sebuah flip-flop untuk sel memori mengambil empat atau enam transistor bersama dengan beberapa kabel, tetapi tidak pernah harus refresh. Hal ini membuat RAM statis signifikan lebih cepat daripada RAM dinamis. Namun, karena memiliki bagian yang lebih, sel memori statis memakan ruang lebih banyak pada chip dari satu sel memori dinamis. Oleh karena itu, Anda mendapatkan sedikit memori per keping, dan yang membuat RAM statis jauh lebih mahal.



Gambar 2. Static RAM
Static RAM cepat dan mahal, dan RAM dinamis lebih murah dan lebih lambat. RAM Jadi statis digunakan untuk membuat cache CPU kecepatan-sensitif, sedangkan RAM dinamis membentuk sistem ruang RAM yang lebih besar.
Selain DRAM dan Static RAM, masih ada beberapa tipe RAM, yaitu:
  1. FPM DRAM: Fast page mode dynamic random access memory adalah bentuk asli dari DRAM. Ini menunggu melalui seluruh proses mencari sedikit data menurut kolom dan baris dan kemudian membaca bit sebelum dimulai pada bit berikutnya. Kecepatan transfer maksimum untuk cache L2 adalah sekitar 176 MBps.
  2. EDO DRAM: Extended data-out dynamic random access memory tidak menunggu semua pengolahan bit pertama sebelum melanjutkan ke yang berikutnya. Begitu alamat dari bit pertama terletak, EDO DRAM mulai mencari bit berikutnya. Ini adalah tentang lima persen lebih cepat dari FPM. Kecepatan transfer maksimum untuk cache L2 adalah sekitar 264 MBps.
  3. SDRAM: access memory Synchronous dynamic random mengambil keuntungan dari konsep burst mode untuk lebih meningkatkan kinerja. Hal ini dilakukan dengan tinggal di baris berisi bit diminta dan bergerak cepat melalui kolom, membaca setiap bit it goes. Idenya adalah bahwa sebagian besar waktu data yang dibutuhkan oleh CPU akan di urutan. SDRAM adalah sekitar lima persen lebih cepat dari EDO RAM dan merupakan bentuk yang paling umum di desktop saat ini. Kecepatan transfer maksimum untuk cache L2 adalah sekitar 528 MBps.
  4. DDR SDRAM: Double data rate synchronous dynamic RAM adalah seperti SDRAM kecuali yang memiliki bandwidth yang lebih tinggi, yang berarti lebih cepat. Kecepatan transfer maksimum untuk cache L2 adalah sekitar 1.064 MBps (untuk DDR SDRAM 133 MHZ).
  5. RDRAM: memori Rambus dynamic random access adalah sebuah rancangan yang radikal dari DRAM sebelumnya. Dirancang oleh Rambus, RDRAM menggunakan Rambus in-line modul memori (RIMM), yang mirip dalam ukuran dan pin konfigurasi untuk DIMM standar. Apa yang membuat RDRAM begitu berbeda adalah penggunaan sebuah bus data khusus berkecepatan tinggi yang disebut saluran Rambus. Chip memori RDRAM bekerja secara paralel untuk mencapai data rate 800 MHz, atau 1.600 MBps. Karena mereka beroperasi pada kecepatan tinggi tersebut, mereka menghasilkan panas jauh lebih banyak daripada jenis lain chip. Untuk membantu menghilangkan kelebihan panas Rambus chip dilengkapi dengan penyebar panas, yang terlihat seperti wafer tipis panjang. Sama seperti ada versi lebih kecil dari DIMM, ada juga SO-RIMMs, yang dirancang untuk komputer notebook.
  6. Credit Card Memory: berisi modul memori DRAM yang dipasang ke slot khusus untuk digunakan dalam komputer notebook.
  7. Memory Card PCMCIA: modul lain DRAM mandiri untuk notebook, kartu jenis ini tidak eksklusif dan harus bekerja dengan komputer notebook yang cocok dengan sistem bus konfigurasi kartu memory.
  8. CMOS RAM: adalah istilah untuk jumlah kecil memori yang digunakan oleh komputer Anda dan beberapa perangkat lainnya untuk mengingat hal-hal seperti pengaturan hard disk. Memori ini menggunakan baterai kecil untuk menyediakannya dengan kekuatan yang dibutuhkan untuk mempertahankan isi memori.
  9. VRAM: VideoRAM, juga dikenal sebagai multiport akses memori dynamic random (MPDRAM), adalah jenis RAM yang digunakan khusus untuk adapter video atau akselerator 3-D. The "multiport" bagian berasal dari fakta bahwa VRAM biasanya memiliki dua port akses independen bukan hanya satu, yang memungkinkan CPU dan prosesor grafis untuk mengakses RAM secara bersamaan. VRAM terletak pada kartu grafis dan datang dalam berbagai format, banyak di antaranya adalah proprietary. Jumlah VRAM merupakan faktor yang menentukan dalam resolusi dan kedalaman warna layar. VRAM juga digunakan untuk menyimpan informasi grafis spesifik seperti data geometri 3-D dan peta tekstur. VRAM multiport Benar cenderung menjadi mahal, jadi hari ini, banyak menggunakan kartu grafis SGRAM (sinkron grafis RAM) sebagai gantinya. Kinerja hampir sama, tetapi SGRAM lebih murah.

2. ROM (Read-Only Memory)



Gambar 3. Read Only Memory
ROM (Read-Only Memory) adalah sekelompok media penyimpanan yang digunakan dalam komputer dan perangkat elektronik lainnya. Karena data yang tersimpan dalam ROM tidak dapat diubah (setidaknya tidak terlalu cepat atau mudah), ini terutama digunakan untuk mendistribusikan firmware (software yang sangat terkait erat dengan hardware tertentu, dan tidak mungkin sering membutuhkan update). Dan Tidak seperti RAM, ROM tidak dapat digunakan untuk menulis Data.
Salah satu contoh ROM adalah ROM BIOS yang berisi program dasar system komputer yang mengatur / menyiapkan semua peralatan / komponen yang ada dalam komputer saat komputer dihidupkan.
ROM modern didapati dalam bentuk IC, persis seperti medium penyimpanan/memori lainnya seperti RAM. Untuk membedakannya perlu membaca teks yang tertera pada IC-nya. Biasanya dimulai dengan nomer 27xxx, angka 27 menunjukkan jenis ROM , xxx menunjukkan kapasitas dalam kilo bit (bukan kilo byte).
Data pada ROM dimasukkan langsung melalui mask pada saat perakitan chip. Hal ini membuatnya sangat ekonomis terutama jika kita memproduksi dalam jumlah banyak. Namun hal ini juga menjadi sangat mahal karena tidak fleksibel. Sebuah perubahan walaupun hanya satu bit membutuhkan mask baru yang tentu saja tidak murah. Karena tidak fleksibel maka jarang ada yang menggunakannya lagi.
Berikut ini akan dibahas jenis ROM dan perkembangannya.
1.      PROM (Programmable Read-Only Memory ) atau FPROM (field programmable read-only memory) atau biasa juga disebut NVM OTP (programmable non-volatile memory) adalah suatu bentuk memori digital pengaturan setiap bit dikunci oleh sekring atau antifuse. Prom seperti itu digunakan untuk menyimpan program secara permanen. Perbedaan utama dari ROM yang sangat terlihat adalah bahwa pemrograman diterapkan setelah perangkat dibangun. Singkatnya PROM adalah chip memori yang dapat menyimpan program. Tetapi sekali PROM digunakan, kita tidak akan dapat membersihkan dan menyimpan kembali data lainnya. Type jenis ini sering terlihat pada konsol permainan video, telepon genggam, radio frequency identification (RFID) tag, implantable peralatan medis, high-definition multimedia interface (HDMI) dan dalam banyak konsumen lain produk-produk elektronik dan otomotif.
2.      EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory) hanya membaca memori, adalah jenis chip memori yang mempertahankan data ketika catu daya dimatikan. Dengan kata lain, itu adalah non-volatile. Ini adalah sebuah array dari floating-gerbang transistor individual diprogram oleh perangkat elektronik yang memasok tegangan tinggi daripada yang biasanya digunakan dalam rangkaian digital Sekali diprogram, sebuah EPROM dapat dihapus hanya dengan mengekspos ke kuat sinar ultraviolet. Sinar UV yang biasanya memiliki panjang gelombang 253.7nm (untuk penghapusan optimal waktu) dan termasuk dalam kisaran UVC sinar UV. EPROMs mudah dikenali oleh kuarsa bercampur jendela transparan di bagian atas paket, melalui chip silikon yang terlihat, dan yang memungkinkan paparan sinar UV selama menghapus.
3.      EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory), ditulis pula dengan E2PROM) adalah merupakan jenis non-volatile memori yang digunakan dalam komputer dan perangkat elektronik lainnya untuk menyimpan sejumlah kecil data yang harus disimpan ketika akan dihapus, misalnya, kalibrasi perangkat meja atau konfigurasi. EEPROM ini dapat dihapus dengan menggunakan adanya tegangan listrik. Ketika jumlah besar data statis untuk disimpan (seperti pada USB flash drive) jenis tertentu EEPROM seperti flash memori lebih ekonomis dari perangkat EEPROM yang lama. EEPROM direalisasikan sebagai array dari floating-gerbang transistor.
4.      CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) adalah suatu memory yang khusus yang berisi data vital mengenai konfigurasi komputer dan bersifat semi-permanen. Tanpa adanya data ini, komputer tidak akan bisa beroperasi. CMOS lebih permanen dari pada RAM dan kurang permanen dibandingkan ROM. CMOS memerlukan daya yang sangat kecil untuk mempertahankan kontennya, dan chip ini memanfaatkan baterai sebagai sumber daya listriknya. Ketika perubahan diperlukan ke dalam konfigurasi sistem komputer (misalnya ada penambahan hardisk, penambahan RAM dan lain sebagainya), maka CMOS dapat diubah dengan menjalankan suatu program utility khusus yang tersedia melalui sistem operasi.

Pengertian Ram Rom Bios dan Cmos

1. RAM(Random Acces Memory)
Adalah salah satu memory didalam komputer yang bersifat sementara(apabila komputer dimatikan maka semua intruksi maupun data yang ada di memory akan hilang) yang digunakan untuk menampung instruksi atau program, untuk memproses data-data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device, secondary storage atau juga communication device.Sebagai contoh di dalam task manager di bagian processes ada memory usage nah program2 itu disimpan sementara di dalam ram.




2.Rom(Read Only Memory)
Read Only Memory (ROM) adalah suatu himpunan dari chip yang berisi bagian dari sistem operasi yang mana dibutuhkan pada saat komputer dinyalakan. ROM juga dikenal sebagai suatu firmware. ROM tidak bisa ditulisi atau diubah isinya oleh pengguna. ROM tergolong dalam media penyimpanan yang sifatnya permanen. Chip ROM datang dari pabriknya dengan program atau instruksi yang sudah disimpan di dalamnya. Satu-satunya cara untuk mengganti kontennya adalah dengan mencopotnya dari komputer dan menggantinya dengan ROM yang lain.
Penggunaan dari ROM ini contohnya adalah sebagai media penyimpanan dari BIOS (Basic Input-Output System) yang dibuat oleh pabriknya.
3.BIOS (Basic Input Output System)
BIOS merupakan bagian yang sangat kritis dari suatu sistem operasi, yang mana fungsinya memberi tahu komputer bagaimana caranya mengakses disk drive. Ketika komputer dinyalakan, RAM masih kosong dan instruksi yang ada pada ROM BIOS lah yang digunakan oleh CPU untuk mencari disk drive yang berisi file-file utama dalam sistem operasi.

4.CMOS(Complementary Metal Oxide Semiconductor)
Adalah suatu memory yang khusus yang berisi data vital mengenai konfigurasi komputer dan bersifat semi-permanen.CMOS memerlukan daya yang sangat kecil untuk mempertahankan kontennya, dan chip ini memanfaatkan baterai sebagai sumber daya listriknya. Ketika perubahan diperlukan ke dalam konfigurasi sistem komputer (misalnya ada penambahan hardisk, penambahan RAM dan lain sebagainya), maka CMOS dapat diubah dengan menjalankan suatu program utility khusus yang tersedia melalui sistem operas

jenis Memori1. Memory Read Only (ROM)
Read-only Memory (ROM)adalah istilahbahasa Inggrisuntuk medium penyimpanan datapadakomputer.ROM adalah singkatandari Read-Only Memory, ROM iniadalah salah satu memori yang adadalam computer. ROM ini sifatnyapermanen, artinya program / data yangdisimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliranlistrik di matikan.Menyimpan data pada ROMtidak dapat dilakukan dengan mudah,namun membaca data dari ROM dapatdilakukan dengan mudah. Biasanyaprogram / data yang ada dalam ROMini diisi oleh pabrik yang membuatnya.Oleh karena sifat ini, ROM biasadigunakan untuk menyimpanfirmware(pirantilunak yang berhubungan erat denganpiranti keras).Salah satu contoh ROM adalahROM BIOS yang berisi program dasarsystem komputer yang mengatur / menyiapkan semua peralatan / komponen yang ada dalam komputersaat komputer dihidupkan.ROM modern didapati dalambentuk IC,persis seperti mediumpenyimpanan/memori lainnyasepertiRAM.Untuk membedakannyaperlu membaca teks yang tertera padaIC-nya. Biasanya dimulai dengannomer 27xxx, angka 27 menunjukkan jenis ROM , xxx menunjukkankapasitas dalam kilo bit ( bukan kilobyte ).Memori ROM adalah peralatan memoriyang dapat dibaca namun tidak dapatditulis oleh CPUAda beberapa jenis memori yang hanyabisa dibaca, yaitu sebagai berikut:PROM (Programming Read OnlyMemory) adalah ROM yangdiprogram oleh pabrik pembuatnyadan kita tidak bisa mengubahisinya.EPROM (Erasable PROM) adalahROM yang dapat dihapus denganmenggunakan sinar ultraviolet dankemudian deprogram kembali.EAROM(Electrically AlterableROM) ROM yang dapat deprogramoleh computer denganmenggunakan operasi arus tinggi(high current) khusus, digunakanuntuk menyimpan informasi yang jarang sekali berubah, contohnya :informasi konfigurasi.
1.1 Flash Memory
Memori kilat (
 flash memory
) adalahsejenisEEPROMyang mengizinkanbanyak lokasimemoriuntuk dihapusatau ditulis dalam satu operasipemrograman. Istilah awamnya, diaadalah suatu bentuk dari chip memoriyang dapat ditulis, tidak sepertichipmemori akses acak/ RAM, memoriini dapat menyimpan datanya tanpamembutuhkan penyediaan listrik.Memori ini biasanya digunakandalamkartu memori,kandar kilatUSB(
USB flash drive

 

1.2 Programmable ROM
Programmable Read Only Memory(PROM) adalah suatu bentuk memoridigital dimana setiap bit setting terkuncioleh sekering atau antifuse. PROMseperti itu digunakan untuk menyimpanprogram secara permanen. Biasanya,perangkat ini menggunakan tegangantinggi untuk secara permanenmenghapus memori dalam chip.Akibatnya, sebuah PROM hanya dapatdiprogram satu kali.ROM adalah memori yang hanya dapatdibaca. Pengisian informasi yangdisimpan dalam memori ini dapatdilakukan dalam proses pabrik tetapiada juga jenis ROM yang dapat dihapusdan diprogram oleh pemakai, salahsatu jenisnya adalah ProgrammableRead Only Memory (PROM).Programmable Read Only Memory(PROM) adalah jenis dari memori yanghanya dapat diprogram. PROM dapatdiprogram oleh pemakai (user), datayang diprogram akan disimpan secarapermanen. Salah satu media yangdigunakan untuk pemogramannyaadalah dengan teknologi Program LogicArray (PLA). Teknologi PLAmerupakan merupakan jenis elemendigital yang terdiri dari beberapa buahgerbang AND dan gerbang OR dengantitik-titik hubung input atau output.Tiap titik gerbang berupa matrik yangdapat diprogram oleh pemakai.Penggunaan sistem ini merupakan satubentuk alternatif dalam pengisianprogram pada PROM.PROM(Programmable Read Only Memory)merupakan sebuah chip memory yanghanya dapat diisi data satu kali saja.Sekali saja program dimasukkan kedalam sebuah PROM, maka programtersebut akan berada pada PROMseterusnya. Berbeda halnya denganRAM, pada PROM data akan tetap adawalaupun komputer dimatikan.Perbedaan mendasar antara PROM danROM (Read Only Memory) adalahbahwa PROM diproduksi sebagaimemory kosong, sedangkan ROM telahdiprogram pada waktu diproduksi.Untuk menuliskan data pada chipPROM, dibutuhk 
an „PROMProgrammer„ atau „PROM Burner.

1.3 IC ROM
Integrated Circuit (IC) adalah suatukomponen elektronik yang dibuat daribahan semi conductor, dimana ICmerupakan gabungan dari beberapakomponen seperti Resistor, Kapasitor,Dioda dan Transistor yang telahterintegrasi menjadi sebuah rangkaianberbentuk chip kecil, IC digunakanuntuk beberapa keperluan pembuatanperalatan elektronik agar mudahdirangkai menjadi peralatan yangberukuran relatif kecil. ROM moderndidapati dalam bentuk IC, persis sepertimedium penyimpanan/memori lainnyaseperti RAM. Untuk membedakannyaperlu membaca teks yang tertera padaIC-nya. Biasanya dimulai dengannomer 27xxx, angka 27 menunjukkan jenis ROM , xxx menunjukkankapasitas dalam kilo bit ( bukan kilobyte ).






2. Memory Read / Write (RAM)

RAM adalah sebuah tipepenyimpanankomputeryang isinya dapat diaksesdalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebutdalam memori. Ini berlawanandengan
alat memori urut 
, sepertitapemagnetik,disk dan drum, di managerakan mekanikal dari mediapenyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.RAM dibungkus dalam paket berbentuk chip. Satuan penyimpanan dasar adalahsel (1 bit per sel). Pada RAM prosesbaca dan tulis data dari dan ke memoridapat dilakukan dengan mudah dancepat. RAM bersifat volatile dan perlucatu daya listrik. KecepatanRAM diukur dalam ns (nanoseconds).Makin kecil ns semakin cepat RAM .Dulu kecepatan RAM sekitar 120, 100dan 80 ns. Sekarang sekitar 15, 10,sampai 8 ns. Kecepatan RAM sangatberkaitan erat dengan system bus,apakah system bus kita efektif untuk menggunakan RAM yang cepat.Struktur RAM dapat dibagi menjadi 4bagian, yaitu:
 Input Area
, digunakan untuk menampung input yang dimasukkanlewat alat input
Program Area
, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akandiproses.
Working Area
, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolahdan hasil dari pengolahan
Output Area
, digunakan untuk menampung hasil akhir daripengolahan data yang akanditampilkan ke alat outputBerdasarkan bahan dasarpembuatan, RAM dikelompokkandalam dua bagian utama, yaitu (a)Dynamic RAM (DRAM), dan (b)Static RAM (SRAM).Jika diklasifikasikan menurut sifat fisik,maka RAM dapat digolongkan menjadidua jenis, yaitu dynamic RAM danstatic RAM. Penjelasan dari masing-masing jenis adalah sebagai berikut:

2.1 Static RAM (SRAM)
Ciri-ciri dari SRAM adalah:Tidak perlu penyegaranDibentuk dari flip-flop yangmenggunakan arus kecil untuk memelihara logikanya.Digunakan untuk register CPUdan peralatan penyimpananberkecepatan tinggi.Merupakan sirkuit memorisemikonduktor yang cepat danmahal.Static RAM adalah tipe dari RAMyang membawa datanya tanpa prosesrefresh external, selama tenaga disuplaike dalam sirkuit. Hal ini bertolak belakang dengan dynamic RAM(DRAM) yang harus di-refreshbeberapa kali per detik dalam perintahuntuk membawa isi datanya. SRAMsdigunakan untuk aplikasi spesifik dalam PC, yang mana tenaganya lebihlemah jika dibandingkan denganDRAM.SRAM didesain menggunakantransistor tanpa kapasitor. Tidak adanyakapasitor membuat tidak ada daya yang


bocor sehingga SRAM tidak membutuhkan refresh periodik. SRAM juga didesain menggunakan desainkluster enam transistor untuk menyimpan setiap bit informasi. SRAMtidak boleh dibingungkan denganmemori baca saja dan memori flash,karena ia merupakan memori volatildan memegang data hanya bila listrik terus diberikan. Chip SRAM lazimnyadigunakan sebagai chace memori , halini terutama dikarenakan kecepatannya.Saat ini SRAM dapat diperoleh denganwaktu akses dua nano detik ataukurang, kira kira mampu mengimbangikecepatan processor 500 MHz ataulebih.

2.1.1 CMOS SRAMs
Complementary metal
 – 
oxide
 – 
semiconductor (CMOS) atausemikonduktor
 – 
oksida
 – 
logamkomplementer, adalah sebuah jenisutama dari rangkaian terintegrasi.Teknologi CMOS digunakan dimikroprosesor, pengontrol mikro, RAMstatis, dan sirkuit logika digital lainnya.Teknologi CMOS juga digunakandalam banyak sirkuit analog, sepertisensor gambar, pengubah data, dantrimancar terintegrasi untuk berbagai jenis komunikasi.Frank Wanlassberhasil mematenkan CMOSpada tahun 1967 (US Patent 3,356,858).

CMOS juga seringdisebut
complementary-symmetrymetal
 – 
oxide
 – 
semiconductor or COSMOS
(semikonduktor
 – 
logam
 – 
oksida komplementer-simetris). Katakomplementer-simetris merujuk padakenyataan bahwa biasanya desaindigital berbasis CMOS menggunakanpasangan komplementer dan simetrisdari MOSFET semikonduktor tipe-pdan semikonduktor tipe-n untuk fungsilogika.
2.2 Dynamic RAM (DRAM)
Prinsip kerja DRAM biasanya diaturdalam persegi array satu kapasitor dantransistor per sel. Panjang garis yangmenghubungkan setiap baris dikenal
sebagai “baris kata”. Setiap kolom
sedikitnya terdiri dari dua baris,masing-masing terhubung ke setiappenyimpanan sel di kolom. Merekabiasanya dikenal sebagai + dan
 – 
bitbaris.Keuntungan dari DRAM adalahkesederhanaan struktural yang hanyasatu transistor dan kapasitor yangdiperlukan per bit. Hal inimemungkinkan DRAM untuk mencapaikepadatan sangat tinggi. Tidak sepertiflash memori, memori DRAM itumudah menguap karena kehilangandatanya bila kehilangan aliran listrik.Jenis memori yang tidak perlupenyegaran oleh CPU agar data yangterdapat didalamnya tetap tersimpandengan baik. Jenis ini memilikikecepatan lebih tinggi dari padaSRAM.Berikut disajikan perbedaan umum dariSRAM dan DRAM :
 

2.2.1 Refresh Controllers
Refesh controller adalah sebuahcontroller refresh dan metode yangdisediakan untuk permintaan refreshpada memori. Permintaan refreshdiminta pada saat permintaan prioritastinggi ketika jumlah permintaantertunda refresh untuk memori lebihbesar dari atau sama dengan nomorambang batas yang ditentukan danpermintaan refresh dikeluarkan untuk memori sebagai permintaan prioritasrendah bila jumlah tertunda refreshpermintaan untuk memori kurang dari jumlah ambang batas yang telahditentukan. Akibatnya, controllerrefresh dan metode memastikan bahwapermintaan refresh dijalankan olehmemori dalam jangka waktu yangdiperlukan refresh sambil mengurangilatency membaca untuk memori.
MEMORY EXPANSION
Sebuah papan sirkuit yang berisipenyimpanan tambahan dan dapat disambungkan ke dalam komputeruntuk dapat meningkatkan kapasitaspenyimpanannya.
BANK MEMORY
Bank memori adalah unit logika darimedia penyimpanan yang sangattergatung dengan hardware. Dalamkomputer, bank memori dapatditentukan dengan akses controlmemori dan CPU sepanjang organisasidari slot memori hardware

JENIS-JENIS MEMORI
      Register Prosesor
      RAM (Random Access Memory)‏
     Cache Memory (SRAM) (Static RAM)‏
     Memori fisik (DRAM) (Dynamic RAM)‏
      ROM (Read Only Memory)‏
     ROM BIOS, Flash Memory
     CMOS
      Perangkat penyimpanan berbasis Disk Magnetis
     Floppy Disks, Hard Disk
      Perangkat penyimpanan berbasis Disk Optik
     CD, DVD, HD-DVD, BLU-RAY
      Punched Card (kuno)‏
      RAM
Beberapa jenis RAM. Dari atas ke bawah: DIP, SIPP, SIMM 30 pin, SIMM 72 pin, DIMM, DDR DIMM.
      SRAM atau Static RAM
      NV-RAM atau Non-Volatile RAM
      DRAM atau Dynamic RAM
     Fast Page Mode DRAM
     EDO RAM atau Extended Data Out DRAM
     XDR DRAM
     SDRAM atau Synchronous DRAM
      DDR SDRAM atau Double Data Rate Synchronous DRAM sekarang (2005) mulai digantikan dengan DDR2
      RDRAM atau Rambus DRAM

      Teknologi Semikonduktor
  1. T. BIPOLAR  : Minicomputer & Mainframe
  2. T. MOS                       : Microcomputer
     PMOS, NMOS, CMOS, SOS, VMOS, NHMOS
      Faktor pemilihan Teknologi Semikonduktor :
     Harga / Biaya
     Konsumsi Power / Daya
     Kecepatan Akses
     Kehandalan & Daya Tahan
      Caches Memory : metode input-output yg digunakan
     LFU (Least Frequently Used)‏
     LRU (Least Recently Used)‏
      CMOS
      Complimentary Metal Oxide Semiconductor (CMOS)‏
      Nama bagi suatu kelompok besar sirkuit terpadu. Chip CMOS termasuk mikroprosesor, mikrokontroler, RAM statis dan gaya mendesain sirkuit digital lainnya.
      Proses yang digunakan untuk mengimplementasikan sirkuit tersebut pada suatu IC.
      CMOS menggunakan kombinasi dari transistor MOSFET tipe 'p' dan juga transistor MOSFET tipe 'n'
      Magnetic Storage
      Awalnya, dibuat utk merekam sinyal analog audio.
      Pada era modern, dibuat untuk merekam data digital.
      Tidak seperti komputer modern, magnetic tape lebih sering digunakan sebagai secondary storage.
      Diklasifikasikan menjadi :
     Sequential Access Memory
     Random Access Memory
Di masa depan,  sebuah tipe magnetic storage, yang disebut MRAM, diproduksi untuk mampu menyimpan data pada magnetic bits berbasis efek GMR
      Optic Storage
      Pada Komputer, sound reproduction, dan video, sebuah optical disc adalah sebuah piringan datar bundar polycarbonate
      Data disimpan dalam bentuk pits (bumps) pada permukaan datarnya, biasanyadi sepanjang linkaran spiral tunggal yang menutupi seluruh permukaan cakram (disk / disc).
      Bahan khusus yang ada pada disk (biasanyan aluminium) disinari oleh dioda laser dan kemudian memantulkan sinar laser tersebut ke optik pembaca.
      G1 : LD, CD
      G2 : DVD
      G3 : HD-DVD, Blu-Ray
      Next G : TeraDisc (a 3D optical data storage disc)‏
      Hirarki Memori
      Dalam arsitektur komputer adalah sebuah pedoman yang dilakukan oleh para perancang demi menyetarakan kapasitas, waktu akses, dan harga memori untuk tiap bitnya.
      Terdapat dua macam:
      Hierarki Memori Tradisional
      Hierarki Memori Kontemporer
      Susunan Hirarki Memori
Disusun sedemikian rupa agar semakin ke bawah, memori dapat mengalami hal-hal berikut:
      Peningkatan waktu akses (Access Time) memori (semakin ke bawah semakin lambat, semakin ke atas semakin cepat)‏
      Peningkatan kapasitas (semakin ke bawah semakin besar, semakin ke atas semakin kecil)‏
      Peningkatan jarak dengan prosesor (semakin ke bawah semakin jauh, semakin ke atas semakin dekat)‏
      Penurunan harga memori tiap bitnya (semakin ke bawah semakin semakin murah, semakin ke atas semakin mahal)‏
      Urutan Memori Dari Yang Tercepat
      Register Mikroprosesor
      Cache Mikroprosesor
      Memori Utama
      Cache Cakram Magnetis
      Cakram Magnetis
      Tape Magnetis
      Cakram Optik
Memori yang lebih kecil, lebih mahal dan lebih cepat diletakkan pada urutan teratas


No comments: